Home » » Mengenal Turbulensi Pada Pesawat Terbang

Mengenal Turbulensi Pada Pesawat Terbang


Spoilerfor NoRepsol:

Quote: BANTU RATE 5 DULU GAN


Quote:Quote:

Quote:Sebelumya ane mau jelasin apa yang dimaksud dengan TURBULENSI biar agan-agan mengerti dulu baru lihat TKP-nya




Quote:
Quote:Turbulensi adalah sebuah keadaan yang ditandai ketidakstabilan (disorder) dan keacakan (randomness) pergerakan di setiap skalanya. Turbulensi menarik komponen-komponen yang dipengaruhinya ke arah tertentu dan kemudian melepasnya secara tiba-tiba. Timbullah guncangan.
Wilayah turbulensi ini dipengaruhi oleh apa yang dinamakan dengan downdraft (gerakan massa udara ke bawah).


Turbulensi banyak sekali jenisnya.
Turbulensi atau turbulence adalah gerakan tidak beraturan ataw berputar tidak beraturan akibat perbedaan tekanan udara atau perbedaan temperatur udara.

Spoilerfor Jenis Turbulensi : •Mechanical turbulence
•Wake turbulence
•Convection Turbulence
•Inversion turbulence
•Frontal turbulence
•Terakhir adalah clear air turbulence (CAT) / disebut juga jet stream.

Quote:Quote:Para pilot di seluruh dunia paling takut sama yang namanya clear air turbulence, sama halnya dengan jetstream, karena tidak bisa diprediksi dan tidak bisa dideteksi oleh radar cuaca. Makanya para penerbang di airline setelah mendapat ATPL (Airline Transport Pilot Licence) akan mengikuti suatu training untuk mngantisipasi kejadian tersebut, nama trainingnya adalah Windshear Training.


Quote:Quote:PENYEBAB
Spoilerfor : Quote:
  • Suhu â€" Pemanasan dari matahari menyebabkan masa udara panas naik dan sebaliknya masa udara dingin turun, turbulensi jenis ini sering disebut dengan ”turbulensi thermis”


  • Jet stream â€" Pergerakan yang sangat cepat arus udara pada level ketinggian yang tinggi, dan mempengaruhi udara disekitarnya

  • Pegunungan â€" Massa udara yang melewati pegunungan dan mengakibatkan turbulensi pada saat pesawat terbang diatasnya pada sisi yang lain. Turbulensi jenis ini sering disebut dengan “turbulensi mekanis”

  • Wake turbulence â€" Turbulensi yang terjadi karena dekat dengan permukaan yang dilewati pesawat atau helikopter


Nahhhh berikut Contoh kejadian TURBULENSI yang terjadi Pada Singapore Airlines

Cekindull gan

Quote:
Quote:Quote:Singapore Airlines dihantam turbulensi keras
Spoilerfor :
Quote:Para penumpang baru saja menikmati kopi dan cemilan mereka di pesawat Singapore Airlines ketika pesawat itu dihantam turbulensi keras yang membuat pesawat itu jatuh 20 meter dari ketinggian normalnya, dan membuat makanan dan barang-barang berserakan di dalam kabin.

Quote:Quote:Kru pesawat duduk di kursinya
Spoilerfor :
Quote:Meski kru pesawat diberi tahu untuk bersiap mengahadapi kemungkinan turbulensi saat sarapan, orang-orang baru menyadari parahnya situasi saat kru diminta untuk duduk di kursi mereka.

Quote:Quote:Kopi di langit-langit
Spoilerfor :
Quote: “Apa pun yang tidak terikat, termasuk beberapa orang, menghatam langit-langit,”

Quote:Quote:Bersih-bersih di pesawat
Spoilerfor :
Quote:begitu pesawat berhasil melewati turbulensi, para penumpang mulai memeriksa keadaan untuk mengetahui adanya cedera dan kegiatan bersih-bersih pun dimulai.
“Selimut-selimut di rebahkan untuk menyerap cairan dan melindungi penumpang dari pecahan beling,”

Quote:Quote:Tampak seperti tidak terjadi apa-apa
Spoilerfor :
Quote:Pihak Singapore Airlines mengatakan kepada Australia News, “Sebelas penumpang dan kru pesawat mengalami cedera ringan ketika pesawat tiba-tiba kehilangan ketinggian dan langsung mendapat perawatan dari petugas medis begitu tiba di Bandara Heathrow. Saat itu lampu sabuk pengaman sudah menyala dan penyajian makanan ditunda.”
Tak lama setelah pesawat mendarat, paramedis langsung tiba untuk merawat para penumpang yang mengalami cedera dan pihak maskapai penerbangan memberikan satu kotak cokelat kepada setiap penumpang setelah kecelakaan.





Quote:Tips Mengatasi Turbulensi Pesawat
Quote:Guncangan pesawat (Turbulensi) terkadang membuat kebanyak penumpang pesawat takut dan waspada. Ada juga yang mengalami mabuk udara saat merasakan guncangan.

Agar anda tak mengalami hal tersebut, yang terkadang menyiksa perjalanan Anda selama di pesawat. Berikut ini beberapa tips yang dapat mengatasi turbelensi:

  • Hidarilah tempat duduk yang terletak di dekat pintu darurat, karena orang yang duduk di dekat pintu darurat adalah orang yang tidak mudah panik dan bisa bertanggung jawab membuka pintu saat keadaan darurat.


  • Persiapkan diri sebelum pesawat lepas landas misalnya, pergi ke toilet. Karena berada di toilet saat turbulensi sangat berbahaya. Hindari, minuman yang dapat membuat Anda mudah ingin buang air kecil.


  • Pahami mengapa turbulensi bisa terjadi. Hal ini dapat menguangi rasa takut Anda.


  • Jangan lepaskan sabuk pengaman Anda. Jika diminta untuk kembali ke tempat duduk atau mengencangkan sabuk pengaman, maka lakukanlah dengan segera. Hal ini mungkin terdengar seperti himbauan biasa, tetapi akibat tidak waspada maka penumpang dapat terluka akibat guncangan saat turbulensi terjadi.

    Gunakan sabuk pengaman bahkan pada saat tidak diinstruksikan. Pilot tidak sempat menginformasikan kepada penumpang karena turbulensi terjadi secara spontan. Bila penerbangan cukup panjang, lebih baik longgarkan sedikit sabuk pengaman kursi Anda, daripada melepasnya.


  • Bila sedang memegang minuman panas sebaiknya, buang minuman tersebut ke kantong plastik yang biasanya telah disediakan agar tidak tertumpah dan melukai kulit.


  • Rileks sejenak kontrol pernapasan. Ketika Anda mulai panik maka ambilah nafas dalam-dalam dan lakukan dengan perlahan. Lemaskan tubuh sedikit perenggangan dapat menghilangkan ketegangan pada tubuh Anda.


Quote:Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3


Quote: SEMOGA BERMANFAAT GAN

Spoilerfor jangan lupa:

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51b143308027cf313f000002

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger