Home » » Jangan Percaya Sama Pedagang yang Nawarin Tukik Air Tawar

Jangan Percaya Sama Pedagang yang Nawarin Tukik Air Tawar



Quote:
ane tulis ini semua berdasarkan pengalaman ane sendiri pernah ketipu sama pedagang2 yang mengembel2kan penyu "AIR TAWAR". dan ane share kan cerita gan pengalaman habis ketipu lalu ane pelihara penyu/tukik.oke next setelah membeli besoknya ane balik ke kota ane(kediri), ane taro itu di air tawar,1hri besoknya lemes, browsing sana sini, akhirnya nemu bahwa penyu tidak ada air tawar, dan info itu juga ane dapat di kaskus. akhirnya dan syukurnya ada yg jual air lau di kota ane lgsg ane beli air laut+ganti airnya mulai deh tu tukik seneng bgt. next tentang perawatan,perawatan penyu tidaklah mudah, mreka gampang stres, yang paling parah gak mau makan(biasanya ini tonjolan di tenggorokan dan kalau sudah seperti tinggal berdoa saja dan terus berusaha),rajin2 di jemur di matahari pagi.

akhirnya setelah ane rasa cukup kuat itu tukik.sekitar 8-1th, ane lepas penyu ane di penangkaran terdekat kota ane yaitu trenggalek tepatnya di penangkaran panggul..

ini penampakan perjalanan foto tukik ane sampe umur cukup sebelum di lepas
Spoilerfor foto kenangan:

ini foto trakhir sebelum ane lepas dlu,ane edit demikian biar gak di pajang jadi jualan sama orang :P



Quote: Sesuai thread ane ingetin sama kaskuser lain,biar gak ada yg ketipu kyk ane lagi. gak ada itu yang namanya TUKIK AIR TAWAR. Tukik itu anak penyu yang baru menetas

"selamatkan penyu yang hampir punah/sudah langka". tapi yang terjadi apa?jual beli penyu sudah terlalu bebas. mulai dari telur sampe indukan. dan parahnya lagi. pake embel2 para pedagang nakal "Ini penyu pinguin, ini penyu udah di air tawar dari kecil,ini 100% air tawar,makannya gampang, ngrawatnya gampang". selain menggunakan kata2 itu, para pedagang mencampurkan Tukik2 tersebut dengan ikan2 mas, agar para konsumen tertarik dan yakin itu air tawar.
tapi faktanya?kalian liat di tempat pedagang itu ada penyu dewasa?TIDAK

faktanya(berdasarkan pengalaman sendiri), mungkin setelah agan beli dari pedangan tukik tersebut masih bisa hidup beberapa hari kedepan di air tawar. namun perlahan2 mulai terlihat lemas dan lama2 mati(alhamdulilah punya ane gak mati). dari sini terjadi 2 kemungkinan. antara kapok/beli lagi.
kalo agan pernah liat ada penyu dewasa di air tawar, itu melewati tahap yg sangat lama dan kemungkinan sukses sedikit gan. itu lewat istilah "ditawarkan" bukan hajar dari tukik yang masih renta banget lgsg di kasi air tawar.

agan mau nanti cuma bisa bilang ke anak cucu agan "ini lo nak/cu yang nama nya penyu, kura2 yang berenang dan idup di laut". kalo mau selamatkan penyu, salah satu caranya ya selamatkan dulu diri agan dan penyu dari para pedagang nakal yang cuma mencari keuntungan. dengan agan tidak membeli Tukik2 tersebut dari pedagang tersebut maka pedagang tersebut akan merasa dirugikan dan rantai jual beli pun putus.

ane gak berharap cendol dari agan2 semua. kalo ada pedagang penyu baca ini mau ngebata silakan. tapi ane cuma berharap, kesadaran dari agan2 untuk selamatkan hewan purba ini. bukan dari slogan aja peduli, tapi coba lewat tindakan.

sorry thread ane gak ada gambar ato menarik2nya ini cuma pgn ingetin agan2 sekalian jangan terpengaruh oleh embel2 para pedagang yang lgsg menyebutkan "AIR TAWAR".

gak usah jauh2 nyari contoh ke pedagang deh. coba ke FJB search itu Tukik/penyu air tawar. banyak kok :


sedikit mengenal tukik ya biar agan2 mudah membedakan antara jenis tukik. ato beda nya dengan kura2

Spoilerfor Tukik/Anakan Penyu Hijau:

penyu hijau ini yang paling mudah di temukan di pedagang gan.ciri2nya warna gelap(hitam) kombinasi putih,besarnya biasanya 4-6cm. biasanya pedagang mengatakan ini PENYU PINGUIN. what the... udah sok tau, cuma cari keuntungan aja. beginilah cantiknya tampilan penyu hijau saat dewasa
.

Spoilerfor Tukik/Anakan Penyu Sisik:

dengan ciri2 warna kerapas/cangkang lebih cerah dari anakan penyu hijau,badan hitam, kurang lebih 5-7cm. biasanya pedagang menyebutnya penyu burung . tukik ini adalah nomer2 yang mudah di temukan di pedagang nakal selain penyu hijau. saat besar mempunyai warna yang amat sangat cantik seperti batik



Spoilerfor Tukik/Anakan Penyu Belimbing:

ini adalah penyu terlangka, tertua, dan bahkan penyu terbesar dari zaman dinosaurus. ciri2 kerapas seperti buah belimbing,meskipun baru menetas bisa sampai 20cm. agan2 yang melihat penyu ini apabila ada yg menjual JANGAN SEKALI PUN MEMBELI. ini adalah penyu yang paling rentan. bahkan untuk menetas dari telur saja kemungkinan kecil, apalagi hingga dewasa sangat sedikit. penyu ini tidak dapat di pelihara sama sekali, penangkarannya pun hanya alam yang dapat membantu. penyu belimbing dewasa


Spoilerfor Tukik/Anakan Penyu Lekang:
ciri2nya hampir sama seperti anakan penyu hijau namun lebih gelap keseluruhan panjangnya belum tau kira2 seberapa, belum pernah liat langsung. langsung lihat ke dewasa nya penyu lekang yah


Quote:perbedaan penyu dan kura2 sangat mudah, penyu memiliki 2 kaki yang berbentuk pendayung karna mereka menghabiskan hidup di laut

tambahan

Quote:Original Posted By Arsiteklemu â–º


koreksi dari ane gan... kebetulan ane punya kura2.
Kura2 ada 2 jenis gan, kura2 darat ama kura2 air.

Kura2 Darat, kakinya seperti kaki gajah, contoh : kura2 galapagos
Kura2 Air, kakinya berselaput, contoh : kura2 brazil
Penyu, kakinya berbentuk dayung, ga berjari
makasih gan arsiteklemu

Quote:kalo pun ketemu penjual nakal yg jual beli penyu mending di beli trus lgsg di lepas kan ke laut, hidup ato mati biar alam yang tentukan. gak mati di tangan pedagang ato mati gara2 kita gak tau ngerawatnya

ingat semua jenis penyu itu adalah hewan langka. ane memang bukan siapa2, namun ane senang sekali melihat hewan eksotis 1 ini di alam laut bebas dan mengingatkan kepada utk menjaga jgn sampai mereka punah.

Quote:nb: untuk sumber foto itu beda2, nyari di gugel bukan dari jepretan ane. maaf kalo ada salah kata

Quote:ane sudah PM kepada momod AsuFajar untuk menambahkan list bahwa semua jenis penyu di larang, karena sebelumnya tidak tercantum penyu hijau dan sisik

Spoilerfor Fauna Langka dilarang Diperjualbelikan diFJB fauna:


kalo ada yang ane kenapa di situ ID ane "3042525" karna memang ini thread pindahan dari ID ane 3042525,berhubung ID tersebut jarang dipakai jadinya threadnya jarang ke urus, ane pindahkan k ID ini

big thx atas cendol2 dari agan2. maaf gak bisa sebutin 1 per 1.

Spoilerfor thx ijo2:

Quote:semoga berguna, silakan yang mau ngeshare di FB ato dimedia sosial lainnya. cukup agan comment biar bantu keangkat/sundul aja ane dah seneng kok biar bisa d baca sama kaskuser lain, gak perlu jadi HT biar semua bisa baca.

Quote:saran ane, mari kita sadar kalo penyu air tawar itu gak ada kita putus rantai ekonomi para pedagang dengan cara tidak membelinya(meskipun niat kita nolong) karna kalo kita beli sama aja mereka bakal restock jualannya lagi. mereka jual karna ada yg minat dari pembeli

tambahan dan lanjutannya di bawah ya

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5278912ca3cb17af7f00000c

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger