Home » » NOMA, Penyakit yang Lebih Kejam Ketimbang AIDS

NOMA, Penyakit yang Lebih Kejam Ketimbang AIDS

1ST HOT THREAD 01-AGUSTUS-2013
TERIMA KASIH AGAN AGAN



Quote: Liputan6.com, Harare : Istilah NOMA mungkin masih asing terdengar. Ini merupakan salah satu jenis penyakit parah yang sedang merebak di Nigeria. Wajah dari para korban lama-kelamaan akan habis digerogoti oleh penyakit tersebut."Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan gizi akut dan biasanya dialami oleh orang-orang yang memiliki tingkat ekonomi rendah," ujar Victoria Nkong selaku koordinator kampanye melawan penyakit NOMA, seperti dilansir Urbanpostng, Rabu (31/7/2013).

Ia juga menjelaskan bahwa orang yang mengalami penyakit NOMA terlebih dahulu merasa sakit pada bagian dalam mulutnya. Lama-kelamaan penyakit ini dapat semakin parah. Bagian wajahlah yang menjadi sasaran utamanya. Daging Anda akan digerogoti oleh gangren. Bila dibiarkan begitu saja, gangren dapat memakan organ jantung dan bagian vital lain dalam tubuh yang pastinya sangat membahayakan jiwa.

Sebuah studi yang telah dilakukan dua tahun terakhir mengungkapkan bahwa setiap tahunnya ada sekitar 126.000 penduduk Nigeria meninggal dunia akibat terserang penyakit NOMA.

"Bila dibandingkan dengan AIDS, jenis penyakit ini dapat membunuh Anda lebih cepat. Sudah ada banyak korban berjatuhan. Namun, banyak juga yang belum tahu mengenai penyakit ini, termasuk para praktisi medis di Nigeria. Hal ini sungguh mengkhawatirkan. Mereka menganggap hal itu terjadi akibat kutukan setan," terangnya.

Nkong menekankan bahwa keberadaan penyakit NOMA mendesak para penderitanya untuk segera mendapatkan pengobatan, termasuk operasi. Bila penyakit ini masih pada tahap awal, pengobatan bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah, yaitu dengan menggunakan obat antibiotik. Namun, jika penanganannya lambat, seluruh wajah dapat habis dan mengharuskan para korbannya menjalani operasi korektif yang sangat mahal.

"Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka untuk melakukan pemeriksaan dan tes yang tepat agar penyakit ini dapat diatasi sebelum sampai ke tahap yang lebih parah," lanjutnya.
(Mel/*)

Quote:
Definisi
Penyakit infeksi (cancrum oris) yang merusak jaringan orofasial (mulut) serta struktur sekitarnya dengan penyebabnya kuman Fusobacterium necrophorum pada anak dengan gangguan imunitas (kekebalan tubuh).


Quote:Epidemiologi
Angka kejadian di Afrika adalah sekitar 2-4 kasus setiap 10.000 anak, di Senegal 2,8-8,4 kasus setiap 10.000 anak berusia 1-5 tahun, di Nigeria 7-14 kasus setiap 10.000 anak berusia 0-6 tahun.

Quote:
Gejala Klinis
Pasien datang dengan adanya defek pada bibir, tepi mulut, hidung, pipi, dan kadang kelopak mata bagian bawah, yang didahului dengan riwayat luka yang menghitam. Kerusakan otot pengunyah juga dapat menyebabkan trismus. Pasien yang datang pada keadaan yang lebih dini dapat ditemukan gingivitis akut (radang gusi), nekrosis mukosa, dan ulserasi mukosa mulut yang luas.

KOMEN : siapapun itu yang ada di gambar di bawah ini semoga cepat sembuh dan semoga di Indonesia ga ada yang kena.Amin.
WARNING : gambar di bawah ini mungkin cukup mengganggu tapi bagi yang penasaran silahkan dibuka spoilernya,

Spoilerfor pic WARNING!! DP:

Spoilerfor pic WARNING!! DP:

Spoilerfor pic WARNING!! DP:

Spoilerfor pic WARNING!! DP:

ada tambahan dari masgan..
Quote:Original Posted By makankamus â–º
kebetulan ane anak epidemiologi gan. siapa tau bisa buat tambahan.

jadi noma merupakan penyakit yg berasal dari mulut. umumnya menyerabg anak usia 2-6 tahun.
nah beberapa faktor yg membantu timvulnya penyakit ini antara lain : kurang menjaga kebersihan, terutama mulut. Malnutrisi yg menyebabkan daya tahan tubuh lemah serta penyakit seperti malaria dan hiv Aids yg turut mempercepat penurunan daya tahan tubuh.

penyaki noma saat ini :
menyerang 100000 anak pertahun
menjadi endemi di afrika, asia dan amerika selatan, namun yg terbanyak di afrika
tanpa pengobatan, 70-90% kasus noma bisa berakbat fatal
sama seperti lepra, penderita noma mengalami penolakan


sumber : ]www.nonoma.org/doc_pdf/world_noma_day_anglais.pdf
sumber
sumber2
sekedar berbagi informasi, jangan lupa gan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51f8dadb5b2acf6b4c000013

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)