Home » » Pantangan-Pantangan yang Harus Ditaati Saat Naik Gunung

Pantangan-Pantangan yang Harus Ditaati Saat Naik Gunung

Buat Agan dan Aganwati yang udah sering naek gunung pasti tau pantangan umum di bawah ini kan... (tolong ditambahin ya gan biar bisa bermanfaat buat yang lain biar gak kualat ntar di atas puncak sana)

Spoiler for thread sebelumnya:
1. Dilarang Meninggalkan Sesuatu Kecuali Jejak, apalagi sampah.. bawa sampahnya kalo perlu sampe rumah terus buang di tong sampah depan rumah.

2. Dilarang Memburu Sesuatu Kecuali Waktu, kecuali kalo agan emang lagi tersesat dan butuh makanan, tapi harus liat-liat apa yang diburu.. jangan malah jadi-jadian penghuni sono ikut di makan juga...

3. Dilarang Mengambil Sesuatu Kecuali Gambar, ada malah yang iseng ngambil batu terus pas sampe di rumah di datengin sama Nyai-nyai penghuni sono minta dibalikin tuh batu ke posisi semula kalo gak mau di ganggu.

4. Dilarang Sombong (Sesumbar Dalam Bicara).

5. Dilarang Mengeluh Dalam Perjalanan, mental kita harus kuat coy... banyak kejadian pendaki yang pada ngeluh malah gak selamat di jalan...

6. Dilarang Berbuat Mesum, sebenarnya dimana aja juga gak boleh berbuat mesum gan, tapi kalo naek gunung masih nekat juga berbuat mesem... Wah..wah... siap-siap disamperin sama penghuni sono dah.. Ibarat kata kita bertamu ke daerah orang ya harus sopan donk... penghuni daerah sono juga gak suka kediamannya buat tempat mesum..

7. Usahakan jumlah pendakian berjumlah genap, jangan ganjil ntar kalo ganjil bisa-bisa ada yang nambahin jadi genap atau gak hilang satu sehingga jadi genap (mitosnya gitu)

8. Untuk pendaki cewek usahakan sedang tidak dalam keadaan haid (kalo cowok mah bebas mau haid mo kayak he..he..). Selain ntar tuh cewek bisa kecapekan biasanya kalo sedang dalam keadaan tidak suci bisa jadi sarang penghuni daerah sono buat masuk ke tubuh cewek itu. Makanya biasakan untuk berwudhu (buat yang muslim) sebelum naek.

9. Dilarang menyebut nama tokoh pewayangan, misalnya di Gunung Gede biasanya pendaki menggunakan istilah SK buat nyebut alun-alun Surya Kencana sebab Raden Surya Kencana adalah tokoh pewayangan dan juga konon anaknya dari Prabu Siliwangi

10. Dilarang bersiul sebab menurut islam bersiul berarti mengundang setan untuk datang selain suara seruling yang mendayu (he..he.. kayak dangdutan)

11. jangan ada tujuan lain naik gunung selain untuk mengagumi ciptaan Tuhan...... (Dari agan Jackpale)


Atas arahan sohib-sohib ane menjadi gini:

Spoiler for Yang umumnya harus diperhatikan pada saat mendaki gunung:
1. Awali dan akhiri segala kegiatan pendakian dengan doa untuk memohon keselamatan pada Sang Maha Melindungi
2. Dilarang keras berbuat mesum atau tidak senonoh kalo gak mau kualat, kualatnya bisa aja pas lagi pendakian atau pas di akhirat nanti..
3. Jangan meninggalkan sampah di sepanjang perjalanan, ada baiknya agan atau aganwati pada nyiapin plastik kresek buat mungutin sampah, gak usah milih-milih sampah kita atau bukan. Pokoknya kalo ada sampah ambil aja dah... Tapi kalo sampah masyarakat butuh plastik yang gedean..
4. Diharapkan tidak mengambil apapun benda-benda yang ada di gunung, terutama tanaman-tanaman setempat. Misal, ada mungkin di beberapa daerah gunung yang ditumbuhi pohon abadi edelwies, maka akan bijaknya kalo kita tetap membiarkannya tetap tumbuh di sana. Ada sebagian orang yang melakukan pendakian yang sengaja memetiknya untuk oleh-oleh buat si doi sebagai bukti keangkuhannya sudah menaklukan gunung itu (mungkin orang yang seperti ini belum bisa disebut pecinta alam kali ya )
5. Hormati dan hargai budaya setempat, ingat.. kita mendaki itu juga berarti bertamu ke tempat orang. Jangan berbuat bodoh dengan menghina budaya setempat.
6. Saling menyapa dengan penduduk setempat dan sesama pendaki lain ketika bertemu... (nyambung silaturahmi.. Siapa tau ketemu jodoh di sana buat yang masih jomblo... )
7. Jangan ada tujuan lain naik gunung selain untuk mengagumi ciptaan Tuhan...... (Dari agan Jackpale)
8. Jangan ngelamun.. bisa-bisa gak liat jalan ntar malah masuk jurang...
9. Nikmatilah sepanjang perjalanan, mau senang, mau capek enjoy aja gan..
10. Pantangan buat pendaki memakai baju warna hijau loreng, ataupun warna gelap... reasonable... karena kalo tersesat ataupun hilang susah buat carinya... (Dari agan damideed)
11. Dalam segi packing, letakkan barang-barang yang sangat diperlukan pada posisi yang mudah dijangkau, misalnya untuk minum-minuman...
12. Dilarang Merusak Alam (Dari agan golden13snitch)
13. Jika ada masalah dalam pendakian, ane pernah diajarin dengan konsep STOP, Stop, Thinking, Observasi dan Planning...
14. Jangan bawa telur, tadinya ini mitos dari aganwati erlisa namun ternyata ada penjelasan logisnya bahwa kita dalam mendaki tidak membawa makanan yang berbau menyengat agar tidak mengundang hewan buas yang penciumannya tajam. Penjelasan lebih lanjut bisa di lihat di Page 3 oleh agan idos.
15. Kalo lagi kepepet pengen buang air, jangan buang di jalur jalan (dari agan herocm19). Lebih bagus kalo gali lubang dulu terus pendem deh tuh hajat sama tanah... kayak kucing gitu... biar gak jadi ranjau darat... .





Spoiler for mitos (boleh percaya boleh enggak), tapi kalau tau alasan logisnya bisa si share ke kita-kita:
1. Ada yang bilang kalo pendakian harus berjumlah genap
2. Ada yang bilang kalo cewek yang sedang haid usahakan tidak ikut mendaki dulu
3. Ada yang bilang kalo jangan menyebut nama tokoh pewayangan
4. Ada yang bilang kalo jangan bersiul sebab mengundang si "Empunya" gunung..
5. Ada yang bilang untuk daerah-daerah gunung tertentu dilarang memakai warna-warna tertentu, misal yang pernah ane denger buat daerah lawu dilarang pakai baju ijo,dll
6. Ada yang bilang untuk daerah gunung agung gak boleh bawa daging sapi dan yang mens terus di gunung batur harus bawa selendang.. (info dari agan bling blingo)
7. Ada yang bilang kalo di daerah gunung lawu jangan berjalan 3 orang karena seperti gotong mayat, biar selamat disuruh bawa sebatang pohon selama perjalanan (info dari agan Lansekap)
8. Ada yang bilang kalo di daerah Merbabu jangan menggunakan pakaian berwarna merah karena di anggap menantang si Empunya gunung (Info dari Aganwati Penggemarkeju dan damideed)
9. Ada yang bilang kalo di daerah Gunung Lawu jangan ganggu dan ikuti burung jalak di sana sebab bisa nyasar (info dari agan hello-ponk)

untuk alasan tentang mitos ini ane belum tau ilmunya asal usulnya.. Maaf neh bukannya gak mau tanggung jawab untuk mitos ini, insya allas kalo ane tau ntar ane sharing lagi. Buat agan dan aganwati kalo gak percaya juga gak dosa kok... namanya juga mitos. Intinya serahkan semuanya sama Sang Maha Berkehendak....


Spoiler for Penjelasan mitos di atas:
1. Penjelasan dari aganwati penggemarkeju tentang masalah haid :
Kalo rasionalnya, pas haid kan cwe biasanya jadi lebih sensi dan jadi rada gampang capek. Mau dicari alasan logisnya..ya biar ga nyusahin temen kali ya..
Kalo dirasa kuat dan ga sensian, kenapa mesti takut?!


Oia, ane lupa.. kalo emang berguna minta donk (he..he..). Tapi kalo ane ada yang salah minta maafnya ya, jangan di kasih , Ane orang baek-baek kok...

Buat Sohib ane yang udah silaturahmi di sini...

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004517523

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger