Home » » Agan Ini Punya Tips Merangkai Thread Bermutu dan Enak Dilihat

Agan Ini Punya Tips Merangkai Thread Bermutu dan Enak Dilihat

Quote:


Quote:Kalo ada yang tanya, loh kok judulnya begitu sih gan? Pake acara ribet-ribetan segala. Hehehe, kalo gak mau ribet ente tinggal copy aja apa yang ente mau lalu paste di Kaskus terus submit, kelar deh

Kalo ada yang tanya lagi, itu si HATABOMBA thread'nya gak ribet, layout'nya acakadut, bahasanya asal jeplak, dan belepotan. Tapi koq bisa jadi HT? Heheeee, sesekali Kaskus juga mungkin butuh Hot Thread yang seperti itu. Gak perlu konten yang berat, dengan cara dan teknik penulisan ala koran Tempo atau Kompas. Mungkin biar suasana HT agak cair dan bikin ngakak.


Quote:Note : Cara membuat thread versi ane mungkin akan berbeda dengan Kaskuser lain yang mungkin juga punya cara dan gayanya sendiri-sendiri dalam membuat thread. Jadi apa yang akan ane paparkan di sini tentunya menurut versi ane sendiri dan tidak bersifat mutlak. Yuk, sekarang kita lihat seperti apa langkah langkah membuat thread yang ribet supaya jadi Hot Thread :


Quote:1. Mikir



Koq mikir gan? Yaealah harus mikir...Kalo ente gak mikir terus ente mau bikin thread apaan? Bikin thread itu gak asal ngetik keyboard bla bla bla terus submit lalu jadi. Semua kudu dipikirin dulu, mulai dari topik dan tema apa yang mau kita buat.

Sodara sodara, agan dan aganwati dimana pun ente berada. Ternyata bikin thread itu gampang gampang mudah, atau ribet ribet susah. Hahaaaaa....Apalagi kalo thread yang mau kita buat itu ternyata sudah banyak dan bertebaran dimana mana termasuk di Kaskus sendiri...e="Malu"/>

Mau copas berita, eeeh beritanya udah banyak...Mau bikin thread ini dan itu, eeeeh ternyata udah ada yang buat. Terus kita mau buat thread apaan dong?

Naah, kondisi seperti itu memang paling umum dirasakan para kaskuser yang berniat membuat sebuah thread. Kadang kita suka bingung mau ngambil bahan darimana. kebanyakan memang hasil copasan dari website atau blog-blog lain.

Intinya kita dituntut untuk KREATIF aja, kalopun kita mau copas tulisan atau thread orang lain yang sudah ada. Sebaiknya kita edit ulang dengan kreatifitas kita sendiri (bisa dikurangi atau ditambah dengan pemikiran dan opini kita). tujuannya agar terlihat beda dan lebih menarik dari sebelumnya.

Note : Jangan lupa sertakan sumbernya juga. Dan jika informasinya berasal dari berbagai macam sumber sebaiknya dituliskan juga bahwa berita, tulisan, gambar, dll diambil dari berbagai macam sumber.

Tips : Mikirnya jangan kelamaan nanti malah gak jadi jadi thread'nya. Selama proses mikir, buat yang suka merokok dan ngopi jangan lupa disiapin juga kopi dan rokoknya ya....







Quote:2. Cari Bahan



Bahan di sini bukan bahan pakaian buat di jahit gan, maksudnya bahan tulisan dengan berbagai macam pendukungnya yang nanti akan ente buat di dalam thread.

Saat ente mau bikin thread, konsep thread ente harus jelas dulu. Maksudnya, apakah isi thread ente mau ngambil dari sumber lain (modal copas tanpa mikir) atau sumber yang berasal dari ente sendiri.

Kalo ente mau bikin thread yang bersifat tulisan yang bersumber dari ente sendiri. Berarti ente harus punya topik, cerita, dan tema tersendiri. Sebagai contoh : Misalnya ente mau membahas soal lingkungan yang kumuh di seputaran rumah ente. Berarti yang harus ente siapain yaitu :

A. Data dan informasi yang berisi situasi dan kondisi lingkungan kumuh tersebut dengan segala halnya. Bisa melalui investigasi langsung, diambil dari internet, buku, atau apa saja.

B. Gambar pendukung, ini juga penting bukan hanya sebagai hiasan tapi juga berfungsi sebagai data pendukung yang akan memperjelas tulisan ente melalui gambar tersebut.

Tips :

1. Cari dan buatlah bahan tulisan yang unik, original, anti mainstream, dan bermutu. jangan membuat thread yang sudah umum dibuat banyak orang (apalagi modal copas doang).


2. Carilah bahan thread yang tidak pasaran dan agak nyeleneh (sesuatu yang Out of the Box), misal soal ujung rel kereta api di di pulau Jawa, soal program acara tv paling norak, soal prilaku dan gaya hidup banci, atau apa aja deh. Intinya sesuatu yang gak sempat dipikirin orang...





Quote:3. Mulai Membuat Thread



Saran : Sebelumnya siapkan dan pastikan di komputer ente terdapat program atau aplikasi seperti Photoshop, Photoscape, dan aplikasi screenshoot. Fungsinya untuk mengedit gambar sesuai kebutuhan (biasanya untuk croping dan pengaturan size file).

Setelah ente mikir, lalu ente dapet inspirasi. Dan sudah mempersiapkan bahan berupa data, informasi, dan segala pendukungnya. Sekarang saatnya ente mulai membuat thread.

Nah di tahap inilah segala sesuatunya ditentukan. Mulai dari teknik penulisan, model hurup, warna hurup, dan layout secara keseluruhan. Semakin menarik konten thread ente berarti semakin enak dilihat dan asik buat dibaca.

Catatan : Tidak ada aturan resmi yang baku yang mengharuskan penempatan foto harus di simpan dalam spoiler. Semua tergantung pada kebutuhan. Jika foto foto di thread ente jumlahnya banyak dan rata rata memiliki ukuran yang relatif besar (BWK) ada baiknya menggunakan spoiler.


Tips : Bikin thread ente serapih mungkin, baik itu kerapihan tulisan maupun penempatan foto-foto. Saran ane sih gak usah terlalu lebay dan neko neko dengan menempatkan banyak emoticon/embel-embel yang justru mengurangi nilai dan konten thread itu sendiri (kesannya malah kelihatan pasaran, norak, dan kekanak kanakan).

Tambahan yang gak kalah pentingnya nih gan. Pada bagian "Membuat Thread", sebisa mungkin buatlah tampilan thread jadi menarik perhatian, tipsnya bisa dengan memperbanyak gambar atau video.





Quote:4. Review & Koreksi



Nah, setelah thread ente selesai, sebelum di release sebaiknya diperiksa dulu, Caranya? Baca ulang thread ente dari atas sampe bawah. Dan coba lihat apakah ada tulisan yang salah, kurang/kelebihan hurup (typo), atau terbalik balik.

Jangan lupa cek juga apakah sisipan foto dan video di thread ente sudah benar dan bisa terlihat. Jadi jangan asal main submit aja bray....





Quote:5. Selesai (Pantau & Jaga Diskusi)



Akhirnya selesai sudah thread yang ente buat, terus sekarang kudu ngapain lagi gan?

1. Setelah disubmit, sekarang tinggal saatnya tugas TS memantau & menjaga Diskusi. Usahakan TS mengupdate komentar kaskuser lain yang menarik untuk diletakkan dalam post #1. Jangan lupa juga untuk merespon komentar-komentar Kaskuser yang masuk sehingga diskusi jadi lebih hidup dan thread berpeluang tersundul ke atas.

2. Beri thread ente rate 5 (lima) dan kerahkan "pasukan pendukung" kalo ente punya pasukan. Tujuannya untuk bumping thread ente supaya nongol terus di list thread paling atas. ASAL JANGAN NGEJUNK YA BRAY....

3. Jika thread ente sudah memiliki page yang banyak dengan komen, rating, dan view yang luar biasa tapi masih juga belum jadi HT. Coba ente rekomendasikan thread ente di sini : REKOMENDASI HOT THREAD

4. Terus bagaimana jika semua cara dan langkah sudah dilakukan tapi masih belum juga Hot Thread? Waduuuuuuh, mungkin itu memang sudah nasib kali gan...Ane nyerah gan. Orang thread ane yang ini aja belum tentu jadi Hot Thread kok...


Quote:

Quote:HOT THREAD PADA HAKEKATNYA BUKAN TUJUAN MESKI ITU MERUPAKAN PENGHARGAAN. JADI TETAPLAH BERKARYA DENGAN MEMBUAT THREAD-THREAD YANG BERMUTU, ORIGINAL, DAN BERKELAS!


Quote:

PESEN ANE SATU LAGI.....JANGAN PERNAH NGEJUNK/NYAMPAH DI THREAD ORANG! TAU KENAPA? ENTE GAK NYADAR KALO SETIAP POSTINGAN ENTE SESUNGGUHNYA TERSIMPAN DALAM RIWAYAT DI AKUN ENTE SENDIRI (LIAT DI FORUM ACTIVITIES).

Jadi jangan sampe malu maluin lah....Heheeheee


KOMENTAR KASKUSER :

Quote:Quote:Original Posted By miniproject â–º
rasa sakitnya kalo udah mikir, cari bahan, dll tapi ga HT itu


nanceppppp gan
sedari itu ane putuskan ga mau bikin trit lagi



Quote:Original Posted By fajarrulloh â–º
wah yg cari bahan tuh gan yg agak malas ane cz koneksi ane sangat jongkok

Quote:Original Posted By funk â–º
jangan lupa berdoa om,

supaya dilancarkan semua urusannya & HT tritnya _____

Quote:Original Posted By gustovanjava â–º
terkadang kita terlallu nafsu buat bikin trhead, asal copy paste gak rapih panjang pula gak ada gambarnya bikin males baca,,,,,,

Quote:Original Posted By karina.mariin â–º
lengkap banget gan udah mirip tutorial tesis aja

tapi bener juga sih bikin trit yang bener itu gampang2 susah

Quote:Original Posted By mr master â–º
pernah coba buat trit tp jgnkan HT, sepi gan


Quote:Original Posted By chiloGG â–º
gitu doang
masa gitu doang


_____________
diatas dikasih tulisan yang guedeeeeeeeeee " TIDAK MENERIMA CURHAT " gitu
ntar pasti ada banyak koment
udah bikin tread gk hate :sorrry
udah bikin tread bagus gk hate



Quote:Original Posted By Rifqinno â–º
kalo ane, tujuan bikin trit itu buat berbagi, kalo ht itu cuma "bonus"nya


Quote:Beberapa foto dan gambar diambil dari berbagai macam sumber di internet

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/533642f75dcb174c1a0000a5

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)