Home » » Kenapa Farmasi Identik Dengan Gambar Tongkat dan Ular?

Kenapa Farmasi Identik Dengan Gambar Tongkat dan Ular?










Spoiler for Rod of Aes:
ROD OF AESCULAPIUS




Spoiler for symbol:
Dunia medis dan profesinya telah digambarkan dan disimbolkan melalui sejarah dengan bermacam kombinasi dari ular atau beberapa ular dan juga caduceus, keduanya sama2 memiliki arti yg signifikan. Kata Caduceus berasal dari bahasa Yunani yg berarti “Herald’s Wand” atau “badge of office”. Sebenarnya, caduceus adalah sebuah cabang / ranting dari tanaman zaitun yg kemudian digantikan oleh sebuah tongkat yg dengan 2 ular yg melilitnya.

Spoiler for Caduceus:
CADUCEUS



Caduceus sangat kental / identik dengan Hermes, dalam legenda Yunani dia adalah seorang utusan dewa. Meskipun dia sebenarnya tidak begitu familiar dengan ilmu penyembuhan, Hermes dianggap sebagai seorang penjaga kesehatan. Dia menerima sebuah tongkat dari Apollo sebagai sebuah wujud penghargaan, kebanggan dan apresiasi kepada dirinya. Menurut Apollo, tongkat tersebut dengan 2 ular dan terdapat sayap adalah sebuah benda yg juga berfungsi untuk mendatangkan kedamaian dan menyembuhkan penyakit.

Spoiler for hermes:

r="0" alt="" />

Perlambangan medis yg terkait dengan tongkat dan ular telah diwariskan dengan sangat jelas dari mitologi Yunani yg berkaitan dengan sang penyembuh Aesculapius. Orang tua Aesculapius adalah Coronis dan Apollo, dewa yg memiliki segala pengetahuan tentang medis. Apollo meneruskan pengetauhan dan kekuatan penyembuhnya pada Centaur Chiron dan menyerahkan Aesculapius pada asuhannya.

Spoiler for penyerahan aesculapius:

Pada suatu hari, Aesculapius melihat seekor ular yg keluar dari sebuah lubang dari dalam tanah dan melilitkan dirinya pada sebuah tongkat, kemudian Aesculapius membunuh ular tersebut tetapi saat itu juga ular yg lain muncul dari dalam tanah membawa daun tanaman di mulutnya, ular itu kemudian menaruh daun tersebut diatas kepala ular yg mati dan secara ajaib ular itu hidup kembali. Ular tersebut kemudian menjadi teman Aesculapius dan selanjutnya Aesculapius menjadi pelindung kuil penyembuhan yg bermunculan di seluruh Yunani.

Spoiler for Aesculapius:




Caduceus sering disalahartikan sebagai simbol pelayanan medis atau organisasi yg bergerak di bidang medis, karena kebingungan dengan simbol medis tradisional utama yaitu tongkat Aesculapius / Rod of Aesculapius, meskipun Rod of Aesculapius hanya memiliki satu ular dan tidak pernah digambarkan dengan sayap.

Spoiler for Rod of Aesculapius:

BOWL OF HYGEIA

Spoiler for bowl of hygeia:

Bowl of Hygeia atau Mangkuk Higeia adalah sebuah simbol internasional yg secara luas sudah dikenal dalam dunia Farmasi. Lagi2 dari Yunani , dalam mitologi yunani, Hygeia adalah anak perempuan sekaligus asisten Aesculapius (terkadang dikenal dengan nama Asklepios), dewa ilmu medis dan penyembuhan. Simbol tradisional Hygeia berwujud sebuah mangkuk / cawan yg berisi ramuan medis dengan ular kebijaksanaan (Serpent Of Wisdom) atau Guardianship yg menyertainya. Ini adalah ular yg sama dengan ular yg terdapat pada Caduceus, dan tongkat Aesculapius yg merupakan simbol dari dunia medis.

Spoiler for bowl:

Profesi dalam dunia farmasi telah menggunakan bermacam simbol selama berabad abad lalu. Simbol2 ini ada dan diakui namun tidak terbatas , misalnya : mortir dan palu (mortar and pestle), tanda Rx / Prescription (pada awal penulisan resep dokter), bermacam simbol alkemi, bola dunia, palang hijau, salamander, huruf “A” untuk apothecary (Apotheke), dan simbol mangkuk hygeia. Mangkuk hygeia adalah yg paling dikenal secara luas dan akhirnya menjadi lambang resmi untuk profesi farmasi hingga saat ini.

Spoiler for bermacam simbol farmasi:









Beberapa sumber menunjukkan bahwa simbol ini sudah digunakan sebagai emblem dari St.John di abad pertama. Ini berdasarkan pada legenda bahwa sebuah trofi yg mengandung racun telah diberikan kepada apostle. Ada juga spekulasi bahwa Bowl of Hygeia telah digunakan sebaga simbol apoteker di italia pada th 1222, sejak mereka menggunakan emblem ini selama perayaan 700th dari berdirinya Universitas Padua. Akan tetapi tak ada bukti kongkrit yg ditemukan untuk mendukung klaim2 tersebut. Seperti yg kita ketahui bahwa Mangkuk Hygeia identik dengan farmasi sejak awal 1796 ketika simbul tersebut digunakan pada sebuah koin yg dicetak oleh Parisian Society of Pharmacy.

Mangkuk Hygeia berasal dari mitologi Yunani dan secara universal telah digambarkan sebagai seekor ular yg melilit dengan arah lilitan 1 arah terhadap sebuah mangkuk / cawan. Aesculapius (kadang dikenal dengan Es-Kah-Lay Pi-Ous dan kadang Asklepios) adalah dewa ilmu medis yunani. Dia adalah putra dari Apollo, yg merupakan anak dari Zeus. Zeus khawatir bahwa Aesculapius suatu saat bisa membuat semua manusia menjadi abadi akibat kekuatan penyembuhnya, kemudian dia membunuh Aesculapius dengan petirnya.

Spoiler for aesculapius:


AESCULAPIUS & PUTRINYA HYGEIA






Kuil-kuil akhirnya dibangun untuk Aesculapius dan terdapat ular2 suci yg tak beracun dan tak berbahaya ada di dalam kuil. Ular2 ini tampak mati karena mereka sudah kaku. Akan tetapi, ketika diambil dan kemudian dijatuhkan, mereka merayap pergi. Orang2 pada saat itu berpikir bahwa ular2 itu jadi hidup karena kekuatan penyembuh dari Aesculapius yg akhirnya menyebabkan mereka menjadi simbol dari ilmu medis dan penyembuhan. Hygeia, anak perempuan Aesculapius dan dewi kesehatan biasanya digambarkan dengan wujud ular yg melingkari lengan dan mangkuk di tangannya karena dia berupaya ke kuil untuk mengambil ular2 ini.

Spoiler for hygeia & aesculapius:
DEWI HYGEIA





DEWI HYGEIA YANG SEDANG MEMANGGIL ULAR-ULAR SUCI DI KUIL AESCULAPIUS




Spoiler for aesculapius temple:
KUIL AESCULAPIUS





KUIL AESCULAPIUS DI ROMA





Terlepas dari ular dan mangkuk hygeia itu sendiri, simbol ini telah menjadi simbol internasional yg dikenal dalam dunia farmasi. Saat ini, simbol mangkuk tersebut mewakili sebuah larutan obat, dan ular melambangkan penyembuhan. Penyembuhan melalui obat tepatnya, itulah mengapa farmasi menggunakan lambang Bowl of Hygeia. The American Pharmaceutical Association juga sudah menggunakan Bowl of Hygeia sebagai simbol dalam profesi bidang farmasi sejak 1964.

Spoiler for American Pharmaceutical Association:

SANCTUARY OF ASKLEPIOS DI SITUS ARKEOLOGI EPIDAURUS, YUNANI


Spoiler for Sanctuary of Asklepios:
















Terima Kasih sudah membaca trit ane gan . Kalau berkenan silahkan tinggalkan dan komengnya






Spoiler for source: SOURCE : Buku catatan pribadi TS sewaktu di kampus
PICTURE : Google.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52e8f01c118b4604138b45e3

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger