Home » » Cara Membuat Lilin Darurat dari Minyak Goreng

Cara Membuat Lilin Darurat dari Minyak Goreng

Setelah lama menjadi silent reader. Agak minder gan, sign up dari 2009 posting masih minim. Nyoba2 bikin post.
Spoilerfor Kaskuser Baik Hati Gan:
Quote:Original Posted By ubigs â–º
beri hormat pada ID tua




Maaf kalo repost.

Spoilerfor HATE GAN... :

Kagak nyangka gan... bangun tidur nyobain buat trit ... jadi Hate...


Langsung saja juragan2 semua, sy mau berbagi sedikit info, bagi yang belum tau saja, bagi yang sudah tau harap maklum.

Spoilerfor Mati Listrik:
Pasti semua pernah mengalami mati listrik gan, apa lagi baru2 kemarin itu mati serentak yang katanya se jawa, mati listrik tidak masalah bagi yang punya sumber energi cadangan. bagi yang tidak punya pasti akan sedikit repot walau hanya untuk penerangan ruangan.
apalagi untuk anak kost yang mau belajar (membaca/ngerjain PR) di malem hari, pas mati listrik. Mau beli lilin tapi sudah tutup warungnya. Pake hape yang ada senternya tapi lowbat. Mau pake petromax lupa tidak di bawa ke kost an.


Ilustrasi mati listrik malem hari, tau ah gelap gan...


Spoilerfor Butuh Penerangan:
Tidak ada lilin, tidak ada senter, hape lowbat, mau ngerjain PR Kalkulus, butuh sedikit cahaya...

caranya begini gan...
/> buat saja lilin menggunakan minyak goreng,
Kok pake minyak goreng? iya itu bisa menjadi sumber energi penerangan darurat alternatif pas tidak ada lilin gan...

Spoilerfor Bahan:

1. Minyak goreng (Bekas/Baru)
Untuk sumber energy gan, bisa bekas atau baru, boleh bekas goreng telur tadi pagi atau minta ke ibu kost atau kamar sebelah.


2. Gelas
Sebagai tempat , wadah minyak goreng. Bisa pinjem tetangga, ibu kost atau kamar sebelah gan. Kenapa pake gelas, biar agak romantis gan...
Selain gelas juga bisa menggunakan tutup botol yg dari seng (tapi kekecilan). Pake asbak (bagi yang ngerokok). atau pake apa saja gan yang penting tidak mudah terbakar.


3. Kain Bekas
Digunakan sebagai sumbu gan, bisa pake kain serbet, kain lap pel, kapas atau yang lainya. yang pastinya sudah tidak digunakan. ambil sedikit saja gan. Jangan banyak2.

4. Cara merakit lilin darurat.
Siapkan gelas tetangga gan, 1 gelas saja.

Tuangkan minyak goreng bekas (bekas goreng trasi juga boleh biar ada aromanya) ke dalam gelas. (jangan ke kasur gan, bisa tidur sama tikus ntar malem)

Kemudian buat sumbunya gan, dari kain di pilin2 / pelintir sehingga menyerupai sumbu. (jangan menyerupai yang lain)

Setelah itu celupkan sumbu (bukan yang lain) kedalam gelas yang berisi minyak (bukan ke dalam yang lain)

Pastikan seluruh sumbu tercelup ke dalam minyak goreng. Kalau kurang basah, bisa dicelupkan berkali-kali.

Setelah agan yakin sumbunya sudah basah, angkat sedikit gan, jangan banyak2. sedikit saja ngankatnya, sehingga ujung sumbu bisa nongol ke bibir gelas. ingat gan, bibir gelas, jangan yang lain.



Setelah itu agan bisa menyulutkan api ke ujung sumbu yang nongol tadi.

dan tarraaaaaaaa....

lilin agan sudah nyalaaa...







Tipsnya gan, jangan sampe api beersentuhan langsung dengan minyak goreng, caranya??

bisa menggunakan aluminium foil atau kertas yang didalem bungkus rokok itu.
Dibuat seperti ini gan...
Spoilerfor Pelindung:



Sekian posting trit dari saya, apa bila ada kesalahan kata atau penyampaian mohon dikoreksi.

Spoilerfor Daftar Pustaka:
Sumber 1
Gambar yang digunakan Courtesy Of Google



Spoilerfor Gila: Ternyata bikin trit itu susah gan, kayak gini aja hampir 1 jam, maklum pemula banget gan,,,


Boleh bagi sendolnya dong gan, biar seger...

Spoilerfor Ada yang kasian sama ane gan... :



Berikut diucapkan terima kasih banget buat yang nyendol ane gan...
Pengirim saya samarkan demi keamanan dan privasi,
Semoga Kebaikan akan selalu menyertai agan2 semua...



Spoilerfor Komeng gokil:
Quote:Original Posted By mygilar â–º
bagus gan...klo minyak goreng diganti solar gimana ÄŸan?

Bisa gan, bisa kemebul item semua kamarnya...

Quote:Original Posted By achiels0916 â–º
keren gan...:

kalo biar beraroma dipake buat goreng ikan asin,terasi,ama cabe dulu tu...

Betul gan, biar ada aroma terapinya,, ikan asin... tinggal nyari nasi putih sama nyium2 aroma lilin...

Quote:Original Posted By redrocket â–º
minyak gorengnya setelah ane bikin buat lilin bisa ane pakek buat goreng telor lagi kaga gan?

Maaf gan belum ada riset mengenai ini, apakah aman atau tidak untuk dikonsumsi...

Quote:Original Posted By ErikXGTA â–º
Ane pernah coba gan, tapinya pake bensin
Tanpa sumbu langsung jess

Mbleduk gan??


Tambahan lain gan
Spoilerfor Tambahan:
Quote:Original Posted By ImperfectMan â–º
wah, nice share gan
ane jd inget biasanya kalo di kelenteng2 selain pakai lilin (mulai yg ukuran kecil sampe yang segede gaban)
juga ada pakai lampu minyak untuk penerangan kayak gini nih



---

Quote:Original Posted By emontspensa â–º
Wah idenya mantep gan.. Dari thread agan ane jadi dapat ide untuk upgrade peralatan Camping..wkwkwkwkwk

Ketemu lagi ide untuk Ultralight Camping..Dalam hal penerangan..Pakai Minyak Goreng+Sumbu!! Minyaknya bisa di buat goreng nuget dan sosis..Bisa juga buat Candle Light Tent!! Bisa juga buat ngepet kalo kehabisan lilin..Bisa buat bahan bakar kapal-kapalan yang bunyinya teketek-ketek (Kapal yang di pasar malam) Bisa juga buat suasana romantis dalam tenda!! (Noted *Bila punya pasangan)..Bawa minyak bisa untuk bermacam-macam.. UltraLight!! (Semacam teknik di alam bebas yang menggunakan alat serba guna yang bertujuan untuk meringankan beban bawaan dalam tas)






Spoilerfor Jangan yang lain:
Perhatian agan2 ini malah ke "yang lain"

Quote:Original Posted By zhugee â–º
kok ane lebih suka ama joke ente ya gan drpd buat lilin darurat. hehehehe

---

Quote:Original Posted By aryoechi â–º
gokil bgt nih yg bkin tit..

---

Quote:Original Posted By dihostyp â–º

ah bahasannya bikin ketawa neh
kreatif bgt tsnya


---

Quote:Original Posted By dubek â–º
mantaaaat (baca: mantaaap, jgn yg lain)..ide agan bs diterapkan nih..byk minyak goreng bekas yg ga dipake..drpd dibuang...


---

Quote:Original Posted By yahya_nimo â–º
"Setelah itu celupkan sumbu (bukan yang lain) kedalam gelas yang berisi minyak (bukan ke dalam yang lain)"

apa coba



---

Quote:Original Posted By atlanticaHoliC â–º
wakaka, TSnya bsa" aja bikin trit kyk gini
tapi inponya myaan gan, daerah ane sering padam listriknya


---

Quote:Original Posted By Barot056 â–º
ingat ya minyak goreng ...! jangan yang lain apalagi bensin !!!"

---

Quote:Original Posted By 5662433 â–º
ente ini jgn yg lain jgn yg lain mulu
..mAlah jd ngakAk ane bacanya

---

Quote:Original Posted By naeli â–º
ngakak ane bacanya, bnyk bgt kata 'bukan yg lain' ya gan
btw nice inpo gan

---

Quote:Original Posted By two.knives â–º
ane ngepost dimari dulu deh gan (bukan tempat yang lain)

---

Quote:Original Posted By dewzy â–º
ingat, kita disini mau buat lilin darurat, jangan yang lain

---

Quote:Original Posted By purple.orchid â–º
mantap gan.... jngan pake yg lain nya....

---

Quote:Original Posted By Paparazzo â–º
jangan yg lain mulu gan

---

Quote:Original Posted By valkyrie25 â–º
Ingat gan, jangan pake yang lain, oke ane ngeclup dolo yak

---

Quote:Original Posted By xhetfield â–º
sumpah ane ngakak banget baca trid ente... jangan yang lain..jangan yang lain.. ada ada aja si TS . jangan² ente suka yang lain ya gan





---


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/524771990e8b46411f000012

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)