Home » » Sisihkan 800 Kota, Surabaya Raih Dua Penghargaan Internasional

Sisihkan 800 Kota, Surabaya Raih Dua Penghargaan Internasional


Bu Risma lg arak-arakan penghargaan Future Goverment Awards yang dimulai dari Korem Bhaskara Jaya dan finish di Taman Surya Balaikota Surabaya.

Quote:Pemkot Surabaya berhasil merebut dua penghargaan FutureGov Awards 2013. Ini setelah Pemkot Surabaya berhasil menyisihkan sekitar 800 kota dari negara-negara maju di Asia Pasifik.
Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, Kota Surabaya menjadi satu-satunya lembaga di Asia Pasifik yang mampu menerima dua penghargaan sekaligus. Terlebih, Surabaya berhasil mengungguli beberapa negara maju yang selama ini lebih diunggulkan di bidang tekologi informasi seperti Singapura, Australia, China, Hongkong, dan India.
"Surabaya bisa mengalahkan mereka semuanya. Hampir di semua kategori, kita masuk nominasi dan memenangi dua penghargaan. Hanya Surabaya yang mendapatkan dua penghargaan. India dan Singapura yang teknologinya maju hanya dapat satu penghargaan," kata Risma usai kirab dua penghargaan di Taman Surya, Minggu (27/10/2013).
Dijelaskan Risma, didapatnya dua penghargaan kategori Data Center melalui Media Center Pemerintah Kota Surabaya dan Data Inclusion diraih melalui Broadband Learning Center (BLC) menjadi indikator jelas bahwa Kota Surabaya merupakan kota yang pemerintahannya sudah mampu mengelola dengan baik bagaimana berkomunikasi dengan tiga juta masyarakat Surabaya melalui Broad Band Learning (BLB).
"Percepatan pelayanan data kita lebih baik dibanding daerah lain karena kita terpadu dan tidak ada lagi manipulasi. Ini penghargaan untuk masyarakat karena salah satu kategorinya yaitu BLB yang selama ini kita bangun untuk masyarakat," tandas Risma.
Sementara itu, dua penghargaan internasional itu diterima Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Angsana Laguna Phuket, Thailand pada Jumat (25/10/2013). Dalam brief yang disampaikan melalui http://www.futuregov.asia, pada kategori Data Center disebutkan, Pemkot Surabaya dinilai telah melakukan inovasi, efisiensi dan unggul dalam manajemen proyek di sekitar pusat data.
Sedangkan, kategori Digital Inclusion karena Pemkot Surabaya memiliki program unggul dalam menggunakan teknologi untuk menjembatani kesenjangan digital. Dua penghargaan tersebut diraih Surabaya setelah menyisihkan 50 kota/negara yang menjadi nominasi. Dan 50 nominasi tersebut merupakan hasil seleksi dari sekitar 800 kota/negara yang berharap mendapatkan penghargaan tersebut.
Kabag Humas Pemkot Surabaya, Muhammad Fikser, memaparkan, Pemkot Surabaya memang menjadi pemerintah kota yang melek teknologi. Bahkan, di Indonesia, Pemkot Surabaya merupakan pioneer. Sejak November 2011, sudah ada Media Center Pemkot Surabaya yang merupakan salah satu implementasi dari model open government.
Pemkot dengan membuka akses komunikasi yang efektif dan efisien dengan masyarakat terkait dengan proses pembangunan dan pelayanan yang dilaksanakan oleh Pemkot Surabaya. Media Center merupakan sistem pelayanan informasi terintegrasi bagi masyarakat Surabaya yang ingin berpartisipasi dalam perkembangan pembangunan kota Surabaya.
"Bentuk partisipasi masyarakat terwujud dalam keluhan, pengaduan, kritik, saran dan pertanyaan yang terkait dengan proses pembangunan dan pelayanan yang dilaksanakan oleh Pemkot Surabaya," kata Fikser.
Dalam menyampaikan keluhan atau permohonan informasi, ungkap Fikser, masyarakat bisa memilih akses yang dibuka Media Center melalui berbagai macam media yaitu, telepon, SMS, website, email, faximile, facebook, twitter, dan portal. Dan berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya, jumlah keluhan dan permohonan informasi dari masyarakat yang masuk melalui Media Center sampai November 2011 atau sebelum launching Media Center adalah sebesar 698. Sedangkan, pada tahun 2012 sebesar 2.717. Lalu, sejak Januari hingga September 2013 saja sudah mencapai 2.500.
Meningkatnya jumlah tersebut bukan berarti kinerja Pemkot menurun. Namun, karena Pemkot telah membuka akses komunikasi seluas-luasnya yang disambut respon positif warga yang menilai Media Center sebagai sarana tepat dalam menyampaikan keluhan atau permohonan informasi tentang Pemkot. Dari 2500 total keluhan dan permintaan informasi yang masuk ke Media Center pada Januari hingga September 2013, sebanyak 1888 diantaranya adalah permohonan informasi yang menandakan kepercayaan publik terhadap pelayanan informasi dari Pemkot yang akuntabel dan transparan. Transparansi informasi sendiri merupakan salah satu indikator dari Good Governance.
Selain itu, penerapan Standard Operating Procedure (SOP) juga menjadi salah satu faktor yang membuat kepercayaan masyarakat masyarakat yang melapor meningkat. Ada dua SOP yang diterapkan, yakni respon maksimal 1x60 menit untuk berintegrasi dengan tim Pelayanan Keluhan/Pengaduan Masyarakat (TPKPM) di masing-masing SKPD dan juga respon maksimal 1x24 jam dalam memberikan jawaban kepada masyarakat yang melapor.
Sementara Broadband Learning Center (BLC), papar Fikser, merupakan fasilitas pembelajaran IT yang dapat dinikmati oleh masyarakat Surabaya secara gratis agar warga Surabaya melek IT. Ini merupakan salah satu upaya percepatan menuju Surabaya Cyber City. BLC hadir di lokasi-lokasi yang dekat dengan ruang publik seperti taman kota dan rumah susun (rusun), sehingga mudah diakses oleh masyarakat.
Broadband Learning Centre (BLC) didukung oleh PT Telkom Indonesia Divisi Regional V Jawa Timur melalui CSR (Corporate Social Responsibility) dengan membuat kesepakatan dalam MOU bersama Pemerintah Kota Surabaya. Selanjutnya BLC dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. BLC telah didirikan di 6 lokasi yaitu, Rusunawa Penjaringan Sari, Taman Prestasi, Taman Flora, Rusunawa Tanah Merah, Kelurahan Made, dan Rusunawa Urip Sumoharjo.
"Melalui BLC tersebut masyarakat bisa berinteraksi aktif melalui IT untuk kemajuan pembangunan Kota Surabaya," tutur Fikser. sumber
gk perlu basa basi, walo cewek tp kerjanya maen sikat ajah neeh
gk peduli klo ini pencitraan, yg penting Surabaya benar2x berubah drastis sejak ada bu Risma
Calon Gubernur Masa Depan Jawa Timur neh

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/526dc3b4148b462d2b000000

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger