Home » » Mengenal Papua, Negeri Cendrawasih dari Timur Indonesia

Mengenal Papua, Negeri Cendrawasih dari Timur Indonesia


Hallo Agan/Wati Kaskuser Indonesia
Salam Hangat KASKUSER dari ufuk timur indonesia

Quote: Negeri Bumi Cendrawasih Papua dan Papua Barat

Quote:
Perlu agan/wati ketahui bahwa di balik kekayaan akan alam dan budaya masih tersimpan banyak sekali cerita dan pengetahuan yang musti agan tau bahwa papua tidak hanya cerita dan pengetahuan tentang Rajaampat yang indah akan wisata bahari, Jayapura dengan klub sepak bola Persipura Jayapura, Wamena dengan Pegunungan salju abadi atau Mimika yang terkenal dengan perusahaan tambang emas terbesar di dunia dll, yang masih tersimpan banyak cerita yang belum agan ketahui.




Quote:Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur West New Guinea (Irian Jaya). Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini atau East New Guinea. Provinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah Papua bagian barat, namun sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi di mana bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat.

Spoilerfor pic ilustrasi peta:
Hal-hal apa saja yang unik dan menarik dari pulau di ufuk timur indonesia ini?
yang mungkin belum agan/wati ketahui dari sisi lainya :

Fakta Unik dan Menarik yang musti agan tau dari negeri bumi cendrawasih

Quote:Quote:Raja Ampat adalah Perpustakaan Laut Terbesar

Spoilerfor :
Siapa yang tidak ingin berwisata ke kepulauan Raja Ampat? Pesona eksotis negeri timur ini harusnya menjadi destinasi wisata pertama yang Anda kunjungi kala berlibur ke Papua. Terlebih Jika Anda menyukai tantangan melihat pemandangan bawah laut yang menakjubkan, Raja Ampat bisa menjadi pilihan yang menarik. Raja Ampat masuk dalam 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Pasalnya perairan ini memiliki flora dan fauna bawah air yang lengkap.

Luas kepulauan Raja Ampat adalah sekitar 4,6 juta hektar tanah dan laut. Hamparan area ini menjadi perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia.
Berdasarkan peneitian dari tim ahli Conservation International, The Nature Conservancy, dan Lembaga Oseanografi Nasional (LON) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tercatat lebih dari 540 jenis karang keras (75% dari total jenis di dunia), lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska, dan catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomatopod crustaceans hidup disini. Mereka menyimpulkan bahwa 75% spesies karang dunia berada di Raja Ampat. Ternyata Raja Ampat merupakan satu-satunya perairan yang memiliki 75 persen karang yang ada di dunia.Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia.
referensi
Quote:Quote:Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara

Spoilerfor pic:

Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, dimana luas area taman nasional ini sendiri kira-kira dua kali luas Taman Nasional Gunung Leuser. Taman Nasional Lorentz sendiri masuk empat wilayah kabupaten di Papua yaitu Merauke, Jayawijaya, Paniai, dan Fak-Fak. Taman Nasional ini menjadi barometer ekosistem untuk keanekaragaman hayati baik flora dan fauna di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik. Kealamian dan masih asrinya kawasan taman nasional ini, menghantarkan Taman Nasional Lorentz dinobatkan menjadi taman nasional warisan dunia dari PBB.

Taman Nasional Lorentz mempunyai karakteristik berbukit terjal dan tinggi. Ketinggian dari tempat ini sendiri rata-rata adalah 2000 sampai 6000 meter dpl, dan untuk daerah paling tinggi dari taman nasional ini adalah Puncak Jaya yang terkenal dengan sebutan salju abadi. Menarik untuk ditelisik bahwasannya Taman Nasional Lorentz merupakan satu-satunya taman nasional yang mempunyai fenomena gletser di kawasan tropis seperti di Indonesia. Keunikan ini menjadikan Taman Nasional Lorentz berbeda dengan taman nasional yang ada di belahan dunia manapun.

Referensi
Quote:Quote:Keindahan Alam Carstenz Pyramid
(pegunungan sudirman jayawijaya)


Spoilerfor pic:

Puncak Ini merupakan gunung dengan puncak tertinggi di indonesia, Indonesia patut berbangga dengan keunikan dan kekayaan alam serta tradisi masayarakatnya. Salah satunya adalah Carstenz Pyramid atau yang biasa disebut dengan puncak jaya, juga berada di Papua. Jika anda adalah seorang petualang sejati pasti tidak akan melewatkan berpetualang di puncak jaya ini, Puncak Carstensz ini merupakan puncak tertinggi di Australia dan Oceania. Mengapa tidak di Asia? Karena puncak tertinggi di Asia sudah dipegang oleh Gunung Himalaya yang ada di perbatasan India dan Cina, Puncak Carstensz Pyramid memiliki altitude 4884 m diatas permukaan laut (16023 ft). Lokasi koordinatnya berada pada S 04°04.733 dan E 137°09.572. Carstensz Pyramid, atau disebut dengan Puncak Jaya oleh beberapa orang, dan Puncak Jaya Kesuma atau disebut hanya Jaya Kesuma oleh sebagian yang lain, terletak di sebelah barat central highland yang disebut dengan Jayawijaya dan pegunungan Sudirman. Dan satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global.

Nama Cartensz diambil dari penemunya yaitu seorang pelaut asal Belanda, John Carstensz, yang menyaksikan adanya puncak gunung yang tertutup oleh es di negara ekuator. Pada 1623 Cartenz mengabarkan adanya gunung salju di khatulistiwa namun tidak ada yang percaya dengan pernyataan nya tersebut. John Carstensz adalah orang eropa pertama yang menyaksikan puncak Cartensz dengan mata kepalanya sendiri.

referensi


Quote:Quote:Tembagapura Kota Tanpa Matahari + Kota Termegah di Tengah Hutan Belantara

Spoilerfor pic Kota tanpa matahari:

Papua terkenal dengan cuaca yang terik dan panas, tapi tidak untuk Tembagapura. Setiap hari, kota ini selalu diselimuti kabut yang menghalangi matahari dan memiliki curah hujan tinggi

Anda seolah melihat sisi lain Papua. Udara dingin akan terasa menembus kulit. Apalagi saat gerimis, Anda tidak akan pernah mau melepas jaket!

Tembagapura terletak di ketinggian sekitar 2.000 meter. Jangan heran, kalau kabut pun tiba-tiba datang dan menyelimuti Tembagapura. Matahari seolah menghilang. Berbicara pun keluar asap lho!
"Ketinggian Tembagapura adalah 1.800 mdpl, pucak tertingginya ada di Grasberg yaitu sekitar 4.200 mdpl,".
Quote: Tembagapura kota termegah di tengah belantara papua
Spoilerfor pic:
Kota Tembagapura dengan luas sekitar 1.280 KM² ini dihuni sekitar 20 rubuan Jiwa yang terdiri atas warga yang bekerja di tambang Freeport Papua. Yup Jika kita lihat suasana kota ini, maka sangat kontras dengan wilayah lain yang ada di Papua bahkan kota-kota kecamatan lainnya di Indonesia. Betapa tidak tata kota Tembagapura sudah seperti tata kota di sebuah negara maju, rusun atau lebih pantas disebut apartemen bersusun indah di kota yang teretak didataran tinggi Mimika ini, suasana sejuk pegunungan di Papua sangat terasa di kota ini. Sarana dan prasarana di Kota ini cukup lengkap, mulai dari sarana pendidikan, keagamaan, rekreasi dan sarana untuk kepentingan vital penduduk lainnya.

referensi kota tanpa matahari referensi kota termegah di tengah belantara

Quote:Quote:Suku Korowai Papua Punya Rumah Pohon Paling Tinggi di Dunia

Spoilerfor pic:

Jika diluar sana ada gedung-gedung pencakar langit maka di suku Korowai Papua ini terdapat rumah pencakar langit di bumi papua
Rumah pohon mana yang paling tinggi di dunia jawabannya adalah punya nya suku Korowai di Papua. Suku Korowai adalah suku yang baru ditemukan keberadaannya sekitar 30 tahun yang lalu di pedalaman Papua, Indonesia dan berpopulasi sekitar 3000 orang. Suku terasing ini hidup di rumah yang dibangun di atas pohon yang disebut Rumah Tinggi. Beberapa rumah mereka bahkan bisa mencapai ketinggian sampai 50 meter dari permukaan tanah.

referensi

Quote:Quote:Memeliki suku dan bahasa terbanyak meskipun satu pulau

Spoilerfor pic:

Terdapat sekitar 280 atau 35% terdapat dipapua dan papua barat.ini yang telah terdata jika di riset lagi datanya bisa bertambah
Seperti diketahui, daerah Papua memiliki jumlah bahasa dan suku bangsa terbanyak di Indonesia. Menurut perhitungan Grimes (1992) di Papua terdapat 200-san bahasa daerah.

Suku Terbanyak
Menurut data Statistik BPS tahun 2000 tercatat terdapat 1068 suku di papua

referensi bahasa referensi suku terbanyak

Quote:Dan masih banyak lagi berbagai khas dan keunikan yang menarik tentang papua yang belum agan ketahui akan TS update di post kedua



sumber di ambil dari berbagai sumber
Quote:Theread ini Di Dukung Oleh :

Klik Banner untuk kunjungi markas kami

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52b98a3c148b464f7f8b45cd

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger