Home » » Rahasia Sukses Udah Biasa, Ini Dia Rahasia Kegagalan!

Rahasia Sukses Udah Biasa, Ini Dia Rahasia Kegagalan!

Rahasia sukses? Beuh, udah terlalu mainstream…udah tau Rahasia Gagal? Tau apa rahasia besar di balik kegagalan? Bener mau tau? Then, bekicrot…

Apa itu gagal? Gimana kalau Anda gagal? Apa yang harus dilakukan? Pertanyaan simple yang Anda sendiri belum tentu bisa menjawabnya…
Ini adalah sebuah kisah nyata tentang saya…dan sahabat baik saya, yaitu kegagalan!



Memang ini bukan acara awarding night, tapi pertama2 kita ingin mengucapkan terima kasih…boleh, kan?


Spoilerfor thanx to:
Makasih Tuhan…ujian-Mu membuat kita banyak belajar,
Makasih Edison, Lincoln, Wirght Bros, dan tokoh2 hebat yg pernah gagal…kita jadi punya cara pandang berbeda tentang kegagalan,
Makasih penulis buku2 self-improvement dan yg ngisi acara seminar motivasi…tanpa kalian pasti KF ga akan maju,
Makasih org2 yg dulu ngebully kita dan karya kita, penerbit yg nolak novel kita, seller yg nipu, org yg reject proposal kita…karena bikin kita jadi lebih bijaksana,
Makasih para haters…karena bikin kita jadi makin kuat,
Makasih untuk fans…semoga ini bisa menginspirasi kalian,
Sam: “lah, emang ada yg nge-fans ma kita?”
Don: “tau tuh…adik gua aja kagak!”
Makasih kaskuser...dah repot2 baca trit ini.




Testimoni agan2 yg dah baca trit ini:
Spoilerfor testimoni:
Quote:Original Posted By CG123 â–º
mantab gan nginspirasi bener(y)

Quote:Original Posted By u1cool â–º
videonya lebay

lanjut gan
semoga sukses selalu

Quote:Original Posted By RFN21 â–º
menginspirasi bgt gan
emang kesuksesan itu butuh proses yg namanya gagal, klo gk ya kyk yg agan bilang, sukses semu tp kegagalan abadi

Quote:Original Posted By jamilagrosir â–º
ane dah baca mpe selese nih gan. terpukaunbangetdehhhhhhhhhhh ..
ngepas banget disaat ane mu ujian dan udah 4x ujian nilai ane jelek terus.. dan ipk semakin mbrosot :'(

hampir putus asa, skrg akhirnya sadar ane gagal di ujian belom apa apa gan.. hhe semoga sukses gan!!

tetap semangaat gan!
salam frenzy

Quote:Original Posted By LUCIFERRIAN â–º
Inspirasional banget bro.. calon orang sukses nih penulisnya..

Quote:Original Posted By blueoreo â–º
matabelo wow salut buat agan
ane jg prnh mengalami yg nmanya kegagalan dan bhkn nganggap tiu adlah kegagalan trbesar dlm hidup ane. 2 hal besar yg gagal ane pertahanin. tp alhamdulillah kehidupan ane skrg lebi baek dan mindset ane lbi terbentuk y karna sbuah kegagalan itu. yg plg penting adalah kita g bole trlarut dlm kegagalan. dekatkan dirimu dengan Tuhanmu, insyaallah km akan mendapatkan ketenangan.
goodluck n success slalu buat agan

Quote:Original Posted By mozazquiras â–º
bener2 bermanfaat banget thread nya gan

Quote:Original Posted By taukopakam â–º
Wkwk ane ngakak + salut bc kisah ente
Yaps seperti iklan rinso "Berani kotor itu baik" sm dgn "Berani gagal itu hebat"
Ane doain jd HaTe dah

Quote:Original Posted By r4n_5k1 â–º
sangat sangat super ceritanya gan. ane jadi terinspirasi tuk bangkit lagi. wajib HT nih mah. hidup KF!

Quote:Original Posted By FuckAbabil â–º
We're the choosen
Ini yg bikin ane gk pernah berpikir kalo sebenernya kata2 itu lah yg ane butuhkan untuk merubah mindset ane yg egoisnya udah kesumat..kalo gagal selalu salahin keadan kalo gk Tuhan..untung ane baca thread ini akhirnya ane bisa sadar kalo ane yg penuh salah dan ane makhluk terpilih ..dari sekarang ane siap gagal..semangat gagal.. Thank's a lot gan

Quote:Original Posted By baibai21 â–º
Pertama ane kira ini trit ece-ece
Setelah ane baca ampe beres,pas kalimat akhir kaga tau kenapa mata ane berkaca-kaca

pas beres baca ane ngerasa jadi bocah gan,ane terlalu cengeng gan, akhirnya ane sadar ane gampang nyerah gan,

jual pulsa gagal(rugi dikit) aja ane udah nyerah,apa lagi ampe nyoba yg lain-lain ,baru mikirin pengen buat usaha aja udah nyerah ane gan,gimana kalo ane ampe gagal ribuan kali kaya thomas alpha edison

untung ane udah baca trit ente,pikiran ane jadi kebuka lebar gan,ane jadi mikirin kegagalan adalah pembelajaran,dulu kalo gagal ane pasti mikirinya nyerah terus gan

trit ini ane nyatakan layak HT,
ane udah saved page gan,buat pembelajaran ane tentang kegagalan ,sorry gan kaga bisa ngasih cendol dan rate,

ane make hp butut,kompi ane rusak

The more you fail the more successful you’re gone be

“Jika kau gagal, kau hanya punya 2 pilihan…jadi lebih kuat dari sebelumnya, atau jadi lebih lemah dari sebelumnya…”

kegagalan adalah sukses yang tertunda


Dan masi banyak lagi...tepi berhubung jatah huruf dah abis , ya udah deh segitu aja...

Eh, ad jg yg nyendolin!





Ini kisah panjang banget, yg males baca, boleh liat videonya aja, yg males waffering, langsung aj komeng lah:
Spoilerfor KF History:





Chapter I: The Birth of Destiny

Spoilerfor chapter 1:

Teeeet…teeeet…
Bunyi bel sekolah menandakan waktu pulang berbunyi keras, mata para murid yang separuh tertutup seperti abis dugem semalam suntuk pun kembali terbelalak lebar seperti baru lihat foto para member AKB48 pake bikini . Ya, saat itu saya adalah seorang pelajar SMP, meski muka saya lebih mirip mahasiswa tingkat akhir. Satu persatu teman2 sekelas bergegas keluar penuh tawa riang karena memang momen inilah yang paling ditunggu seluruh murid di belahan dunia mana pun.

Masih sibuk memasukkan buku dan alat tulis ke dalam tas yang sudah ‘the kill’, terlihat beberapa baris di belakang bangkuku, satu orang murid laki2 berwajah mirip Tetsu of L’Arc~en~Ciel (ngakunya sih gitu), bertubuh kurus dan kulit sawo kematengan yang masih asik duduk santai di bangkunya sambil terus bergulat dengan kertas dan pensilnya. Ngapain tuh anak? Ngerjain PR? Mustahil di SMP ini ada murid serajin itu! Rasa penasaran yang menyeruak dalam pikiran membawaku melangkah menghampiri murid aneh itu…sebenarnya sih saya yg lebih aneh.

“Ngapain, sih?” Tanya saya agak dingin.
“Biasa, lagi gambar,” jawab singkat murid bernama Sam (bukan nama sebenarnya) tanpa sedikit pun matanya berpaling dari kertas gambarnya.
“Oh, lu suka ngegambar?” Sekelebat mata saya melihat sebuah judul komik yang ada di samping kertas Sam, “eh, lu suka ‘One Piece’?”
“Iya…lu, Don?”
-------------
Oh ya, belum ngenalin diri. Perkenalkan, saya Don (nama disamarkan), waktu itu umur saya 14 tahun, murid SMP kelas 3 yang lumayan bandel dan ga begitu berprestasi (ga berprestasi kok bangga?). Kata tante saya, saya ganteng, I dunno this was real or just my fantasy. Pasti Anda semua bertanya, “lu siapa? Orang penting?” Ya, saya siapa mungkin ga penting…tapi semoga kisah saya ini bisa berkhasiat bagi Anda…(obat kali berkhasiat)
---------------
“Eh, gua mah maniak ‘One Piece’ kali!”
Sadar punya kesamaan interest, kita berdua yang sebelumnya saling bersikap dingin bagai Messi dan Ronaldo kalau ketemu di ondangan, sekejap berubah bagai dua gadis muda yang baru ketemu setelah 10 tahun tak jumpa. Dan kita pun mulai suka ngobrolin soal anime, manga, J-Pop culture, sampai akhirnya…

“Eh, lu kan suka ngegambar, gua suka nulis cerita fantasy, loh,” entah dari mana ide ini hinggap dalam pikiranku, “gimana kalau kita bikin komik? Lu yg gambar, ceritanya dari gua.”
“Ok, boleh juga tuh!” Sam mengangguk yakin, disertai senyum optimis.
Dan mulai dari sinilah takdir kita dipertaruhkan.





Chapter II: Little Step of a Hobbit

Spoilerfor chapter 2:
Minggu, 23 Januari 2005…

Bangun tidur, saya pun hendak pergi ke sekolah, tapi saya pun menyadari bahwa sekolah mah hari Minggu di mana2 libur atuh…saya ajak Sam dan 4 teman sekelas yang lain gathering (kumpul) di rumah saya. Usai nangkringin Doraemon yang dari dulu jam 8 mulu, semuanya pun berkumpul lengkap.
“Ok, teman2! Kita bikin komik, yuk!”
Ga banyak protes, sepertinya yang lain ok ok aja…
“Btw, nama tim kita apa?” Tanya seorang teman kita yang menolak untuk disebutkan namanya.
Awalnya kita mau kasih nama The Ganteng-Only Group, tapi karena sadar nama ini tak sesuai kenyataan, kita pun menamai Tim kita, Krizpy Frenzy (KF), dengan saya sebagai kaptennya.



Setiap hari Minggu pagi hingga sore, kita berenam mengerjakan komik ini. Di saat teman2 yang lain masih terlelap dalam di dunia mimpi, kita udah bangun untuk mengejar mimpi. Di saat teman2 yang lain hang out di mall sampai kaki kram, kita harus melototin kertas dan menggerakan pensil hingga mata dan tangan kita kram. 1 bulan…2 bulan…3 bulan, komik tak kunjung usai.
“Eh, komik kita dah sampai mana nih?”
“Udah sampai niat…”

Akhirnya, 6 bulan setelah KF terbentuk, sebuah komik pun (setengah) jadi!
“YEAH!!! Akhirnya selesai!” Bagai baru mencetak gol kemenangan di final Liga Champions, kita berenam sumringah atas selesainya komik pertama kita.
Eitz, jangan senang dulu…saat hari sekolah tiba (waktu itu kita dah SMA, pisah2), kita coba memamerkan hasil karya dan kerja keras kita ke teman2 sekelas. Apa kata mereka?
“Jelek banget!!!”
“Aneh nih komik!!!”
“Ga akan laku!!!”


Tenaga, pikiran, waktu, keringat, darah, dan air mata yang kita curahkan selama 6 bulan hanya jadi bully dan olok2an orang lain selama 6 menit…ibaratkan lu masak fettucinne alfredo, dengan keju parmiggiano-reggiano dan parmesan yg gurih, dilumuri saus krim yang khas, tak lupa daun parsley dipotong kecil2 sebagai garnishnya, ditambah potongan kecil roti baguette yg garing dan renyah, mmm yummy…akan tetapi, hasil masakanmu itu dibanting, diinjak2, dan diludahi oleh orang2…apa perasaanmu?

Hari Minggu berikutnya datang, seperti biasa, kita gathering…beda dengan atmosfer biasanya yang dipenuhi canda tawa bagai nonton acara lawak, gathering kali ini lebih banyak diam seperti lagi ziarah di kuburan, wajah kita pun makin kusut dan abstrak aja.
“Emang komik kita jelek, sih.”
“Iya, gua juga dah ga mood ngegambar lagi.”
Makin dilihat komik itu, makin kita ingin merobeknya, membakarnya, dan berteriak keras melepas kekesalan dalam hati. Semua crew lagi galau karena komik, puluhan lembar kertas hasil jerih payah kita pun kita lempar begitu saja ke dalam tempat sampah dan biarkan menjadi sejarah.
“Bikin komik emang susah,” saya coba meng-up-kan para crew, “bikin novel lebih gampang, pasti bisa!”
Teringat pepatah Jepang kuno, “kalau kau jatuh 7 kali, bangkitlah 8 kali,” usaha pun kita mulai lagi dari nol.



Chapter III: Path of Warriors

Spoilerfor chapter 3:
Dimulai dari 1 kata, 1 kalimat, 1 paragraf, 1 chapter, akhirnya jadilah 1 naskah novel yang dikerjakan dalam waktu 6-7 bulan. Tanpa memamerkan lagi ke orang lain (kecuali yang kita tau bisa kasih masukan positif), kita coba kirim naskah itu ke penerbit. 1 bulan berlalu tanpa kabar, 2 bulan masih tanpa kabar, 3 bulan masih nihil, dan 4 bulan kemudian…pluk! Sepucuk surat dari sebuah penerbit besar di Indonesia pun berlabuh di rumah saya. Jantung berdegup kencang, sekencang motor Valentino Rossi, tangan bergetar kuat, bagai getaran cinta pertama dalam dada, rasa ragu apa naskah novel ini diterima atau ditolak terus berperang dalam pikiran…tak berlama2, aku pun memberanikan diri membuka surat itu, dan…JRENG! JRENG!

“Maaf, naskah Anda tak bisa kami terbitkan…” Itulah inti suratnya. Beuh, rasanya bagai ketiban atlet sumo…manuscript setebal 402 halaman kertas A4, font Times New Roman 12 pt, dengan spasi 1.5 itu ditolak mentah2 oleh penerbit. Sempat mau surrender, tapi sayang juga sih, udah capek-capek, banyak korbanin tenaga dan waktu, akhirnya kita coba ke penerbit lain. 3-6 bulan kemudian, datanglah surat dari penerbit yang isinya…ditolak lagi! Beberapa kali, masih ditolak lagi …oh ya, selama masa ini, kita juga ngisi waktu senggang dengan bikin video art (bukan video mesum, loh! Males jg kali video mesum isinya cowo semua), dan cosplay…cosplayer Bandung era 2005-2008 pasti kenal kita deh…ok bagian ini ga penting, lanjut ke cerita berikutnya…

Ga kerasa, bentar lagi kita kelas 3 SMA (ga nyangka bisa kesampean), manuscript novel kita yg statusnya bagai pepatah “mati segan hidup tak mau” perlahan memudar dari pikiran…lulus UN dan masuk kuliah, itulah fokus pikiran kita.
“Saya mau fokus sekolah.”
“Waktu saya di KF banyak terbuang, padahal kalau di rumah saya bisa menggunakan waktu dengan lebih bermanfaat, misalnya main game dan tidur.”
Ironis, di tengah2 kegagalan, dua crew KF memutuskan hengkang dan memilih jalan hidupnya sendiri. Kehilangan anggota bagi sebuah tim adalah hal biasa, asal jangan kehilangan impian dan harapan aja.

Demi UN dan ujian masuk universitas yg waktu itu namanya Senampaten, gathering Minggu pun lebih banyak digunakan untuk belajar, niatnya mah gitu…kenyataannya mah kalau lagi kumpul malah pada maen. Tapi ga masalah, karena akhirnya semua lulus UN! Saya sendiri beruntung karena sudah diterima di salah satu universitas negeri di Jakarta.

Suatu hari di pertengahan 2008…
“Gua kuliah di Jakarta nih,” ucapku di hari gathering terakhir sebelum saya berangkat ke Jakarta beberapa hari kemudian, “kalian yang masih di Bandung, tolong urus KF, saya serahkan jabatan kapten pada Sam. Thanks a lot for your effort so far…maaf selama ini saya merepotkan kalian…”
Saya tundukkan kepala pada para crew sebagai tanda terima kasih dan permohonan maaf, ketiga crew hanya mengangguk tanpa ada 1 kata pun. Dan saat hari telah senja, saya bersalaman dan ucapkan salam perpisahan dengan para sahabat yang sudah lebih dari 3 tahun bekerja sama dan berbagi suka duka selama di KF ini. Memang selama waktu itu, pencapaian kita nol, dan kegagalan selalu jadi bayangan yang terus mengikuti kita, tapi sejujurnya kita sangat enjoy dan belajar banyak dari perjuangan 3 tahun itu.

Malamnya di hari yang sama, saya menyiapkan semua barang yang akan dibawa ke kosan di Jakarta, eh, ujug2…TET TUT TET, HP-ku berbunyi tanda SMS masuk…
“Don, gua besok harus pergi ke luar Jawa, ada urusan kerjaan…” SMS dari Sam yg tiba2 dapat pekerjaan di luar pulau Jawa menyerahkan jabatan kapten pada salah seorang crew KF. Bagi saya bukan masalah, orang saya dah bukan kapten lagi kok.

Besok paginya…bukan, tapi subuhnya, sang fajar baru saja terlihat ujungnya di horizon, crew KF yg baru kemaren malem menjabat sebagai kapten datang ke rumah saya tanpa diundang…
“Don, saya keterima kuliah di Jawa Tengah, jadi saya ga akan di Bandung lagi,” ucap singkatnya, setelah itu ia langsung kembali pulang untuk bersiap2 angkat kaki dari kota yang berjuluk Paris van Java ini dan menyerahkan ban kapten padaku.
Berhubung 1 crew lagi menolak untuk jadi kapten, akhirnya title Captain pun balik lagi ke saya kurang dari 24 jam setelah saya mencopotnya…ya elah masa’ gua harus jadi kapten seumur hidup?!?



Chapter IV: The Void Memories

Spoilerfor chapter 4:

Hari itu pun tiba…tanggal 8, bulan 8, tahun 2008…
Pertama kalinya saya jadi anak kost…tanggal cantik itu, meski tak secantik Dakota Fanning, bertepatan dengan Olimpiade Beijing 2008…ya acara inilah yang jadi teman sekamar saya selama awal2 ngekost, selain kecoa dan nyamuk…fokus kuliah, KF pun tak ada kegiatan apa2. Ini adalah masa vacuum KF.

Pada awalnya saya enjoy menjalani hidup di dunia perkuliahan, tapi…lebih dari satu semester, muncul satu ganjalan dalam hati yang bikin saya ga nyaman kuliah, ini bukan jalan gua! Dipaksakan juga, rasa ga nyaman dan penolakan malah makin menjadi-jadi seperti kanker yang terus menyebar dan mengganas. Dua semester dijalani, saya memutuskan graduate dari universitas dan kembali ke Bandung.

Ga tau kebetulan, ga tau takdir, ga tau kutukan, Sam juga udah selesai dengan kerjaannya dan pulang ke Bandung.
“Woi, Sam…”
“Ada apa, Frodo?”
“Jiah, mentang2 nama lu sama kayak yg di Lord of The Ring…Sam, dah lama kita ga berjuang bareng,” pertama kalinya Don kembali buka gathering setelah hampir 1 tahun vacuum, “mau coba lagi?”
“Ok, sekarang apa?” Balas Sam.
“Gimana kalau bisnis?”
“No problem…”
Ajak 2 crew yang lain lagi, KF kembali jalan.

Bisnis…satu kata sederhana yang saya sendiri ga tau apa artinya, yang ada di pikiran kita bisnis berarti punya penghasilan dari menyediakan barang/jasa pada orang lain…belajar bisnis sebentar, kita menemukan bisnis yg cocok utk pemuda kere kayak kita, bisnis online. Seperti bisnis online pada umumnya, kita butuh website, domain, hosting, dll. Semua selesai, dan…zonk! Ga ada yang ngunjungin website kita, traffic-nya bagai jalanan kota Jakarta menjelang hari lebaran.

Bisnis tetap diteruskan, tapi kali ini kita mau bisnis di dunia nyata…bisnis pulsa dan MLM. Aduh, malu juga sih nyeritain bahwa kita dulu pernah bergelut di 2 bisnis ini. Tapi akan lebih malu lagi kalau kita cuman bisa diem aja meratapi kegagalan. Lagipula sukses tak mengenal gengsi. Beberapa lama kita jalani bisnis ini dengan sabar, khususnya sabar menghadapai olok2an orang…akhirnya gagal lagi! Ironisnya lagi, 2 crew kita memutuskan untuk mengundurkan diri dari KF.
“Don, gua kayaknya mau fokus kuliah deh, sorry kl gua ga bisa gathering lagi…”
“Ok, good luck on ur way, friend…”
“You too, friend…”

Dan ada satu lagi pengalaman berharga…waktu itu saya lagi butuh suatu alat untuk menunjang bisnis saya. Saya cari barang itu di internet (untuk privasi, apa barang dan siapa yang jual, ga saya sebutkan, tapi yang pasti bukan DVD JAV/hentai), dan akhirnya ketemu barang itu dengan harga murah, 2 juta (nego jd 1,8), dari harga normal 5 juta. Kayaknya nih orang nipu, dari awal saya udah bad feeling banget sama si seller. Dari gelagatnya pun saat saya kontak dia, udah tercium bau2 penipuan…tapi karena penasaran, ok saya beli!

Uang dah saya transfer, tapi barang tak kunjung datang. Saya tagih, dia berdalih. Masih di supplier lah, ketahan di jasa pengiriman paket lah, sampai akhirnya ia pun kirim SMS ini…
“Serahkan dulu uang 4 juta, baru barangnya saya kirim!”
“Za ha ha ha! Woi, penipu! Anggap aja uang 1,8 juta itu sedekah buat lu!” Balas saya.
Ya, memang betul sedekah sebesar 1,8 juta buat penipu bukan langkah yang bijak, padahal masih banyak fakir miskin yang butuh bantuan, tapi bersikap tidak ikhlas dan pukul pintu sampai bolong itu lebih ga bijak lagi, kan. It’s ok, dari pengalaman ini saya belajar…terima kasih Tuhan, karena pengalaman ditipu ini saya belajar…lain kali saya ga akan ketipu lagi, tapi saya yang nipu. (ya ga gitu juga kali!)

Kalau dihitung2 sih, total kerugian untuk semua bisnis lebih dari 5,2 juta rupiah. Untuk ukuran bisnis sih, ini bukan angka yang besar, tapi untuk ukuran cowo kere, dengan duit segitu bisa dibeliin martabak untuk sekampung. Apa mungkin bisnis juga bukan jalan kita? Pikirku.
“Masih mau bisnis lagi, Don?” Tanya Sam di sela2 gathering mingguan.
“Iya, lah!”
“Mau jual apa sekarang?”
“Jual diri…”
“Jangan, kasian yang beli!”





lanjut post #3

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/528837ab19cb17ca2d00000f

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger