Home » » Mengenal False Nine dan Pemain Terbaiknya

Mengenal False Nine dan Pemain Terbaiknya

Welcome!



Spoilerfor NoRepost:




False Nine?
Apa itu false nine? Itu adalah striker bohongan. Striker macam ini bukan striker bertipe bomber, berbadan besar dan menunggu bola didepan gawang lawan. Striker bohongan ini lebih mirip second striker, dia bisa bergerak ke segala arah, menjemput bola, bahkan merebut bola dan membantu pertahanan. Striker macam ini gak dituntut untuk berbadan besar, tapi lebih kepada tehnik dan skill mumpuni. Striker ini harus mampu menggiring bola, mengumpan dan tentu tidak lupa pada tugas originalnya: mencetak gol.

Secara definisi, false nine diartikan sebagai penyerang terluar yang turun ke tengah untuk mengacaukan konsentrasi pertahanan lawan. Para pemain menunggu dan menunggu dengan keras kepala. Mereka dengan asyiknya bermain dan menahan godaan untuk menembak bola ke gawang lawan sampai ada momen yang tepat untuk mengeksekusi sebuah gol. False nine menyebabkan tim yang menggunakannya terlihat bermain tanpa seorang penyerang.

Taktik itu bisa menjadi mimpi buruk bagi pertahanan lawan karena sulit untuk diantisipasi. Sebuah keadaan yang dilematis akan dialami bek lawan, bertahan di posisinya atau mengikuti pergerakan "penyerang palsu" itu. Jika mengikuti pergerakannya ke tengah, maka garis pertahanan akan menjadi tinggi sehingga rentan terhadap umpan terobosan ke sayap. Penulis sepak bola ternama, Jonathan Wilson, mengatakan bahwa taktik sepakbola adalah seni memanipulasi ruang dan false nine adalah salah satu bentuk manipulasi ruang yang terbaik.


Awal False Nine
Embrio false nine sebenarnya sudah muncul enam dekade lalu, tepatnya 25 November 1953. Saat itu, Inggris meladeni Hungaria pada partai persahabatan di stadion Wembley. Pada pertandingan yang dikenal dengan "match of the century" itu, Hungaria menang dengan skor telak 6-3. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, The Union Jack dikalahkan oleh tim non-Britania di kandang sendiri.

Inggris yang waktu itu merasa sebagai aristokrat sepakbola hanya terpana melihat bagaimana pola permainan kaku mereka diacak-acak oleh strategi pelatih Gusztav Sebes. Hungaria yang sempat dijuluki "tim dari luar angkasa" dimotori Ferenc Puskas, Sandor Kocsis, Zoltan Czibor dan Jozsef Bozsik. Tapi yang menjadi pusat perhatian dan menyulut kekacauan di areal pertahanan Inggris adalah pemain bernomor 9 yaitu Nandor Hidegkuti. Lazimnya pemain bernomor 9 pada masa itu dipasang sebagai penyerang tengah. Dia berfungsi sebagai finisher, tapi pergerakannya yang tak lazim membuat barisan pertahanan Inggris kalang kabut.

Quote:Ilustrasi


Spain v Italy : Babak Penyisihan Grup 2012


Chelsea's False Nine



Understand??


9 Pemain False Nine Terbaik Sepanjang Sejarah




Posisi false nine memang baru dikenal luas di era sepak bola modern ini. Tetapi skema ini rupanya sudah mulai diterapkan di beberapa dekade silam, meski tidak sepopuler seperti sekarang.

Berikut beberapa pemain dunia yang tampil fantastis ketika menempati posisi false nine yg dirangkum oleh Bola.net :

1. Francesco Totti
Quote:

Luciano Spalletti adalah pelatih yang memperkenalkan skema false nine di era sepak bola Italia modern. Badai cedera membuat Spaletti menggunakan formasi 4-1-4-1 di tahun 2006, dan menempatkan Francesco Totti yang seorang gelandang serang sebagai striker tunggal di lini depan.

Bermain sebagai false nine, Totti malah tampil menawan. Pemilik 58 caps bersama Azzurri ini mencetak 26 gol, torehan gol terbanyaknya dalam semusim di Serie A.

2. Lionel Messi
Quote:

Tak ada yang meragukan jika Lionel Messi adalah pemain terbaik di posisi false nine. Messi terus mencetak rekor baru ketika bermain di posisi ini.

Josep Guardiola adalah pelatih yang memperkenalkan skema false nine kepada Messi. Hasilnya? Sungguh luar biasa, total 73 gol dan 29 assist ditorehkan Messi di musim lalu, salah satu musim terbaik di sepanjang karir Kapten Argentina itu.

Messi memang tampil lebih mematikan ketika dimainkan di skema false nine. Messi datang menjemput bola hingga ke lini tengah, memainkan umpan diagonal dan dalam sekejap berada di dalam kotak penalti lawan. Kecepatan, kekuatan, insting bola yang bagus, Messi mempunyai semua skill yang diperlukan untuk menempati posisi ini.

3. Matthias Sindelar
Quote:

Matthias Sindelar mungkin adalah pemain pertama yang bermain di dengan skema false nine. Ditangani oleh pelatih legendaris Hugo Meisl, Sindelar menjadi Kapten Austria hingga ke Piala Dunia 1934.

Meisl saat itu menempatkan banyak gelandand di lini tengah Austria (2-3-2-3) dan memainkan Sindelar lebih dalam ke lini tengah. Julukan Sindelar saat itu adalah "The Mozart of Football" menandakan dirinya adalah pesepakbola kreatif. Namun Sindelar terbukti tetap tajam dengan torehan 27 gol di 43 penampilan bersama Timnas Austria.

4. Ezequiel Lavezzi
Quote:

Nama Ezequiel Lavezzi mungkin tidak populer dengan skema false nine. Tetapi semasa di Napoli, pelatih Walter Mazzarri kerap memainkan Lavezzi di posisi yang tidak lazim.

Saat bermain untuk Napoli, terkadang Lavezzi terlihat berada di sisi kiri berdampingan dengan Edinson Cavani. Performa Mazzarri sebagai di posisi false nine terlihat jelas ketika melawan Chelsea di Liga Champions. Lavezzi berhasil menjebol gawang Petr Cech dari posisi yang tidak bisa diprediksi oleh barisan pertahanan The Blues.

5. Robin van Persie
Quote:

Di musim 2009-10, tidak ada yang tahu pasti posisi Robin van Persie dalam skema permainan Arsenal. Saat itu Arsene Wenger memainkan skema 4-3-3 untuk mengakomodir Nicklas Bendtner. Namun ketika striker asal Denmark itu ditarik keluar, RVP tampil sebagai striker tunggal.

Berdasarkan ulasan The Guardian, saat ini RVP masih salah satu pemain false nine terbaik di dunia. Striker asal Belanda itu malahan tetap memainkan skema yang sama ketika bermain di Manchester United. Lihat saja ketika RVP keluar dari posisi aslinya untuk memberikan assist kepada barisan penyerang United

6. Carlos Tevez
Quote:

Mirip dengan yang terjadi dengan Totti di Roma, Tevez juga menempati posisi false nine karena krisis cedera di Manchester United. Di musim 2007-08, Sir Alex Ferguson menempatkan Tevez sebagai false nine berkat skill dan kerja sama tim yang dimiliki striker asal Argentina itu.

Tevez kerap bermain lebih dalam untuk memberikan ruang kepada Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo. Hasilnya, Ronaldo menjadi top skor di musim itu dengan mencetak 42 gol dari posisinya sebagai pemain sayap

7. Dennis Bergkamp
Quote:

Dennis Bergkamp kerap dikenal sebagai salah satu gelandang serang terbaik dunia. Perannya di Arsenal tak hanya memberikan assist kepada Thierry Henry tetapi juga memainkan perannya sebagai pencetak gol.

Gaya Bergkamp mengingatkan akan gaya permainan legenda Belanda Johan Cruyff. Bergkamp datang ke Highbury di bawah asuhan Arsene Wenger, dan memainkan sepak bola atraktif selama 10 tahun.

8. Nandor Hidegkuti
Quote:

Saat Hungaria menghancurkan Inggris dengan skor 6-3, 25 November 1953, banyak pujian ditujukan kepada Ferenc Puskas. Saat itu tak banyak yang mengenal Nandor Hidegkuti.

Puskas memang menjadi bintang lapangan berkat torehan 4 golnya ke gawang The Three Lions. Tetapi pada laga rematch setahun berselang Nandor Hidegkuti yang bermain sebagai false nine berhasil mencetak hattrick. Pada laga rematch itu, Inggris kembali takluk dengan skor 7-1.

9. Johan Cruyff
Quote:

Johan Cruyff seringkali dilupakan ketika berbicara pemain dengan posisi false nine. Padahal legenda Belanda ini sering tampil sebagai striker palsu pada skema 1-3-3-3 milik Rinus Michels, pelatih Ajax di tahun 1970an.

Skema itu menempatkan Cruyff di sentral permainan, tetapi bebas untuk bergerak mundur atau menyamping. Sementara Johan Neeskens yang bermain sebagai gelandang kerap kali maju memanfaatkan ruang yang Cruyff ciptakan.

Sumber


Bagaimana Voteball Hollic?
Sudah mengerti apa itu Strategi False Nine?

yg udah ISO boleh dong ane minta
tapi ane gak nerima

Jangan Lupa & ninggalin komeng y gan

ada beberapa kata yg
ane quote dari sini



Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/523ea86d128b46b216000000

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger