Home » » Masuk Sekolah Jadi Jam 9, Lebih Siang Lebih Bermanfaat?

Masuk Sekolah Jadi Jam 9, Lebih Siang Lebih Bermanfaat?

Quote:Masih hangat nih, wacana tentang kajian untuk mengubah jam masuk sekolah menjadi lebih siang, kira-kira apa alasannya dan akan seperti apa konsekuensinya?

Quote:Pemprov DKI Kaji Ubah Jam Masuk Sekolah Kurangi Kemacetan



Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sedang mengkaji peluang merubah jam masuk sekolah. Hal ini untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi pada jam-jam itu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan ada pihak yang mengusulkan jam masuk sekolah di ubah menjadi pukul 09.00 wib dari awalnya jam 06.30 wib. Perubahan jam masuk sekolah tersebut akan menyebabkan jam pulang sekolah menjadi lebih sore.

"Ada yang usul, kenapa tidak jam masuk sekolah dibuat jadi jam 9 pagi saja. Nah kita akan kaji usulan tersebut. Lalau masuk jam 9 pagi berarti pulangnya lebih sore dong. Itu yang mesti kita kaji," kata Basuki di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (26/3).

Menurutnya sudah ada kajian yang menyatakan diubahnya jam masuk sekolah menjadi pukul 09.00 pagi dilakukan untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Hanya dalam pengamatannya,pada jam itu, arus lalu lintas di Jakarta juga kerap kali sangat padat.

Berdasarkan analisa pribadinya, kemacetan lalu lintas terjadi karena banyaknya mobil pribadi yang mengantar anak sekolah. Hal itu terbukti, ketika libur sekolah, jalan-jalan Jakarta menjadi lengang dari kendaraan bermotor pribadi.

"Ini ada kajian seperti itu, biar kurangi macet. Cuma kadang-kadang jam 9 pagi lebih macet. Kalau kita analisa, ketika sekolah libur, Jakarta jadi lenggang. Karena banyak mobil yang antar anak sekolah itu yang bikin macet," ujarnya.

Permasalahan banyaknya mobil pribadi yang antar jemput peserta didik telah diatasi dengan menerapkan sistem rayonisasi sekolah. Sistem ini menerapkan peserta didik yang berada satu rayon dengan lokasi sekolah mendapatkan kuota lebih besar dibandingkan dengan peserta didik yang lokasi domisilinya diluar rayon sekolah tersebut.

Sebab, peserta didik yang sekolahnya jauh dari rumah telah menimbulkan kesulitan tersendiri bagi mereka. Termasuk anak-anak pria yang akrab disapa Ahok ini juga mengalami kesulitan dalam bangun pagi. Bahkan kadang-kadang tidam mandi berangkat sekolah agar tidam telat sampai di sekolah.

"Ini sebenarnya kita atasi dengan cara rayonisasi dulu. Tapi faktanya kan orang nggak mau. Wong anak saya saja sekolah di Tangerang Selatan. Pagi-pagi jam 06.15 atau jam 05.40 sudah harus berangkat. Kadang-kadang nggak mandi itu anak," tuturnya.

Seperti diketahui, sebelumnya jam masuk sekolah telah diubah dari jam 07.00 menjadi 06.30 sejak Januari 2009. Perubahan jam sekolah dilakukan supaya pengguna kendaraan pribadi tidak menumpuk pada waktu yang sama

Skenario perubahan jam masuk sekolah diharapkan dapat mereduksi kacetan sebesar 6-14 persen. Kemudian waktu tempu ke sekolah menjadi lebih singkat dan penggunaan baham bakar menjadi ekonomis.

Bisa jadi, kajian sekolah masuk siang itu bukannya tidak berdasar, sekedar sebagai tambahan pengetahuan saja, tentang sekolah masuk siang ini pernah ada penelitiannya lho, mari kita baca yang berikut ini,

Quote:Sekolah, Lebih Siang Lebih Bermanfaat?

Kompas.com - Sebuah penelitian terbaru di Amerika Serikat (AS) ini memberikan gambaran, betapa anak-anak sekolah membutuhkan istirahat dan tidur yang cukup guna menyerap pelajaran dengan lebih baik. Penelitian dilakukan dengan memundurkan jam masuk sekolah 30 menit lebih telat dari jadwal sekolah pada umumnya.

Penelitian kecil itu dilakukan di sebuah sekolah di Rhode Island. Pihak sekolah memundurkan jam masuk 30 menit lebih telat dari jadwal sekolah pada umumnya.

Namun, penelitian dirancang untuk melihat perubahan kebiasaan tidur serta perilaku, tidak bertujuan untuk memonitor kinerja akademis para siswa. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine pada Juli ini mengindikasikan, memundurkan jam sekolah memberikan manfaat besar bagi para siswa.

"Hasilnya menakjubkan. Kami sama sekali tak menyangka," kata Patricia Moss, dekan akademis St. George's School di Middletown Rhode Island.

Banyak tantangan

Menerapkan jam masuk sekolah lebih siang 30 menit dari jam sekolah pada umumnya membuat para siswa lebih konsentrasi terhadap pelajaran di kelas. Suasana hati siswa pun cenderung baik, selain juga dapat mengurangi kasus keterlambatan dan membuat para murid menyempatkan diri untuk sarapan sehat.

Para peneliti mengatakan, banyak alasan yang membuat pemunduran 30 menit itu dapat membuat perbedaan besar. Dikatakan para peneliti itu, remaja cenderung tengah berada dalam kondisi tidur lelap ketika mereka harus bangun untuk pergi sekolah di pagi hari. Kekurangan tidur ini dapat membuat mereka linglung, terutama yang sulit tidur sebelum pukul 11.00 malam.

Dr Judith Owens, peneliti sekaligus dokter anak di Hasbro Children's Hospital di Providence mengatakan, temuan ini adalah sesuatu yang ilmiah dan menguatkan bukti, bahwa mengubah jam masuk sekolah memberikan manfaat bagi anak remaja.

Owens bilang, adalah sebuah fakta, bahwa studi eksklusif yang hanya dilakukan di St. George's School, Middletown, ini tidak melemahkan hasil penelitian. Namun dia mengakui, akan ada banyak tantangan bagi sekolah-sekolah umum untuk menerapkan usulan ini, seperti padatnya jadwal angkutan dan kesibukan orang tua.

Kendati begitu, beberapa sekolah di Minneapolis dan West Des Moines telah menerapkan usulan ini. Dalam risetnya, para peneliti melakukan survei terhadap kebiasaan tidur pada 201 siswa SMA selama 9 minggu.

Hasil survei tersebut ternyata mengesankan. Sekolah-sekolah pun lantas membuat perubahan permanen terhadap jam masuk sekolah. Jam masuk yang biasanya pukul 08.00, dibuat mundur menjadi 08.30.

Kemudian, setiap jam pelajaran dipotong 5 hingga 10 menit. Ini dilakukan agar jam pulang sekolah tetap pada jam normal dan mencegah jam pulang lebih siang sehingga akan mengganggu aktivitas anak di luar sekolah.

Hasilnya, terdapat peningkatan laporan pada siswa yang tidur sedikitnya selama delapan jam dari 16 persen menjadi hampir 55 persen. Laporan siswa yang mengantuk di siang hari pun turun dari 49 persen menjadi 20 persen.

Laporan siswa yang kesiangan juga dilaporkan menurun hingga setengah. Para siswa juga mengaku tak lagi merasa terlalu tertekan atau kesal. Plus, kunjungan pada bagian kesehatan yang kini menurun drastis. Sementara permintaan sarapan pagi yang disiapkan bagi siswa meningkat dua kali lipat.

Moss mengatakan, siswa yang menyempatkan sarapan sehat dapat membantu konsentrasinya saat pelajaran. Penelitian mengatakan, jika sekolah masuk siang murid akan mudah konsentrasi.

Quote:Tidak cocok

Sejak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat keputusan memajukan jam masuk sekolah menjadi pukul 06.30 WIB, banyak pelajar harus bangun lebih pagi sehingga waktu tidur mereka berkurang. Dan memang, sampai saat ini belum ada studi khusus tentang dampak dimajukannya jam masuk sekolah di Jakarta.

"Tidak usah dilakukan penelitian juga memang akan begitu”, ujar pakar pendidikan Dr Anita Lie kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (8/7/2010), menanggapi hasil penelitian tersebut.

Anita mengatakan, hal tersebut dikarenakan stamina siswa telah meningkat sehingga mereka menjadi lebih konsentrasi. Di luar negeri, sekolah siang diterapkan karena mereka hanya bersekolah saat musim gugur dan semi, sedangkan pada musim panas siswa diliburkan selama dua bulan.

Menurutnya, di Indonesia pengaturan waktu seperti itu tidak cocok. Indonesia merupakan negara tropis, sehingga kelembaban udaranya tinggi dan membuat tubuh mudah letih.

“Di Indonesia masuk siang tidak cocok, sekolah cukup satu shift saja, sedangkan untuk siang hari seharusnya kegiatan ekstrakulikuler,” ujar dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Widya Mandala Surabaya ini.

Dia melanjutkan, sekolah full day pun tidak cocok diterapkan di Indonesia. Hal itu karena sekolah di Indonesia rata-rata sudah menggunakan AC, sehingga akan berdampak pada pemanasan global yang semakin parah. Apalagi, kata dia, sekarang sekolah tidak punya pilihan lain selain menggunakan AC.

"Contoh saja Singapura, yang merupakan negara maju, sekolah tidak menggunakan AC," ujar peraih gelar Doktor Bidang Kurikulum dan Pengajaran dari Baylor University, Texas, AS, ini.


Tapi, ternyata itu adalah hasil studi untuk pelajar di luar negeri, dan ada yang membantah bahwa itu tidak cocok untuk diterapkan di Indonesia.

Kita lihat bagaimana kelanjutannya. Bagaimana dengan Agan-agan di sini menyikapinya??

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5333bfa020cb179c658b45dc

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger