Home » » Berapa Lamakah Orang Dapat Bertahan Hidup di Lautan Lepas?

Berapa Lamakah Orang Dapat Bertahan Hidup di Lautan Lepas?




Sebelumnya di rate5 dulu gan/sist

Lalu Klik Emot nya untuk cek No Repost
Quote:Hampir tiap tahun kita diberitakan dengan peristiwa kecelakaan laut misalnya kapal yang tenggelam dilaut lalu hilang hingga kecelakaan pesawat yang terjatuh bahkan yang terbaru adalah berita yang lagi hot sekarang ini yaitu Tragedi pesawat Malaysia Airline MH370 yang hilang misterius, timbul pertanyaan dalam benak ane seandainya yaah ada korban yang masih selamat di laut, berapa besar mereka bisa tetap bertahan hidup di sana?
(hanya opini )
Ataukah agan dan aganwati sendiri pernah mengalaminya sendiri?
Nah melalui trit ini ane akan membahas tentang berapa lamakah orang yang tertimpa kecelakaan laut baik kapal maupun pesawat yang jatuh kelaut itu berapa lamakah mereka bisa bertahan hidup di laut? apalagi jika berada di tengah lautan lepas yang jauh dari pulau ?

src="http://cdn.kaskus.com/images/smilies/sumbangan/kaskuslove.gif" border="0" alt="" title="Kaskus Lovers"/> Yooooiiii Mari Lanjut ke Topik Pembahasanya




Quote:

Apa yang ada dibenak agan/wati ketika melihat pic lautan dibawah ini?

bagaimana jika agan atau sista sendirian berada disana (baca laut lepas ) pasti yang timbul dalam benaknya adalah bagaimana saya bisa bertahan hidup di samudera yang luas ini, yang mana didalamnya terdapat beberapa monster laut yang ganas seperti ikan hiu, ikan paus, gurita raksasa , ular laut, hantu laut bahkan bajak laut dll

Belum lagi jika kita memikirkan apa yang mau dimakan dan diminum di lautan lepas ini? demi bertahan hidup? solusinya banyak
dalam keadaan seperti ini kita di tuntut untuk lebih kreatif dalam mengelola, pandai memodifikasi apa adanya bukan ada apanya

Agan dan Aganwati Disini Tak Perlu Khawatir Karena Kita masih Bisa tetap Selamat Dari semua Ancaman yang datang


Cerita Realita Nyata

==> Salah satu bukti realita yang terjadi adalah pada tahun 1998, ke Tom dan Eileen Lonergan yang ditinggalkan oleh kelompok menyelam mereka saat penyelaman di sekitar Great Barrier Reef (Karang Penghalang Besar), Australia. Setelah lamanya waktu berlalu, penyelidik hanya dapat menemukan jaket pelampung yang terbawa arus ke tepi pantai namun tidak ada tanda serangan hiu pada jaket tersebut. Kemungkinan tinggi adalah dehidrasi atau kelelahan sebelum tenggelam. Kisah itu diangkat ke layar lebar di tahun 2003, dengan judul " Open Water" (Klik Disini Untuk download filmnya)

==> Kisah lain dialami oleh pria berumur 62 tahun di akhir tahun 2001, terdampar di lautan lepas dengan kapalnya yang terhantam badai laut. Pria itu bernama Richard Van Pham dan ia harus bertahan hidup selama sekitar 4 tahun di kapalnya. Dengan mengumpulkan air dari air hujan, memakan ikan, dan menangkap burung laut, ia dapat bertahan hidup dan ditemukan dalam keadaan yang cukup baik.

==> Yang lebih baru terjadi ke Jose Salvador Alvarenga di akhir tahun 2012 yang terdampar di lautan lepas karena badai. Ia ditemukan di Marshall Islands dan ternyata telah 13 bulan terdampar di Samudera Pasifik.
Quote:beberapa pic dari Jose Salvador Alvarenga yang berhasil bertahan hidup dilaut
Spoiler for pic Jose Salvador Alvarenga:
Wajah waktu ditemukan dari laut masih berantakan rambut dan wajahnya

setelah dirawat jadi ganteng gan maksnya bersih wajahnya

bukti lain nih perahunya sampe karatan
Box: ini adalah kotak yang berada di tengah-tengah perahu,digunakan sebagai tempat berlindung dari matahari dan badai






Ketiga Kejadian diatas adalah sebagai contoh dari sebagian besar peristiwa orang yang bertahan hidup dilaut
Namun yang ingin kita bicarakan di sini adalah sebenarnya berapa lama sih seseorang dapat bertahan hidup di lautan?
Lalu apa saja ancaman sebenarnya yang mengancam orang tersebut?



Quote:
Quote:Quote:Kecelakaan Pesawat Terbang

Quote:Salah satu alasan mengapa seseorang bisa terdampar di lautan lepas adalah kecelakaan pesawat. Ternyata tingkat keselamatan seseorang dari kecelakaan pesawat itu sendiri sangatlah besar. Dilansir dari NTSB (National Transportation Safety Board), Amerika, mereka menemukan bahwa tingkat keselamatan tersebut sangatlah tinggi, yakni 95% orang yang mengalami kecelakaan pesawat akan dapat bertahan hidup dari kecelakaan tersebut namun itu tidak melihat apa yang terjadi sesudahnya.

Untuk dapat selamat dari kecelakaan pesawat terbang itu ternyata salah satu yang menentukan adalah pakaian dan sepatu yang dikenakan si penumpang. Sebagai contoh Anda tentu tidak dapat berlari dengan baik jika mengenakan sandal flip-flop atau sepatu high-heel. Penentu kedua adalah dimana posisi penumpag duduk, ternyata mereka yang duduk di bagian belakang pesawat memiliki kemungkinan 40% lebih tinggi untuk selamat dari kecelakaan tersebut.

Untuk dapat selamat dari kecelakaan pesawat itu, seseorang harus tetap tenang khususnya selama 90 detik pertama. Berusahalah untuk keluar dari pesawat secepat mungkin karena mereka yang panik ditemukan kesulitan melepaskan ikat pinggang keamanan mereka.

Quote:Quote:Lalu Apa saja ancaman dari terdampar di lautan lepas?

Quote: Ada banyak sekali ancaman yang dapat terjadi saat seseorang terdampar di lautan lepas. Kita tahu bahwa air laut itu asin, oleh karena itu tidaklah memungkinkan seseorang dapat bertahan hidup dengan meminum air laut. Hal itu mengarah ke dehidrasi. Ancaman lain adalah kelaparan, hipotermia karena dinginnya laut, kelelahan, terbakar matahari (heatstroke), dan serangan hiu.

Melihat ancaman-ancaman ini, sebagian besar ancaman tersebut dapat dihindari jika Anda terdampar di lautan lepas dengan kapal. Kemungkinan seseorang dapat bertahan hidup di lautan lepas menjadi jauh lebih tinggi jika ia terdampar dengan kapal, namun jika tidak maka harapan kecil yang dapat dilakukan hanyalah menemukan pulau atau diselamatkan sebelum berbagai ancaman di atas terjadi.
Quote:Quote:Berapa lama seseorang dapat bertahan hidup tanpa ada air yang dapat diminum?

Quote: Air adalah salah satu kunci terpenting dari bertahan hidup. Ketahanan seseorang jika ia tidak bisa mendapatkan air yang dapat diminum berbeda-beda tergantung dari temperatur cuaca dan keringat yang keluar. Namun pada umumnya seseorang hanya dapat bertahan selama 1 minggu tanpa ada air minum sebelum ia mengalami dehidrasi tinggi.

Untuk mendapatkan air bersih di lautan lepas, seseorang hanya dapat mengandalkan sedikit hal yakni air hujan atau darah dari burung dan kura-kura. Namun darah dari ikan tidaklah bisa diandalkan karena sangat asin, sama halnya seperti air laut berbeda halnya dari burung dan kura-kura. Meminum urine atau air seni sendiri sangat tidak dianjurkan karena itu berarti Anda meminum garam dan berbagai racun yang diproses ginjal Anda.
Quote:Quote:Berapa lama seseorang dapat bertahan hidup jika ada air namun tidak ada makanan?

Quote: Ancaman paling umum lainnya adalah kelaparan. Umumnya, seorang manusia dapat bertahan tanpa makan selama 5-6 minggu atau sekitar 45 hari sebelum ia kelaparan dan tidak lagi dapat melakukan apapun.

Pada saat seseorang terdampar dengan kapal, maka terkadang burung laut akan dapat ditemukan mendarat di kapal tersebut. Jika orang itu cukup pintar maka ia akan dapat menangkap burung tersebut, apalagi jika ia memiliki ikan. Tentunya menangkap ikan adalah hal yang sangat sulit dan kalaupun orang tersebut memiliki alat memancing, kemungkinan itu tetap kecil. Lebih baik berusaha menangkap burung atau kura-kura kecil yang berenang di samping kapal.
Quote:Quote:Apakah ada ancaman jika memakan daging mentah?

Quote:Jika terdampar di lautan lepas, memakan daging mentah bukan lagi menjadi pilihan namun keharusan untuk bertahan hidup. Tapi apakah hal itu dapat menjadi ancaman berikutnya? Untungnya kebanyakan kura-kura, burung, dan ikan cukup aman untuk dimakan tanpa dimasak. Tentunya hal itu juga tergantung atas kondisi daerah dan musim, apakah tingkat polusi di daerah tersebut tinggi atau tidak.
Quote:Quote:Berapa lamakah seseorang dapat bertahan dalam cuaca yang panas?

Quote:Hal ini berbeda-beda tergantung atas panasnya cuaca tersebut. Namun pada umumnya suhu tubuh manusia normal adalah sekitar 36,1oC-37,2oC, apabila suhu tubuh itu menyentuh 42oC maka heat stroke akan terjadi dan berakibat fatal. Jikapun hal ini tidak terjadi, cuaca panas tersebut akan membuat Anda kehilangan banyak air dan mengarah ke dehidrasi yang dapat berakibat buruk jika tidak mendapatkan asupan air selama 1 minggu.
Quote:Quote:Bagaimana jika orang tersebut terdampar hanya dekat jaket pelampung?

Quote: Jika seseorang terdampar tidak disertai dengan kapal, maka kemungkinan selamat menjadi sangat kecil. Namun tetap saja bertahan hidup harus diutamakan, hal itu dapat dilakukan dengan mencari barang-barang sekitar yang dapat dijadikan sandaran atau pegangan untuk menghemat energi. Hal kedua yang dapat dilakukan adalah mencari pulau.

Apabila kedua hal itu tidak memungkinkan, maka Anda hanya dapat mengandalkan jaket pelampung dan kemungkinan Anda diselamatkan. Dengan jaket pelampung cobalah untuk mempertahankan panas tubuh Anda dengan membentuk sebuah posisi yang dikenal dengan nama HELP (Heat Escape Lessening Posture). Yakni sebuah posisi yang melipatkan kedua kaki Anda mendekati dada Anda. Hal ini untuk mencegah hiportemia karena berada di laut.
Lalu bagaimana dengan situasi terburuk yaitu tidak berpelampung? Usahkanlah membuat tubuh Anda serelaks mungkin dan jangan bersandar pada punggung Anda karena itu membutuhkan banyak energi. Posisikan diri Anda seperti orang tenggelam dan buat semua tubuh Anda relaks termasuk kepala Anda berada di dalam air (dengan mulut tertutup tentunya). Hanya keluarkan kepala jika Anda ingin menghirup udara kembali. Lalu tunggulah regu penyelamat menyelamatkan Anda.
Terkadang jika baik Nasibnya bisa diselamatkan sama ikan duyung/lumba-lumba



Sumber : 123

Quote:







Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53312a98108b462b138b4861

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger