Home » » Alexander Finenko, Mata-Mata KGB di Indonesia

Alexander Finenko, Mata-Mata KGB di Indonesia



wah gak nyangka ane ternyata jadi HT ...thank U Mimin dan momod

Spoilerfor HT:


Quote: Berdasarkan barang bukti penyadapan di rumah seorang perwira Indonesia,
memungkinkan Pemerintah republik Indonesia
menjatuhkan hukuman mati kepada Alexander Finenko


Kejadian ini terjadi tgl 6 Februari 1982

Sabtu subuh, pesawat yang terlambat tersebut memang baru mendarat di Halim pukul 04.30 WIB. Di depan pintu bandara ada tiga mobil sedan hitam milik kedutaan rusia baru saja tiba. Kelihatan dari dalam mobil dikeluarkan banyak bagasi besar-besar.

Dari mobil tengah turun seseorang yang langsung didampingi yang lain menuju imigrasi, inilah Kepala Perwakilan Aeroflot di nusantara , Alexander Finenko.

Demikian penuturan dari mantan agen BIN , Bapak Rumambi yg menjadi saksi dari peristiwa dramatis tersebut .

Petugas imigrasi mencocokkan namanya dengan “daftar hitam” yang terpasang di balik mejanya. Karena yakin Finenko sedang dicari petugas keamanan, ia disuruh “mampir” di ruang imigrasi. Maksudnya, urusannya agar diselesaikan di tempat yang tidak ditonton umum itu. Tapi apa yang terjadi Pimpinan Aeroflot Jakarta itu menolak.

Ia tambah gusar ketika seorang petugas imigrasi yang berjaga di luar loket menghardiknya dengan memegang tangannya. Finenko mendorong petugas itu dan serta merta empat orang pengawalnya ikut “membebaskannya”. Perkelahian terjadi. Beberapa petugas imigrasi terluka.

Kaca di sekitarnya berantakan. Seorang pengawal Finenko yang berbadan kekar tergores dahinya. Suasana menjadi panas. Penerbangan Garuda malam itu tertunda beberapa saat. Perkelahian berakhir setelah petugas keamanan terdiri dari polisi dan POM ABRI datang. Finenko diringkus.


Ia dibawa ke ruang tertutup bandar udara Halim Perdanakusumah. Di tempat itu sudah menunggu pejabat Laksusda dan perwira militer AURI untuk memeriksanya.

Sedang pengawalnya, letnan kolonel G.M. Odariouk, ngotot ikut mendampingi Finenko. Sebagai pemeriksaan lanjutan di ruang tertutup Halim PK, Finenko dan Odariouk diangkut ke Komando garnisun Ibukota.

Aleksander finenko terbukti sebagai agen KGB Rusia melakukan kegiatan berbahaya di Indonesia dan bisa dihukum mati atas tuduhan mata -mata.
Namun , demi menjaga agar kasus ini tidak makin melebar ke hubungan diplomatik

maka yg bersangkutan dibebaskan oleh pemerintahan Orde baru dengan syarat tidak boleh menginjakkan kaki lagi di Indonesia .

Quote:
Tambahan :
TS sudah berusaha mencari foto dari Alex Finenko
namun nampaknya tidak ada gambar yg bersangkutan di dunia maya.

Jangan lupa ya Gan dirate


S-U-M-B-E-R


Tambahan Dari KasKuseR
Isinya mengenai kutipan surat kabar yg menjelaskan mengenai kejadian mata -mata tsb

Spoilerfor Headline News: Quote:Original Posted By djiangkrixâ–º
THE BLADE: TOLEDO, OHIO, Tuesday, February 16, 1982
Indonesia Shuts Aeroflot Office, Ousts Alleged Spy

JAKARTA, Indonesia (Reuter) â€" Indonesia has closed the Jakarta office of the Soviet airline Aeroflot and deported its local chief for alleged espionage, the national security chief, Admiral Sudomo, said Monday.

Aeroflot official, Alexander Finenko, who western diplomats say is a senior officer in the Soviet GRU military intelligence, was arrested Feb. 6 and had been on a hunger strike until he was put on an Aeroflot flight out of the country Saturday.

Admiral Sudomo said Monday that the decision to deport Mr. Finenko was taken for health and humanitarian reasons.

Soviet diplomats were involved in an airport fistfight with Indonesian security men in an attempt to prevent Mr. Finenko’s arrest. He was trying to board a plane with another alleged Soviet spy, military attaches Col. Sergei Egorov, who had been given 48 hours to leave the country.

The national news agency, Antara, quoted Admiral Sudomo as saying that the decision to close the Aeroflot office would be sent to the foreign ministry to relay to the Soviet embassy.

The closure followed street demonstrations here denouncing alleged Soviet spying and a call by the country’s civil aviation trade union for a ban on Soviet flights.

Sumber: http://news.google.com/newspapers?ni...g=6814,5849161

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51f1211a8227cf911500000e

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger