Home » » Kebutuhan Hidup Buruh Bujang Rp 3,7 Juta per Bulan?

Kebutuhan Hidup Buruh Bujang Rp 3,7 Juta per Bulan?




Merdeka.com - Buruh memiliki posisi yang sangat strategis dalam perputaran produksi suatu komoditas. Tanpa buruh, proses produksi satu komoditas tidak akan dapat berjalan.

Namun demikian, posisi ini ternyata tidak dipandang oleh kelas pengusaha. Para pengusaha sering memberi upah buruh yang jumlahnya tidak dapat digunakan untuk memenuhi standar hidup laik.

Padahal, biaya kebutuhan hidup selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Sementara itu, buruh selalu menerima upah yang tidak pernah bertambah.

Hal itu menyebabkan sejumlah buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan sejumlah aliansi menggelar demonstrasi. Mereka menuntut kenaikan upah demi tercapainya standar hidup layak.

Rencananya sebanyak tiga juta buruh dari berbagai elemen mengancam melakukan aksi mogok nasional pada tanggal 31 Oktober dan 1 November 2013 mendatang. Aksi itu sebagai tuntutan agar upah 2014 naik 50 persen dari Rp 2,2 juta menjadi Rp 3,7 juta.

"Kita akan lumpuhkan semua industri, pelabuhan dan bandara. Tidak ada yang bekerja nanti," ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal.

Berikut alasan mengapa buruh menuntut kenaikan upah.

Spoilerfor Kenaikan BBM: Quote:

Merdeka.com - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi salah satu faktor upah buruh perlu naik. Ini karena dengan naiknya harga BBM dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.500 memberi imbas nyata terhadap pengeluaran buruh.

"Kenaikan harga BBM punya imbas nyata, pengeluaran buruh 20 persen hingga 30 persen tereduksi, biaya transportasi menjadi naik," ujar Anggota Komisi IX DPR RI Indra beberapa waktu yang lalu.


Spoilerfor KHL Yang Tidak Sesuai: Quote:Sebanyak 60 item Kebutuhan Hidup Layak (KHL) bagi buruh yang ditetapkan sudah tidak sesuai. Pasalnya, survei KSPI menyimpulkan setidaknya terdapat 84 item KHL.

"KHL yang dituntut oleh KPSI sejumlah 84 item, karena saat ini masih menggunakan 60 item," jelas Presiden KPSI, Said Iqbal di Hotel Mega Proklamasi, Rabu (18/09).

Said mengatakan, KHL lama tidak memasukkan beberapa item seperti jaket. Padahal, menurut dia, jaket merupakan pakaian yang berfungsi sangat penting bagi kesehatan buruh.

"Semua buruh butuh jaket. Dan 60 item tidak memasukkan jaket dalam kebutuhan harian layak. Jadi uangnya dapat dari mana untuk membeli jaket?" jelasnya.

Spoilerfor Buruh Indonesia Lebih Murah Dari Negara Lain: Quote:Kinerja buruh Indonesia dinilai jauh lebih baik dibanding dengan negara tetangga. Tetapi, hal itu tidak sesuai dengan hasil yang diterima buruh berupa upah yang murah.

Menurut anggota Komisi IX DPR RI Indra, hal itu menjadi salah satu sebab upah buruh harus naik. Menurut dia, tingkat produktivitas yang tinggi harus diimbangi dengan imbal jasa yang pantas.

"Filipina saja 3.2 juta kalau kinerja buruh Indonesia tipikal enggak jauh beda sama Filipina bahkan kita lebih baik daripada Filipina. Negara Thailand mampu menetapkan Rp 2,8 juta," lanjut Indra.

Spoilerfor Upah Belum Ideal: Quote:Keberadaan UMP sebesar Rp 2.200.000 untuk DKI dinilai belum ideal. Pasalnya, kebutuhan hidup seorang buruh bujang saja memerlukan biaya sebesar Rp 3.772.000.

Hal itu didasarkan pada hasil perhitungan cepat yang dilakukan oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, angka itu juga tidak akan berlaku jika buruh telah berkeluarga.

Quote:Mintak Naik sih Boleh aja, tetapi jangan "keterlaluan", ane cuma mikir anak bini mau makan apa jika perusahaan sdh engga kuat bayar UMR yg tinggi, mendingan begini masih bisa kerja dan dpt duit, sisanya cari sendiri di luar pabrik , misal jualan dll

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/526dc6f120cb17dc0d000005

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger