Home » » Hati-Hati Terhadap Kecurangan Tarif Bus atau Angkot

Hati-Hati Terhadap Kecurangan Tarif Bus atau Angkot

Proud to be part of

Click Image to Visit Our Home





Selamat datang di Trid sederhana ane gan

Berdasar pengalaman ane yang sering jalan-jalan pake bus umum ni gan, ane mau share sedikit pengalaman kalau naik bus umum.
Karena sering terjadi pelanggaran tarif pada penumpang yang asing/bukan pelanggan bus atau angkot. Terutama apabila penumpangnya dari luar kota

Spoiler for Angkot:
Quote:[CENTER]
Quote:




Pelanggaran Tarif yang sering dilakukan kenek bus ekonomi/angkot

1. Tarif Lebih Tinggi Pada Penumpang Baru
Quote:Kenek angkot sering meminta tarif yang lebih tinggi pada penumpang yang kelihatan baru atau kelihatan newbie dalam naek bisnya. Tarif yang diminta biasanya lebih tinggi dari tari standar yang ada.
Quote:Spoiler for Pengalaman:
Ane pernah naek bis ekonomi dari Terminal A ke Kota B gan, kata temen ane bayar aja 7k. Samping ane kebetulan juga ke kota B gan, doi bayar 7k. Pas ane bayar keneknya bilang kurang 2k, ane protes donk, sama2 turun Kota B kenapa beda bayarnya? Si kenek bilang karna ane penumpang baru, samping ane komuter . Dongkol juga, tapi daripada ribut.

Spoiler for Tips:
Pura-pura udah kaya penumpang lama aja gan, bayar dengan uang pas dan ga perlu sebutin tujuannya kalo gak ditanya

2. Tidak Memberi Uang Kembalian
Quote:Kenek bus sering sengaja tidak memberi uang kembalian atau memberi uang kembalian yang lebih sedikit daripada tarif seharusnya pada penumpang yang membayar menggunakan pecahan besar
Quote:Spoiler for Pengalaman: Tiap senin ane naek bus kecil dari Kota A ke tempat kerja ane, tarif biasa 2.500 gan, pas ane bayar pakai uang 5k kembaliannya cuma 2k gan, dikit sih..tapi kalo tiap hari kan lumyan
Spoiler for Tips: Bayarlah dengan uang pas
Kalau agan gak tahu tarifnya, tanyakan pada penumpang di sekitar agan biar gak diakali kenek bus

3. Menaikkan Tarif pada Penumpang yang Terlihat Kebingungan/Dari Kota Lain
Quote:Kenek bus sering mengenakan tarif lebih tinggi pada penumpang yang terlihat dari luar kota atau penumpang yang terlihat kebingungan.
Quote:Spoiler for Pengalaman: Ane orang jawa gan, pas ane ke daerah Jawa Barat ane naek bus antar kota, keliatan banget dari dialek ane kalo ane dari luar kota, ane tahu tarifnya 40 k, karna gak ada uang pas jadi ane bayar pake uang 50k. Si kenek gak ngasih kembalian, sampe ane bilang dan minta kembalian :capades
Spoiler for Tips: Hampir sama dengan poin 1, cari tahu info soal harga bus, bayar dengan uang pas, dan jangan terlihat bingung

4. Menaikkan Harga Setinggi Langit Saat Mau Lebaran
Quote:Biasanya bus menaikkan tarif hampir 2x lipat saat akan lebaran. Memang sih butuh buat lebaran, tapi paling tidak jangan kebangetan.
Quote:Spoiler for Pengalaman: Mau lebaran ane ada keperluan di Kota A, biasanya naek bus ekonomi cuma 7k, pas mau lebaran dipalak jadi 12k, padahal jarak kota ane ke kota A cuma 30km . Akhirnya ane tawar
Spoiler for Tips: Kalau bisa tawar aja gan, bilang biasanya berapa, kalau gak mau ditawar tips ane ikhlasin aja gan


Sekilas Tentang Tarif

Quote:Tarif Angkutan Penumpang Kelas Ekonomi adalah harga jasa pada suatu trayek tertentu atas pelayanan angkutan penumpang kelas ekonomi.
Tarif Dasar adalah besaran tarif yang dinyatakan dalam nilai rupiah per penumpang kilometer.
Tarif Jarak adalah besaran tarif per trayek per satu kali jalan, untuk setiap penumpang yang merupakan hasil perkalian antara Tarif Dasar dengan Jarak
Quote:Karena kenaikan BBM tahun 2013 maka Tarif Dasar untuk wilayah I atau Sumatera, Jakarta, Bali, Nusa Tenggara, dan Bali, tarif dasar pada 2009 sebesar Rp107 per penumpang/km menjadi Rp124 per penumpang/km di 2013, untuk tarif batas atas pada 2009 senilai Rp139 per per penumpang/km menjadi Rp161 per penumpang/km. Sedangkan untuk tarif batas bawah senilai Rp86 per penumpang/km menjadi Rp99 per per penumpang/km.
Sedangkan untuk wilayah II atau Kalimantan, Sulawesi dan sekitarnya, tarif dasar pada 2009 senilai Rp119 per penumpang/km menjadi Rp138 per penumpang/km. Lalu untuk tarif batas atas pada 2009 senilai Rp154 per pnp-km menjadi Rp179 per penumpang/km
Spoiler for tarif:

Tips Umum
Quote:
1. Jika kurang tahu daerah tujuan agan, lebih baik memilih bus kelas bisnis/eksekutif yang pasti mempunyai tarif standar dan memiliki karcis sebagai tanda bukti pembayaran.
2. Jangan terlihat kebingungan.
3. Cari tahu tentang harga standar bus/angkot ekonomi apabila tak ada pilihan lain.
4. Bayar dengan uang pas.

Spoiler for Sumur: Sumur 1
KEPUTUSAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR : KM. 89 TAHUN 2002


Sekian trid ane, ane cuma share agar agan2 tidak mengalami kecurangan tarif angkutan ekonomi. Bukan berarti ane menjelek2kan angkutan ekonomi atau menyarankan untuk pakai kendaraan pribadi. Ane cuma berharap agan2 hati2



Ini Pengalaman Ane, Mana Pengalaman agan?



Terima Kasih Sudah Mampir. Semoga Bermanfaat

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52f2028ebfcb1751798b47b2

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger