Home » » Kenapa Begitu Lama Membuat Plat Nomer Kendaraan?

Kenapa Begitu Lama Membuat Plat Nomer Kendaraan?

Maaf Mimin - Momod, dan agan-agan sekalian,
Ane cuma ingin share pendapat mengenai sebuah wacana Yaitu:

Pengurusan perpanjangan STNK / Ganti plat,
dan semua yang berhubungan dengan penggantian plat nomer.




Sebagai warga negara yang baik,
membayar pajak adalah suatu kewajiban yang harus kita penuhi, dalam hal ini adalah pajak kendaraan bermotor

Dan ane salah satunya yang memang memiliki motor, dan menggunakan motor sebagai aktifitas kerja dan keseharian.

Namun alangkah kecewanya ane, ketika awal bulan kemarin mengurus perpanjangan STNK, atau ganti plat nomer di Samsat Pusat (Gatot Subroto - Jakarta), ternyata Plat nomer-nya baru jadi 6 Bulan kemudian...

"Plat nomer-nya 6 bulan baru jadi yah mas". begitu kata bapak yang mengurus di Samsat

Dengan tanda tanya besar di kepala, ane coba memperjelas maksud dari baru jadi 6 bulan

Berikut sedikit percakapan-nya:
Spoiler for Plat nomer: "Maksudnya gimana pak..? 6 bulan baru jadi...?" kata ane.

si bapak menjawab, "Iya, mas nanti 6 bulan kemudian, dateng lagi kesini, di loket ini, untuk ambil plat nomernya"..

Loh terus, ini pajak yang udah saya bayar gimana pak..? ane masih bingung.

"Ya itu blangko pajaknya sementara mas, makanya di belakangnya di cap gitu, kalo STNK-nya kan udah beres".

Ane masih kurang jelas juga (atau kurang ngeh, kenapa lama begini jadinya)

"Trus, saya 6 bulan dari sekarang, mesti balik lagi ke loket ini pak buat ngambil plat nomernya. Apa ada biaya lagi pak..?", aner bertanya putus asa.

"Iya mas, tinggal unjukin aja blangko pajak sementaranya, trus udah gak kena biaya apa-apa lagi"

Dan semua orang yang mengalami hal serupa kayak ane, pulang dengan tangan kosong tanpa membawa plat nomer yang seharusnya memang untuk mengganti plat nomer lama karena udah "Expired".

Ini negara apa'an sih...???

Setelah sebelum-sebelumnya, para pembayar pajak kendaraan di kecewakan dengan kejadian kosongnya blanko STNK, BPKB, sekarang malah Plat nomer-nya juga mengalami kejadian serupa...

Ini blangko pajak kendarannya:


- Lah terus plat nomer ane yg lama mau pake apaan, secara kan udah EXPIRED, alias udah lewat masa berlakunya..?

- Trus, apa selama 6 bulang kedepan, ane mesti rela di berhenti'in sama pak Pulisi, akibat plat nomer ane yang udah gak berlaku itu...? (bayangin mesti brapa kali di berhenti'in selama 6 bulan kedepan)

- Ini bikin plat nomer, apa bangun jalan tol sih, sampe 6 bulan..

- Apa solusi akhir, ane mesti "me-RUMAH-kan", motor ane itu sampe 6 bulan kedepan...?. lah ane naek angkot atau kendaraan umum gitu buat kerja sehari-hari..

Oh Indonesia....


Wahai kaskuser semua, Jujur ane sebagai rakyat jelata gak bisa berbuat apa-apa, dan hanya bisa meratapi nasib.

Menurut agan semua gimana sih...?
dan apa faktor yang menyebabkan kejadian seperti ini...?
Mungkin di jagat kaskus ini ada agan yang bisa menjelaskan sebab-musababnya. Pendapat, dan post bermutu ane taro pejwan.
Mohon sharing-nya agan2 sekalian

Quote:Kalo agan suka, silahkan post komentarnya,
Kalo agan berbaik hati, ane tunggu cendolnya,
Asal jangan agan lemparin ane bata.
MOHON DI RATE DAN DI KOMEN YAH GAN, BIAR SEMUA KASKUSER TAU



Ini post dari agan-agan lainnya :
Spoiler for "posting agan-agan":
Quote:Original Posted By andikacahya â–º
Usul ane gan,, mending plat lamanya dibawa ke tukang plat nomer... Bilang aja suruh ganti tahun nya aja...
Alhasil plat nomer agan tetep ada tanda stampel dr kepolisian...

Biaya cm 5 ribu gan..
Percuma nunggu plat dr samsat,, Ane nunggu udah 7 bulan msh belom jadi..


Quote:Original Posted By sip.Josh â–º
Sama gan... Ane udah balik di bulan ke 6 ehhh katanya belum jadi... Anjriittt...
Akhirnya gua males balik ke samsatt. Ane ke tukang buat pkat gan.. Ane buatin tuh.. Trs gak brp lama ane kena oprasi gan, mau di tilang sama polisinya... Trs ane ttp aja ngeyel.. Akhirnya kagak jadi di tilang gan..

Quote:Original Posted By kiekie212 â–º
di qatar ganti plat cuman 3 hari udah dapet sms suruh ambil.
indonesia gila!, perbaharuin stnk di qatar cuma 15 menit udah termasuk nunggu antrian. <-----Agan ini ngaskus jauh bgt... dari qatar matabelo

Quote:Original Posted By Tafftgunz â–º
ane jg gitu gan..ane bikin di samsat BEKASI.. udah dr agustus 2013 smpe hr ini STNK blm jadi.. pdhal udah 6 bulan lebih..alesannya ketumpuk gituu.. bayar doang yang diburuburu pelayanan belakangan.. lamalama ancur ini negara...

Quote:Original Posted By bagus.1986 â–º
ane jg gan kata bahan plat nya abis gan tapi pas ane urus mobil hari itu jg jadi
Quote:Original Posted By rambutketiak â–º
wkwk ngakak baca komen komennya

dulu pernah tanya ma bapak ane gan kok bisa lama gitu bikinnya.. ,beliau jawab klo gak salah begini ,plat motor nya itu yg bikin di jakarta bukan bahannya gan yg abis tapi plat yg ada cap samsatnya (klo yg asli pasti ada kayak logo samsat di kiri bawah plat) yang abis secara itu ada alat khusus nya dan itu mahal makanya di urus di pusat yg di jakarte ,klo ntar tiap samsat ada bisa bengkak apbn nya wkwk

nunggu antri an nya yg lama itu bayangin aja se indonesia bikin plat pantes bisa lama...

nah kenapa kok gak tiap provinsi ada satu aja kan gak membangkak tuh ,katanya mengurangi tindakkan KKN aparat samsat gan jamannya megawati cepet lho gan tanya aja ma bokap lo lo pada

buat agan agan yg belum jadi platnya santai aja tunjukin aja surat jalannya(klo baru ada ,klo perpanjang biasanya nota pajak) gak bakal ketilang gan klo masih menaati peraturan yg ada

Quote:Original Posted By birinks â–º
share dikit pengalaman ane gan.

ane tinggal di medan, tapi plat motor ane plat tanah karo (salah satu kabupaten di sumut)

ane juga gitu gan, plat ane mati bulan 9 tahun 2013, setelah diurus perpanjangannya. ane harus ambil plat ama STNK-nya awal bulan januari 2014. jadi selagi nunggu selesai, STNK ane cuma nomor plat yg di tulis tangan plus stempel dari samsat polri yang masa berlakunya ampe bulan januari 2014 + pajak kenderaan. klo plat, ane pake yg lama.

ga tau dah kenapa bisa lama gitu..

untuk urusan di jalan, ga ada masalah kok gan cuma modal pajak kenderaan ama STNK tulis tangan. yang penting ada stempelnya.
emang si sering di stop ama polisi, tapi kaga usah kwatir gan. tunjukin aja surat2 nya itu.

yang penting jangan ngakalin plat dengan ngedit angka expired plat-nya, bisa makin ribet urusannya.

Quote:Original Posted By nitakusayang â–º
iya gan, aneh juga.
tapi yang LEBIH ANEHNYA LAGI.
di fjb dijual (ngaku nya ori samsat)
dengan waktu hitungan hari-minggu,

mana harganya gak ngotak lagi.
tapi hati2 kalo beli di fjb, ane pernah beli (nyesel banget beli), udah datengnya telat, pesanan nya salah nomor, yang jual lebih galak pula

Quote:Original Posted By oboiyo â–º
sama, gua juga gitu gan, ane perpanjang STNK dari bulan Oktober 2013 kemarin kata petugasnya bilang "plat nomernya bisa diambil bulan Februari 2014 mas, silahkan dateng kesini lagi" gua tanya kenapa, jawabnya "bahan plat nomernya abis" pas bulan Februari gua kesana katanya masih belum jadi juga gan malah suruh balik lagi bulan Oktober
sett dah gua mau ganti plat nomer aja gantinya setaun, wasu tenan

Quote:Original Posted By maliki1005 â–º
ane juga sama gan. ane domisili di Bandung mau perpanjang STNK dan ganti Plat No yg abis januari kmaren. Trus plat barunya baru bisa diambil 6 bulan lg
jadi skr aja ane pke plat motor yg udh abis kadang suka sih di stop polisi di jalan trus wktu di tunjukin surat2nya baru boleh lewat lg

Quote:Original Posted By opomeneh â–º
Kaleng nya abis gan.. Masa pake triplek.. kena ujan rusak

Quote:Original Posted By salokoajik â–º
ane bln mei 2013 abis beli motor baru gan. sampe sekarang plat yang asli masih dalam proses and make plat sementara yg disediain ama dealer tempat ane beli motor. kata temen ane yg bokapnya pegawai samsat material untuk membuat plat abis and nunggu kiriman dari pusat. semua yg beli motor juga nasibnya sama kek ane gan. ane region tuban.
Quote:Original Posted By gigietania â–º
sama gan..plat motor ane juga belom kelar dari bulan febuary..katanya april selesai..anek dateng ke samsat depok..katanya mei...jadi males balik lagi

Quote:Original Posted By mayrise â–º
masih mending gan 6 bulan

tempat ane 9 bulan

Quote:Original Posted By brynamyra â–º
heheheh...ane dah tau tuh cerita soal plat nomor yg ga jelas kapan tersedianya di samsat kyk gini, dan kebetulan ane bulan februari kmrn kredit motor baru, stlh seminggu kemudian STNK jadi dan dikirim ke rumah oleh pihak leasing, besoknya ane lsg kontak temen kantor ane yg punya kenalan org samsat....U know what???

cukup kasih fotocopy STNK sama selembar uang gocapan... pagi ane kasih, siang abis maksi di telp plat nomer ane dah jadi...

Sementara temen ane yg juga kredi motor bareng ane msh dibilang samsatnya keabisan plat nomer...dsuruh nunggu 3 bulan lagi....

So......Gmana komen agan2 ?????

Quote:Original Posted By kinjengg â–º
Jambi absen ahhh.
temen ane pada ambil motor baru juga belom dapet pelat gan
malah disurug nunggu 9 bulan kayak ibu mengandung. parah ini mah
oh iya, malah material emang lagi langka gan. kalo tukang plat itukan pake seng biasa. kalo yg dari samsat itu seng dari racikan mpu gandring gan .
tau ndiri mpu gandring udah lama tiada. jadi untuk pembuatan sengnya masih dimusyawarahkan oleh pihak2 terkait.
jika agan2 berasa lama harap dimaklumi karena ya namanya musyawarah harus nyampe kata mufakat.
tapi jangan risau gan. ada alternatif lain.
ternyata pihak samsat dan koleganya menyediakan pelat kualitas kw 1 lohh
yang biasanya berwarna dasar putih dan merah untuk tulisannya. berminat?
cukup rogoh kocek agan2 sekitar 150k.
laporan selesai

Quote:Original Posted By Oksandhi â–º
di tempat ane tulungagung platnya suruh ngambil taun dpn waktu bayar pajak lg,mantep gk tuh.motor ane beli dr awal puasa kemarin sampe sekarang jg blm ada kabar platnya,cm stnknya udh keluar januari.

Quote:Original Posted By Zip.err â–º
sama gan, bayar pajak awal maret kmaren agustus katanya jadi..
lah orang punya temen saya setahun blom jadi...
Spoiler for blom: Spoiler for jadi:

Quote:Original Posted By yoyokceper â–º
Sama ane gan..
Ane malah beli motor baru..
Dah 3 bulan belon kelar plat ma stnk..
Katanya ada keterlambatan material.. padahal rencana motor untuk operasional sehari-hari.
Alhasil motor cuma berani muter kampung karena gak ada kejelasan dr pihak terkait.

Masuk akal gak gan?
Material terlambat..
Lucubanget..

Quote:Original Posted By ginanjar_ds â–º
ane ngurus dari bulan agustus 2013. sampe sekarang belom selesai.
tiap kali ane tagih ke samsat, jawabannya selalu sama "nunggu di sms aja mas"

wadefak

Quote:Original Posted By bobaymontegobay â–º
ane juga sama,,ambil motor baru,,STNK udah ada tapi katanya platnya 6 bulan lagi...
alasan umum SAMSAT katanya stok bahan baku sedang habis...
tapi kok tukang plat pinggir jalan gak pernah kurang stok??
Beda bahannya,,atau gak ada logo POLDAnya??
Mungkin ini masalahnya..
bahan baku seng plat nomer made in SAMSAT diimpor langsung dari pegunungan Siberia...jadinya lama...
Logo Polda juga gak sembarangan,,,cetakan logonya edisi terbatas,,,harus hasil tirakat 80 hari 80 malam digunung kembar...

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/535debf7fcca17397e000170

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)