Home » » Tau Gak Perbedaan Dokar dan Andong?

Tau Gak Perbedaan Dokar dan Andong?

Proud to be part of

Click Image to Visit Our Home
Kami adalah Komunitas Pecinta Riddle dan Creepy Pasta
dengan Member Sista grade supercopy Terbanyak di KASKUS

Yuk Intip Koleksi Karya Kita

______________________________________________

Prologue

Pada hari minggu kuturut ayah ke kota
Naik delman istimewa kududuk di muka
Kududuk samping pak kusir yang sedang bekerja
Mengendarai kuda supaya baik jalannya

Saridjah Niung Bintang Soedibjo, 1908-1993

______________________________________________



Misi agan-aganwati, izin bikin trit lagi..
Sebenarnya udah ada yang bahas sich, ane cuma melengkapi aja..
Kali ini ane pengen bahas mengenai kenderaan tradisional yang semakin hari semakin tergusur oleh waktu, ruang dan zaman..

Yupz, sesuai judul yang ane bahas di sini dokar dan andong..

Langsung aja yak..
Sumbernya dari beritagar, wikipedia serta sumber lainnya koq..

Dokar = Andong..?
Mungkin ada sebagian kaskuser yang mengira kalo dokar dan andong adalah dua nama atau dua istilah untuk satu kenderaan yang sama. Tapi ternyata mereka merupakan dua kenderaan yang berbeda meskipun sejenis..

Agan lihat gambar di atas? Itu dokar, bukan andong. Ciri-ciri dokar antara lain rodanya dua dan besar, dari kayu, dilapisi karet bekas ban mobil. Adapun saudara dokar, misalnya sado dan delman, ada yang menggunakan roda lebih kecil: pelg mobil dengan ban. Dalam KBBI dokar adalah kereta beroda dua yg ditarik oleh seekor kuda; bendi;

Kalau andong beroda empat, dan mestinya kudanya dua tapi andong sekarang pakai satu kuda supaya hemat. Menurut KBBI andong adalah kereta kuda sewaan spt dokar atau sado beroda empat (di Yogyakarta dan Surakarta) .

______________________________________________

Asal-usul Istilah
Dokar diyakini berasal dari dari Bahasa Inggris dog car. Dogcart (atau dog-cart) adalah sebuah kendaraan berkuda ringan yang awalnya didesain untuk kegiatan berburu, dengan sebuah kotak di belakang kursi pengemudi untuk membawa seekor anjing pemburu atau lebih. Kotak tersebut dapat diubah menjadi bangku kedua. Seorang pemuda atau anak kecil yang disebut "tiger" berdiri di balkon bagian belakang kereta untuk membantu atau melayani pengendara.

Sementara Andong merupakan kenderaan tradisional khas di wilayah Yogyakarta, Solo dan juga Klaten, TS tidak menemukan kenapa dan bagaimana awal mula di sebut andong.

Secara umum kendaraan berkuda ini disebut dengan Delman. Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya, yaitu Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda.

Istilah lain yaitu Sado. Sado merupakan singkatan penduduk pribumi batavia untuk menyebut dos-à-dos. Istilah ini digunaan pihak Belanda waktu itu yang secara harfiah bahasa Perancis bermakna punggung pada punggung, yaitu sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi.

Agan pengen lebih mengetahui mengenai sejarah delman..?
Silahkan agan mengunjungi thread agan PendekarTayli

______________________________________________

Istilah Lain dari Dokar dan Andong
Kenderaan ini telah menyebar hampir seluruh pelosok Indonesia.
Berbeda dengan motor maupun mobil, kenderaan ini mempunyai nama tersendiri di masing-masing daerah, dan tentunya dengan ciri khas yang tidak sama di setiap tempat.

Beberapa istilah mengenai delman antara lain:

Pedati, Pedati merupakan sebuah kendaraan yang memiliki dua atau empat buah roda yang digunakan sebagai sarana transportasi. Pedati dapat ditarik oleh hewan seperti kuda, sapi, kambing, zebu atau dapat pula ditarik oleh manusia. Apabila ditunjukkan untuk transportasi yang lebih berat maka ditarik oleh sedikitnya dua kuda. *credit to agan mr1gram

Cidomo, ini mungkin istilah yang sering kita dengar. Cidomo berasal dari kata "cikar-dokar-mobil". Istilah ini menjadi sangat khas di wilayah pulau Lombok dan Kepulauan Gili.

Bendi menurut sumber lain istilah ini digunakan oleh penduduk di Sumatera Barat, tetapi juga nama ini digunakan untuk menyebut dokar di wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Ebro digunakan penduduk Jakarta untuk menyebut Andong. Ebro berasal dari singkatan "Eerste Bataviasche Rijtuig Onderneming" yaitu salah satu perusahaan kereta pertama di Jakarta.

Bila agan penasaran dengan bentuk dokar dimasing-masing daerah..
Silahkan agan mengunjungi thread agan gantungan1

______________________________________________

Nasib Delman saat ini
Seperti yang disebutkan TS di atas, kenderaan tradisional ini semakin tergusur oleh hadirnya perkembangan otomotif yang sangat maju. Di beberapa daerah delman, andong, dan dokar semakin terpinggirkan, hanya melayani daerah jarak pendek antar wilayah pelosok kampung bahkan di beberapa daerah telah dilarang penggunaannya.

Penggunanya juga tidak bervariasi layaknya kenderaan lain, penggunanya biasanya turis manca negara dan turis lokal walaupun minim, ibu-ibu dan mayoritas kaum manula untuk ke pasar tradisional, sebagai alat hiburan, maupun beberapa pihak yg menggunakan jasanya untuk mengangkut barang-barang tertentu. Anak ABG zaman sekarang..? Mungkin lagu di atas hanya akan ada dalam angan-angan mereka...

Masalah tarif bervariatif. Bagi delman lokal hanya sekitaran Rp. 2000 sampai Rp. 5000. Hal ini berbanding terbali apabila diperuntukan bagi para wisatawan, bisa sekitar Rp. 15.000 - Rp. 25.000 sekali jalan. Tapi semahal apapun tarif tersebut, apakah cukup untuk menutupi kebutuhan keluarga sang kusir dan juga kebutuhan sang kuda..?

Ironis memang, di saat Kerajaan Inggris sangat melestarikan Kereta Kuda sebagai kenderaan resmi kerajaan, di Indonesia tak ada lagi pejabat yang berminat dan mungkin berniat menumpang kenderaan berkuda ini. Eh iya, terkecuali saat kampanye.

______________________________________________

Segini dulu yak..
Kalo ada tambahan dari agan sekalian mengenai dokar dan andong khas daerah agan, silahkan meninggalkan jejak. Pekiwan selalu terbuka untuk anda yg memberikan komentar bermutu dan bermanfaat..

Makasih..
Rate sama cendol jangan lupa..

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5334a4ba5ccb17660d000236

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)