Home » » Makanan Berbahan Dasar Mie yang Populer di Indonesia

Makanan Berbahan Dasar Mie yang Populer di Indonesia



Setelah beberapa lama gak bikin thread, alhamdulillah akhirnya ane bisa nyelesaiin thread kedua ane.
Kali ini ini ane akan membahas makanan-makanan berbahan dasar mie yang populer di indonesia. Mudah-mudahan gak repost ya gan, soalnya ini trit ane sendiri yang nyusun.
Spoilerfor no repost:


Quote:Negara Indonesia memang sangat kaya sekali akan berbagai jenis kulinernya, salah satu yang paling terkenal adalah mie. Agan dan aganwati pasti tau dong rasanya mie kaya gimana, nah berikut ane ane mau ngeshare berbagai macam mie yang populer di indonesia. Silakan dinikmati gan
Quote:Spoilerfor 1. Mie Celor:
Mie Celor adalah hidangan mi yang disajikan dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi (udang kering), dicampurkan taoge dan disajikan bersama irisan telur rebus, ditaburi irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng. Hidangan ini berasal dari kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, dan bersama dengan Pempek telah menjadi hidangan khas Palembang. Ukuran mi yang digunakan lebih besar, seperti Mie Aceh atau mi Udon Jepang.
Spoilerfor 2. Mie Cakalang:
Mie Cakalang merupakan makanan Favorit dan unik, biasanya Mie dicampur dengan Ayam, tetapi di Manado Sulawesi Utara Mie hidangkan dengan Cakalang yang merupakan Ikan laut yang kaya akan protein yang tinggi, rasa gurih dan khas bawang goreng serta sayur kemudian ditambah sambal menjadi masakan juara di Kota Manado.
>Spoilerfor 3. Mie Aceh:
Mie Aceh adalah masakan mie pedas khas Aceh di Indonesia. Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut (udang dan cumi) disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Mie Aceh tersedia dalam dua jenis, Mie Aceh Goreng (digoreng dan kering) dan Mie Aceh Kuah (sup). Biasanya ditaburi bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis.
Spoilerfor 4. Mie Kocok:
Mie kocok biasanya disajikan di piring yang lebar alias agak ceper seperti piring pada umumnya. Isi yang disajikan itu biasanya ada telur (potongan), mie, suiran ayam, suiran kol kemudian disiram dengan kuah kental yang berwarna putih. Sangat nikmat bila disajikan sewaktu panas, dan lebih asyik ditemani dengan sate entah ayam atau kambing sesuai selera.
Spoilerfor 5. Mie Ayam:
Siapa sih yang gak tau mie ayam? Hampir disetiap sisi atau sudut jalan pasti mie jenis ini selalu kita temui. Biasanya mie ayam dilengkapi dengan bakso dan pangsit. Agan dan aganwati juga pastinya pernah dong ngerasain mie ayam.
Spoilerfor 6. Mie Instan:
Nah kalo mie yang satu ini emang mie yang paling mudah dan paling banyak kita temui gan . Sebenernya banyak keunggulan dari mie jenis ini gan, selain waktu pengolahannya yang cuma sebentar hargi mie ini juga paling bersahabat sama kantong gan. Yang jelas mie ini emang mie yang paling pengertian disaat agan dan aganwati lagi kepepet dan tentunya juga disaat kelaparan
Quote:Kalo mie yang jadi favorit agan dan aganwati yang nomor berapa nih? Atau mungkin ada agan dan aganwati yang mau menambahkan?

Quote:UPDATE
Spoilerfor 7. Soto Mie:
Soto mie, adalah hidangan mi berkuah kaldu berbumbu yang lazim ditemukan di Indonesia. Ada berbagai jenis dan variasi resep soto mie, yang dapat dibuat dari bahan ayam, daging sapi, atau jeroan sapi seperti babat, urat, atau kaki sapi. Kadang mi kuning terigu diganti dengan bihun atau campuran keduanya, ditambahi irisan kentang rebus, tomat, telur ayam rebus, kacang, dan tauge. Kuah kaldu disiramkan ke campuran bahan ini. Kuah dibuat dari kaldu sappi atau ayam dengan tambahan bumbu-bumbu. Bahan pelengkap soto mie misalnya jeruk nipis, sambal, bawang goreng, cuka, kecap manis, dan emping. Jenis soto mie paling terkenal di Indonesia berasal dari kota Bogor, Jawa Barat.
Spoilerfor 8. Mie Ongklok:
Mi (atau bakmi) ongklok adalah mi rebus khas kota Wonosobo dan sekitarnya. Mi rebus ini dibuat dengan racikan khusus menggunakan kol, potongan daun kucai, dan kuah kental berkanji yang disebut loh. Mi ini banyak dijajakan di berbagai warung dan rumah makan di kota tersebut. Pendampingnya biasanya adalah sate sapi, tempe kemul, serta keripik tahu.
Ongklok, alat bantu merebus mi. Ongklok adalah semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang dipakai untuk membantu perebusan mi. Penggunaan alat bantu ini khas daerah setempat sehingga diberikanlah nama mi rebus ini sesuai dengan alat tersebut.
Spoilerfor 9. Mie Bangka:
Mie Bangka atau dikenal sebagai Bakmi Bangka adalah salah satu dari sekian banyak ciri khas masyarakat pulau Bangka. Bahan makanan ini terbuat dari mie basah (kuning) biasa yang disiram dengan kuah berbumbu yang biasanya terbuah dari ikan, udang, cumi, atau kepiting. dan seringkali ditambahi dengan toge atau kecambah, mentimun atau timun, dan kerupuk, lezat bila dihidangkan waktu masih panas, dan ditambahi rasa pedas dari cabe.
Spoilerfor 10. Laksa:
Di Indonesia ada dua jenis laksa yang cukup terkenal: Laksa Betawi dan Laksa Bogor. Apa bedanya? Sebenarnya hampir sama, sama-sama berbahan dasar ketupat, bihun, touge, dan daun kemangi, ditambah tahu kuning dan telur rebus, semuanya disiram dengan kuah santan kuning. Nah bedanya, di Laksa Betawi kita akan menemukan udang rebon sebagai salah satu "bumbu" pada kuahnya, sedangkan Laksa Bogor justru menggunakan oncom. Perbedaan inilah yang tentunya akan memberikan cita rasa yang berbeda juga. Selain itu kuah Laksa Bogor juga cenderung lebih "kasar" karena parutan kelapa yang tampak disertakan dalam kuahnya plus taburan parutan kerapa sangray alias serundeng di atasnya.
Spoilerfor 11. Bakmie Jawa:
Bakmi Jawa atau Mi Jawa adalah bakmi rebus (bahasa Jawa: bakmi godhog) yang dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa. Mi dimasak di atas tungku tanah liat (anglo) dan api arang. Meskipun banyak pembeli yang memesan, juru masak tidak memasak semua pesanan dalam satu wajan besar, melainkan bahan dan bumbu diracik satu per satu. Pesanan dimasak satu porsi demi satu porsi di dalam wajan kecil. Ciri khas lainnya bakmi Jawa adalah penambahan suwiran daging ayam kampung dan telur bebek ke dalam masakan.
Spoilerfor 12. Mie Tek-tek:
Kalo mie yang satu ini emang gampang banget ditemuin gan, malahan hampir tiap malam lewat didepan rumah ane Agan dan aganwati pasti sering banget kan makan mie yang satu ini.
Quote:Kalo abis makan mie enaknya sih minum cendol nih. Mungkin ada agan dan aganwati yang udah ISO dan dermawan mau menyumbangkan cendolnya atau mungkin yang belum ISO ingin menyumbangkan . Semuanya ane terima kok gan

Jika thread ane kurang rapi, harap dimaklumin aja ya gan, ane kan masih newbie dan kalau ada kata-kata atau hal lainnya yang tidak berkenan dihati agan dan aganwati, ane mohon maap ya gan, jangan timpuk ane pake

sumber : hasil pemikiran sendiri + hasil search digoogle

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/526fbe8540cb176c1b00000a

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger