Home » » 8 Permainan Jaman Kecil Dulu yang Bikin Kangen

8 Permainan Jaman Kecil Dulu yang Bikin Kangen

Thanks mimin, momod, dan kaskuser yang sudah menyempatkan mampir..
Spoilerfor HT #7:

CiriCara.com - Seiring dengan kemajuan teknologi, beberapa permainan tradisional zaman dulu mulai tergusur. Anak-anak sekarang lebih suka main ke warnet untuk bermain Facebook dan game online daripada bermain permainan tradisional yang lengendaris. Untuk kembali mengingatkan kenangan masa lalu (nostalgia), tidak ada salahnya jika kita bahas masalah permainan zaman dulu. Siapa tahu nanti kamu tertarik untuk mengajari anak atau keponakan betapa serunya permainan tradisional zaman dulu ini.
Berikut 8 permainan zaman dulu yang populer dan melegenda:

Quote:1. Taplak gunung
Spoilerfor :
Permainan ini sering dimainkan anak cewek, namun terkadang anak cowok juga suka ikutan. Permainan taplak gunung membutuhkan dua pemain, tapi jika ada lebih juga bisa. Inti dari permainan ini adalah siapa yang bisa menempatkan batunya di posisi paling atas dia pemenangnya. Kunci permainan ini adalah keseimbangan dan kekuatan kaki, karena semua pemain hanya boleh menggunakan satu kaki untuk melompat ke kotak berikutnya.

Quote:2. Gasing
Spoilerfor :
Gasing atau sering disebut panggalan adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan keseimbangan pada satu titik. Gasing ini merupakan mainan tertua dan terus mengalami perubahan. Di zaman sekarang gasing muncul di permainan beyblade yang intinya sama dengan gasing tradisional.

Quote:3. Kelereng
Spoilerfor :
Permainan kelereng sangat favorit untuk anak cowok pada masa dulu. Permainan kelereng sendiri bisa dimainkan dengan 2 sistem yakni, kompetisi dan hukuman. Kompetisi, mereka yang kalah akan kehilangan kelerengnya. Sementara hukuman, mereka yang kalah akan dihukum oleh pemenang. Biasanya hukumannya berupa dijatuhi kelereng pada tangannya.

Quote:4. Layangan

Layangan juga merupakan permainan favorit anak cowok saat musim berangin. Dulu, layangan lebih sering bersaing di kompetisi adu tinggi. Tapi, sekarang layangan juga bisa diadu kuat melalui benangnya dan juga adu indah dari bentuknya. Efek samping bermain layangan adalah lupa makan, kulit hitam dan rambut jadi kusam mirip bule.

Quote:5. Petak umpet
Spoilerfor :
Petak umpet sejatinya masih ada di zaman sekarang, namun sudah sangat jarang yang memainkannya. Permainan ini hanya membutuhkan minimal 2 orang, dimana satu jadi pencari sekaligus penjaga markas dan yang satu ngumpet. Permainan petak umpet bisa tambah seru jika pesertanya semakin banyak.

Quote:6. Ular naga
Spoilerfor :
Ular naga adalah permainan berkelompok yang biasa dimainkan di luar ruangan pada waktu sore dan malam hari (agar tidak panas). Jumlah pemain minimal adalah 5 orang, tapi lebih banyak lebih seru. Para pemain akan diminta untuk bergandengan seperti ular yang panjang.

Quote:7. Congklak
Spoilerfor :
Congklak adalah permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di setiap wilayah seluruh Indonesia. Permainan ini hanya bisa dimainkan oleh dua orang saja. Siapa yang paling banyak mendapatkan biji congklak akan dinobatkan sebagai pemenang.

Quote:8. Bola bekel

Bola bekel umunya dimainkan oleh anak cewek, tapi anak cowok juga bisa memainkannya. Sistem bermain bola bekel ini adalah per level yang masing-masing punya tingkat kesulitan tersendiri. Permainan ini sangat mengandalkan kecepatan tangan dan konsentrasi tinggi.

Itulah permainan-permainan tradisional yang melegenda dan sangat populer pada zaman dulu. Bahkan, ada beberapa permainan yang masih bertahan hingga sekarang.
Permainan mana yang agan / aganwati paling suka?
Spoilerfor kaskuser yang suka main: Quote:Original Posted By T.O.N.Iâ–º
permainan patok lele gak masuk ke dalam list permainan zaman dulu ya gan
patok lele

Quote:Original Posted By kimochiitte â–º
tambahan gan

Main Karet


Quote:Original Posted By Shafira.FRD â–º
nambahin gan
1. permainan CAK BUR

2. permainan Kotak Pos


biasa permainan ane saat kecilllll. jadi kangen
Quote:Original Posted By Lucifer_Evil â–º
yang ini juga dong gan Kuda Tomprok

Mantep ini maennya kalo pas jaman ane sekolah dulu pas gak ada guru pasti sekelas pada maenan ini




Quote:Original Posted By seba17plus â–º
Nambahin gan,,ane dulu sering jg maen ini waktu kecil,,
namanya Benteng


satu lagi enggrang

pejwan kalo berkenan,,
info lebih lanjut : http://ciricara.com/2012/07/24/nosta...-yang-populer/
Spoilerfor mudah-mudahan blom: repost

Quote:
sekian thread dari ane
kalau berkenan kasih
yang mampir wajib komeng

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51c134551acb17894a00000c

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)