Home » » Apakah Lo Termasuk Para Penikmat Nasi Bungkus?

Apakah Lo Termasuk Para Penikmat Nasi Bungkus?


MOZZARTLOVE THREAD
Quote:Kami bukanlah Pasukan Nasi Bungkus (Panasbung), Kami adalah Penikmat Nasi Bungkus.
Spoiler for Nasi Bungkus:
Nasi Bungkus sebenarnya bukanlah makanan orang kecil, meski dibilang makanan merakyat.
Toh banyak nasi dengan lauk pauk mahal yang dibungkus juga. Selain itu, kalo pengen makan dirumah/dibawa pulang khan seharusnya dibungkus juga. Biasanya sih anak kost, pekerja kantor yang super sibuk, buruh pabrik, pekerja jalanan, dll.
Bagi ane, Gan, orang yang kerjanya didepan komputer….nasi bungkus adalah favorite. Apalagi yang dibungkus dengan daun pisang. Wuis mantabs dah cita rasanya.
Di Indonesia sendiri banyak koq berbagai macam nasi yang dibungkus, bahkan lebih enak kalo dibungkus daripada dimakan dalam wadah piring atau mangkok.
Ini beberapa nasi yang sering dibungkus atau bahkan memang harus dibungkus :
Spoiler for 1. Nasi Kucing atau Sego Kucing:
Makanan yang sering dijumpai diangkringan atau hik didaerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Nasi yang seukuran jatah makan kucing dengan diberi sambal dan lauk seadanya.
Sego Kucing kalo didaerah Jogja sekitarnya biasanya berisi nasi, sambel, secuil bandeng atau telur, ada juga berisi nasi dan sambel welut, atau nasi oseng.

Sedangkan didaerah Semarang lebih beragam isi Sego Kucing, seperti Nasi Pindang, Nasi Ayam, Nasi Telur, Nasi Sambal Udang, Nasi Sambal Teri, dll. Meski dalam ukuran kecil/jatah makan kucing, tapi dengan 3 bungkus aja sudah mengenyangkan.


Spoiler for 2. Nasi Jamblang atau Sego Jamblang.:
Makanan yang berasal dari Cirebon ini biasanya dibungkus dengan daun jati. Sedangkan lauk pauknya biasa dibuat prasmanan.
Menu pelengkapnya antara lain : sambal goreng, tahu sayur, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe.

Spoiler for 3. Nasi Padang.: Nasi Padang memang terkenal, Gan. Salah satu menu favorit ane bila dibungkus.
Nasi Padang yang dibungkus biasanya lebih banyak daripada kalo dimakan di rumah makannya. Cek aja di Kaskus udah banyak thread tentang Nasi Padang.
Biasanya Nasi Padang Bungkus ini berisi sayur Nangka, sambal ijo, dan lauk sesuai selera.

Spoiler for 4. Nasi Goreng.:
Nah, ane masukan nasi goreng karena banyak juga nasi goreng yang dibungkus dan dibawa pulang. Nyatanya lebih nikmat juga makan nasi goreng yang dibungkus apalagi bungkusnya dengan daun pisang.
Spoiler for 5. Nasi Bakar.: Biasanya yang namanya nasi bakar itu dibungkus dulu dengan daun pisang sebelum dibakar, makanya ane masukin aja termasuk nasi bungkus.
Nasi bakar asyiknya kalo dimakan selagi panas karena aroma daun pisangnya serasa menyatu dengan nasi dan member cita rasa tersendiri. Nasi bakar biasanya berisi nasi yang sudah dicampur teri kecil atau suwirandaging ayam

Spoiler for 6. Nasi Lemak.: Nasi khas bangsa Melayu ini kebanyakan ditemui di Malaysia, tapi didaerah Medan, Sumatera Utara dan Pekanbaru, Riau serta Kepri juga menjadi hidangan khas.
Nasi Lemak ini hamper sama dengan nasi uduk Jakarta, Nasi Liwet Solo/Jateng,
Nasi Lemak dibuat nasi dengan campuran santan. Pelengkapnya atau bisa dicampur antara lain : sambal kentang, tauco, bihun goreng, sayur labu jipang, atau wortel. Lauknya sambal telur.
Nasi Lemak ini kalo dibungkus sebagai bekal kerja, diyakini bisa member sebuah tenaga dan semangat baru.

