Home » » Begini Caranya Dapetin Modal Usaha dari Dana CSR Perusahaan

Begini Caranya Dapetin Modal Usaha dari Dana CSR Perusahaan



Berikut ini ane mau share sedikit trik & tips buat mendapatkan bantuan modal usaha dengan memanfaatkan dana CSR (Corporation Social Responsibility) perusahaan2 BUMN dan Swasta. Setiap perusahaan BUMN seperti Pertamina, Telkom dan lainnya menyisihkan sekitar 3% dari pendapatan tahunannya buat membantu para UKM yang baru merintis usahanya dengan memberikan pinjaman bunga lunak agar para UKM bisa lebih mudah mengembangkan prospek usahanya !!!
Quote:Berbahagialah bagi agan2 yang sekarang usahanya bergerak disektor riil, karena salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan modal ini adalah mereka yang memiliki aktifitas fisik seperti; industri/manufaktur (mulai dari industri kecil seperti sablon, konveksi, sandal hingga menengah), perdagangan, ritel, pertanian, perkebunan, perternakan dan pertambakan udang (^-^), Teknologi Informasi dan lain sebagainya.

Namun bagi rekan-rekan seperti konsultan tidak bisa mengakses dana ini karena kegiatan usahanya sukar diukur.


Quote:Bagaimana strategi untuk mendapatkannya ?

Spoiler for TIPS#1: Salah satu strategi yang tepat adalah dengan cara mendatangi langsung BUMN tersebut. Hal ini dikarenakan SDM yang menangani program ini terbatas, sehingga jika tidak datang langsung maka akan kesusahan membuat janji dengan petugas yang bersangkutan. Sesampai di BUMN tersebut tanyakan saja ke bagian informasi dimana bagian atau unit kemitraan dan bina lingkungan, siapa petugasnya. Biasanya jika mereka tertarik dengan usaha yang ditawarkan mereka akan langsung memberikan proposal yang harus diisi sesuai dengan usaha yang digeluti.

Syarat untuk mendapatkan dana ini tidaklah berat, karena yang menjadi pertimbangan utama mereka untuk memberikan bantuan modal adalah adalah laporan keuangan perusahaan minimal satu tahun. Laporan keuangan ini digunakan untuk mengetahui jumlah asset, omset dan laba usaha.

Spoiler for TIPS#2 : Jangan membuat laporan keuangan yang terlalu rumit karena susah di baca. Biasanya pihak BUMN lebih suka laporan keuangan yang sederhana dan memiliki aliran kas yang bagus.

Spoiler for TIPS#3: Setelah mendapatkan bantuan modal usahakan agar pengembaliannya lancar pada tahun pertama, karena ini merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan modal yang lebih besar lagi dari BUMN tersebut.

Selain laporan keuangan, layak atau tidaknya kita menerima bantuan modal didasarkan pada 5C yaitu Capacity (kapasitas/kemampuan untuk mengangsur pinjaman), Character (kredibilitas/reputasi), Capital (Modal), Condition(Kondisi Usaha internal/eksternal termasuk jenis produk, market dll), Collateral (jaminan). Selain itu kedekatan lokasi dengan BUMN yang bersangkutan akan menjadi prioritas utama.

Spoiler for TIPS#4: Datangi sebanyak mungkin BUMN yang ada di dekat lokasi usaha kita. Setelah mendapatkan umpan balik pilihlah salah satu. (bagi-bagi donk buat yang lain)

Spoiler for TIPS#5: Jika Membutuhkan bantuan dana usaha yang besar, bisa mendatangi lembaga BUMN seperti Telkom, Pertamina, Perbankan, Asuransi, yang nota bene memiliki dana program kemitraan besar.

Spoiler for TIPS#6 BUMN: lebih memprioritaskan pada UKM kelas teri yang belum memiliki badan usaha. Untuk mengetahui apakah usaha itu benar-benar ada dan dijalankan, setiap pengajuan aplikasi harus disertai dengan surat keterangan lurah bahwa yang bersangkutan benar-benar melakukan usaha di wilayah tersebut. Untuk aplikasinya sudah disiapkan oleh BUMN.

Spoiler for TIPS#7: Tunjukkan kepada BUMN tersebut kita telah memiliki order jumlah sekian dan membutuhkan modal sejumlah sekian.

Spoiler for TIPS#8: Mimpikan cita-cita hidupmu, belajarlah untuk mewujudkan mimpimu, lakukan apa yang telah kamu pelajari dan berdoalah.

Quote:Nah.. Demikian Juragan sedikit tips dan trip buat dapatin bantuan dana kredit rendah dan tidak mencekik seperti bantuan kredit perbankan yang bunga pinjamannya suka menyulitkan kita yang masih baru merintis usaha.

Semoga hal ini bisa menjadi solusi buat agan2 yang lagi merintis usaha kecil2an tapi kesulitan mendapat tambahan modal buat ngembangin usaha juragan. Have a Nice Try & Good Luck !

Klik Banner Untuk Mampir Ke Markas Kami

JANGAN LUPA DI RATE JURAGAN

SR TAPI KASIH RATE LEBIH TERHORMAT DARI JUNKER
JUNKER PASTI DAPAT BATA

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/531d370bfdca1705538b4600

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)