Spoiler for 7. Nasi Perang.: Nasi Perang merupakan versi bungkus kecilnya dari Nasi Lemak atau bisa disebut Sego Kucingnya Medan. Dibungkus dengan daun pisang berisi lauk tumis teri pedas atau tumis tempe.
Spoiler for 8. Nasi Uduk.: Nasi gurih yang berasal dari Jakarta ini termasuk makanan khas untuk sarapan.
Nasi uduk terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris,abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang.
Sering dibungkus untuk bekal sarapan dikantor.

Spoiler for 9. Nasi Liwet atau Sego Liwet: Makanan khas asal Jawa Tengah, yang lebih dikenal/terkenal berasal dari daerah Solo, Jawa Tengah. Ini salah satu favorite ane juga, gan untuk sarapan.
Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).
Penduduk kota Solo biasa memakan nasi liwet setiap waktu mulai dari untuk sarapan, sampai makan malam. Nasi liwet biasa dijajakan keliling dengan bakul bambu oleh ibu-ibu yang menggendongnya tiap pagi atau dijual di warung lesehan (tanpa kursi).
Kalo malam hari didaerah Solo biasa dijumpai didaerah Solo Baru, Kartasuro, taua juga di Laweyan.

Spoiler for 10. Nasi Pundut atau Pundut Nasi.: Makanan yang berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Nasi pundut adalah nasi bersantan yang dibungkus daun pisang , dengan lauk udang goreng, tahu isi, ikan saluang goreng, orak-arik kol, dan sambel.

Spoiler for 11. Nasi Rames atau Nasi Campur atau Nasi Campursari.: Nasi campur adalah masakan khas Indonesia. Makanan ini terdiri dari nasi putih yang dihidangkan dengan bermacam-macam lauk-pauk. Lauk yang digunakan adalah sambal goreng, abon, serundeng, tahu goreng, ikan goreng, telur dan lain-lain. Tergantung dari warung atau rumah makan yang menyajikannya nasi campur dapat memiliki variasi tersendiri. Masakan ini juga sering dijual dalam bungkus kertas atau daun pisang.
Spoiler for 12. Nasi Ponggol.: Makanan khas dari Tegal, Jawa Tengah.
Nasi ponggol adalah nasi yang dibungkus daun pisang dengan lauk sambal goreng tempe. Bagi orang Tegal, nasi ponggol identik dengan menu sarapan pagi karena mereka punya kebiasaan makan nasi ponggol pada pagi hari.
Ada tiga jenis lauk, yaitu sambal goreng tempe, acar dan mi, bihun atau sayur kacang panjang atau sayur nangka.

Spoiler for 13. Nasi Krawu.: Berasal dari daerah Gresik, Jawa Timur.
Cirinya adalah nasinya yang pulen dan disajikan dengan daun pisang. Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng.

Spoiler for 14. Arem-Arem.: Ini dia makanan favorite ane yang pertama. Apapun bentuk dan isinya Arem-Arem tetap saja ane lahap, Gan. Asal yang halal dang a aneh-aneh.
Arem-arem merupakan penganan serupa lemper, yaitu nasi berisi sayuran atau sambal goreng yang dibungkus dengan daun pisang. Arem-arem populer sebagai penganan pengganti sarapan. Biasanya ukurannya dibuat lebih besar daripada lemper.
Dalam pembuatannya, isi arem-aremâ€"yang biasanya adalah sambal gorengâ€"dibuat terlebih dahulu. Selanjutnya beras dimasak setengah matang. Nasi setengah matang kemudian ditata pada permukaan rata, isi ditaruh di atas, lalu digulung dengan nasi. Selanjutnya, gulungan dibungkus daun pisang dan kemudian dikukus hingga masak. Ada variasi yang membungkus gulungan nasi dengan semacam telur dadar tipis sebelum dibungkus daun pisang.

Spoiler for 15. Nasi Jinggo.: Nasi yang berasal dari Bali, Gan. Bisa dikatakan ini nasi kucingnya Bali.
Nasi Jinggo dengan rasa ayam atau daging sapi suwir, rasanya sama nikmatnya terutama sambalnya pedas sekali. Porsi Nasi Jinggo sangat kecil dan sesuai dengan harganya hanya Rp.3000,- per porsi.

Spoiler for 16. Nasi Lonte: Sempet kaget juga, Gan, baca nie nama nasi. Makanya ane masukin juga
Dinamakan Nasi Lonte karena waktu itu memang jualannya mulai jam 11.00 malam dan yang beli memang di antaranya ada lonte-lonte (PSK). Tetapi dia tidak pernah memberi nama nasinya sebagai Nasi Lonte. Itu adalah nama yang diberikan oleh orang-orang sekitar. Setelah bertahun-tahun dan lumayan maju baru mereka mampu pindah ke tempat yang sekarang dan jam jualannya pun dimajukan jadi mulai pukul 5 sore.
Ada dua macam nasi yang dijual, yaitu nasi sayur dan nasi lemak. Kedua-duanya lauk-pauk sama. Bedanya cuma yang nasi sayur itu nasinya nasi biasa dan yang nasi lemak itu nasinya nasi uduk. Lauk pauk standardnya adalah labu siam, kacang, ikan teri, ikan gepeng (yang ukurannya 2 kali ikan teri), tauge, sedikit bakmi, sambal dan 2 iris ketimun. Setelah itu kita boleh tambah lauk ekstra seperti ayam goreng dan lain-lain.
Mau tau harganya? Satu bungkus yang nasi sayur ditambahkan ayam goreng harganya cuma Rp 10.000. Satu bungkus lagi yang nasi lemak ditambahkan rendang sapi dan telor dadar. Yang ini Rp. 12.000. Wah murah banget kan! Pantas saja yang makan di sana banyak dan tidak ada meja yang kosong. Habis rasanya Uenak! Dan rasanya unik karena berupa campuran Nasi Jawa dan Nasi Padang. Bila ingin cicipi rasanya langsung saja berkunjung ke Medan Jalan Sei Kambing! Penasaran??

Spoiler for 17. Nasi Soto Kering atau Sego Soto Garingan.: Hampir tiap hari ini jadi sarapan favorite ane, Gan. Apalagi dibungkus ama daun pisang. Kalo didaerah ane, tiap pagi ini paling diburu buat sarapan.
Sebenarnya mungkin masih banyak lagi, makanan asli Indonesia yang penyajiannya dibungkus atau lebih asyik dan enak kalo dibungkus. Mungkin Agan-Aganwati bisa menambahkannya.
Spoiler for Tambahan:
Quote:Original Posted By nol0 â–º
tiap hari ane sekolah bolos pelajaran makan nasi lengko di blackmarket(warung di luar sekolah) enak

Quote:Original Posted By JaiHaseum â–º
Nasi kuning kadang juga di bungkus
"ane doyan Nasi Padang"

tambahan agan TM7X
nasi Punel Pasuruan


Maaf, buat Agan Aganwati bila membaca thread ini jadi laper semua.
Sekian thread ane. Terima kasih.
Bila berkenan dengan ane, Gan. Menerima dan Jangan Lupa
Spoiler for Sumber: Sumber:
1. http://id.wikipedia.org
2. http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...as.Banjarmasin
3. http://regional.kompas.com/read/2010....Ponggol.Tegal
4. http://www.okefood.com/read/2011/09/10/299/501063/
5. http://www.pesonanegeri.com
6. http://forum.viva.co.id/kuliner/1265...dan-uenak.html
7. http://www.google.com

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5359370d1f0bc39b3c8b49e6

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger