Home » » Kumpulan FIlm Dokumenter yang Menginspirasi

Kumpulan FIlm Dokumenter yang Menginspirasi










Spoiler for film:


Quote:Film dokumenter, adalah salah satu dari berbagai macam genre film yg sangat menarik untuk ditonton, selain menghibur juga sarat akan pengetahuan dan materi2 yg sangat bermanfaat bagi nutrisi otak dan pikiran kita. Keunikan lain dari film jenis ini adalah, pembuatannya yg tidak mudah karena apa yg ditampilkan disini adalah berdasarkan fakta2 yg ada atau dengan kata lain non-fiksi, dengan disertai beberapa narasumber dan narasi yg menarik, menonton film dokumenter bisa jadi sama dengan membaca sebuah buku pengetahuan tebal , selain itu film dokumenter membuat kita lebih mudah membayangkan suatu hal yg sering menjadi pertanyaan dalam benak kita, dan juga menjadi sumber jawaban dari banyak pertanyaan2 dan misteri yg ada disekeliling kita. Berikut adalah 10 film dokumenter terbaik versi TS yg menarik untuk agan tonton .

Spoiler for documentary:
Spoiler for 1:
EARTHLINGS (2005)

Spoiler for earthlings:

Quote:Earthlings, adalah sebuah film dokumenter bagus ygdirilis pada tahun 2005, dan memenangkan banyak penghargaan. Sebuah film yg pasti akan membuat kita yg melihat akan menangis dalam hati atau bahkan menangis beneran . Film ini menceritakan tentang manusia yg memanfaatkan, mengeksploitasi, memperbudak dan menyiksa hewan entah sebagai sebagai peliharaan, makanan, pakaian, hiburan dan untuk riset. Joaquin Phoenix berperan adalah narator dalam film ini, dan disutradarai oleh Shaun Monson.

Earthlings penuh dengan bukti2 rekaman kamera tersembunyi tentang bagaimana sebenarnya perlakuan manusia terhadap hewan dalam industri2 besar di dunia, dan semuanya bergantung pada hewan. Film ini mengajak kita untuk hidup berdampingan dengan semua jenis makhluk hidup yg ada di planet ini, karena mereka juga Earthlings (Penghuni Bumi), mereka memiliki hak yg sama untuk hidup di bumi, maka kita (manusia) wajib berbagi dengan mereka.



Spoiler for 2:
OCEANS (2010)

Spoiler for Oceans:

Quote:Menurut ane ini adalah dokumenter kehidupan bawah laut yg paling bagus. Oceans adalah film dokumenter Perancis yg dibuat pada tahun 2009, Jacques Perrin adalah sutradara, produser dan naratornya. Film ini menggambarkan drama kehidupan bawah laut yg begitu meangagumkan.

Spoiler for oceans:









Diambil dari 5 Samudra yg ada di bumi serta menunjukkan beberapa aspek negatif aktifitas manusia yg merusak samudera berikut penghuni2 nya. Dengan cinematografi yg amajing ,diiringi alunan background music yg elegan, dan indah semakin membuat kita mencintai samudera beserta penghuninya.Disneynature merilis film ini di Amerika Serikat pada 22 April 2010 bertepatan dengan Earth Day pada waktu itu, dengan narasi yg ditulis oleh Pierce Brosnan. Film ini juga memenangkan banyak penghargaan.



Spoiler for 3:
BBC FOUR - INFESTED : LIVING WITH PARASITES (2014)

Spoiler for infested:

Quote:Dr. Michael Mosley menjelajahi dan mempelajari keanehan dan keunikan dunia parasit dengan mengubah tubuhnya sendiri menjadi laboratorium hidup dimana dia menginfeksi dirinya sendiri dengan beberapa parasit berbahaya. Mengunjungi Kenya demi mendapatkan daging sapi yg terinfeksi kista cacing pita dan menelan kista tersebut sehingga dia menumbuhkan cacing pita dalam perutnya, selain cacing pita, dia juga menginfeksi tubuhnya dengan tungau, lintah dan Plasmodium falciparum (parasit penyebab malaria).

Spoiler for infested:







Dia juga menelan kamera yg berbentuk kapsul seukuran pil untuk memantau apa kista cacing pita yg dia telan sudah menjadi cacing dewasa atau tidak dan sekaligus memantau pergerakannya dalam usus. Di film ini juga ditunjukkan bagaimana menakjubkannya parasit2 ini yg bahkan bisa mengontrol host nya (inang) demi mereka sendiri untuk bertahan hidup. What a wonderful creature.



Spoiler for 4:
BBC â€" HIROSHIMA (2005)

Spoiler for hiroshima:

Quote:BBC Hiroshima, dari judulnya mungkin kita sudah mengetahui menceritakan apa film ini . Yap. Ini adalah film yg menceritakan tentang kronologis yg terjadi ketika senjata pemusnah massal pertama kali digunakan, Bom Atom. Dengan reka ulang kejadian berdasarkan kesaksian para korban selamat dari ledakan Little Boy (nama bom atom yg dijatuhkan di hiroshima) dan penelusuran para ahli sejarah perang dunia II.

Spoiler for hiroshima:









Dan yg paling menarik tentunya, detik2 penjatuhan Little Boy di hiroshima, didukung dengan teknik animasi komputer yg sangat baik, menciptakan reka ulang detik2 terakhir penjatuhan bom little boy yg sekaligus menandai kekalahan jepang pada Perang Dunia II tersebut. Film ini juga memenangkan Emmy dan BAFTA awards pada 2006.



Spoiler for 5:
BBC TWO â€" OUR SECRET UNIVERSE : THE HIDDEN LIFE OF THE CELL (2012)

Spoiler for cell:

Quote:Perang tidak hanya terjadi di dunia kita saja, tetapi juga terjadi dalam tubuh kita, bahkan hampir tiap hari tubuh kita adalah medan perang yg hebat dan sudah terjadi sejak milyaran tahun lalu dan masih terus terjadi hingga saat ini, tiap hari, tiap detik. Ini adalah cerita penyerbuan alien2 yg menyerang kita, yg kita kenal sebagai Virus. Dan film ini sangat2 menarik untuk ditonton, selain menceritakan virus yg menginfeksi kita, juga diceritakan bagaimana perjuangan sel2 tubuh kita dalam melawan invasi partikel2 mematikan ini.

Spoiler for cell:





Film ini juga banyak disertai animasi 3D yg begitu detail, dan kalo ane boleh bilang, ini sangat amajing ! Seakan melihat peperangan pesawat2 luar angkasa . Kita tidak akan menyangka ternyata baik virus maupun sel2 tubuh kita masing2 mempunyai cara dan strategi tersendiri untuk bertahan atau menyerang balik. Bagaimana virus berusaha menembus lapisan demi lapisan pertahanan yg kita miliki sampai akhirnya mereka berhasil menuju inti sel dan membajak serta melakukan replikasi.

Spoiler for cell:





Tapi pertempuran belum berakhir, sel2 tubuh kita yg sekarat berusaha menyalakan alarm bahaya agar semua sel2 antibodi dan sel darah putih sebagai elemen sistem imun kita diluar siap untuk melakukan serangan balik !. asli seru ini ! . Must watch! Dengan beberapa kontributor seperti Professor Bonnie L Bassler (Princeton University), Dr. Nick Lane dan Professor Steve Jones (University College London dan University Susanna Bidgood)



Spoiler for 6:
THE COVE (2009)

Spoiler for cove:

Quote:Seperti Earthlings, film ini juga akan membuat kita sekaligus . Dibuat pada tahun 2009 dan dirilis pada th 2010, film ini memenangkan Award untuk Best Documentary Feature. Menceritakan dan mengungkap fakta tentang pembantaian lumba2 besar2’an di jepang. Dan bisa dibilang film ini sangat menggemparkan dunia, karena setelah bertahun-tahun lamanya, jepang berhasil menutupi bisnis kotor mereka dan baru kali ini terungkap ke seluruh dunia.

Spoiler for cove:





Pembantaian paus, lumba2 yg sangat besar terjadi di Taiji, sekitar 23.000 lumba2 dibunuh di jepang tiap tahun nya. Dan dengan adanya film ini, akhirnya banyak muncul gerakan2 untuk menghentikan pembunuhan lumba2 dan paus oleh jepang hingga angka NOL. ! Ric O’ Barry adalah aktivis dalam perlindungan lumba2 dan paus yg juga pencetus ide untuk mendokumentasikan dan menunjukkan pada dunia apa yg nelayan2 Taiji dan pemerintah jepang lakukan pada lumba2 dan paus selama ini.



Spoiler for 7:
THE UNIVERSE â€" HOW BIG, HOW FAR, HOW FAST (2012)

Spoiler for universe:

Quote:Jika kita berusaha membayangkan bagaimana alam semesta, jagat raya, luar angkasa ini, tentu saja pikiran, nalar kita tidak akan sanggup untuk membayangkannya, mengukurnya. How Big, How Far, How fast adalah salah satu episode dari Program The Universe yg menceritakan tentang bagaimana cara kita membayangkan, mengukur, menimbang dan memahami apa saja yg ada di luar angkasa dan jagat raya ini dengan cara menurunkan skala yg begitu besar menjadi skala yg bisa dipahami oleh pikiran dan nalar kita.

Spoiler for universe:













Dengan analogi2 yg mudah dipahami dan akurat, untuk membantu kita memahami universe. Mulai dari bintang yg terdekat dengan kita (matahari) sampai pada bintang yg terbesar yg kita ketahui saat ini, memahami dan memperkirakan jarak kita dengan bintang2 dan benda2 langit lainnya, juga salah satu hal yg dibahas di film ini. Dengan menggunakan mobil sampai monster truck untuk memahami dan membandingkan massa bintang2 yg ada di galaksi. . Must Watch !



Spoiler for 8:
TALES OF THE GUN (1998)

Spoiler for gun:

Quote:Bagi agan2 yg menyukai segala hal yg berbau senjata, tentunya harus punya / nonton film dokumenter yg satu ini . Tales of The Gun adalah dokumenter serial TV yg ditayangkan oleh History Channel pada tahun 1998. Pada film ini kita akan diajak berjalan2 menelusuri timeline sejarah dari pertama kalinya senjata dibuat, digunakan, siapa yg menggunakannya.

Spoiler for gun:



Dan tak hanya itu saja, cikal bakal peluru / amunisi pun tak luput dibahas disini sampai pada era senjata modern saat ini. Dilengkapi dengan kontributor beberapa sejarawan dan orang2 yg berada atau terkait dengan senjata2 tersebut. . Film ini total memiliki 40 Episode.



Spoiler for 9:
BBC TWO - THIS WORLD : NO SEX PLEASE WE ARE JAPANESE (2013)

Spoiler for this world:

Quote:Dalam kepanikan penduduk dunia akan meningkatnya populasi global, Jepang menghadapi masa depan yg cenderung berbeda dengan menyusutnya angka populasi di negara sakura itu sebanyak 3 kali hanya dalam kurun waktu 40 tahun. Satu alasan utama mengapa jepang tidak memiliki begitu banyak bayi / angka kelahiran akan ditelusuri oleh Anita Rani.

Spoiler for this world:













Di film ini juga menelusuri tentang dunia Otaku dimana mereka lebih terobsesi dengan komputer, game dan anime / manga yg pada akhirnya menyebabkan meningkatnya pria2 jepang yg melakukan dating / kencan lewat game atau dengan karakter gae. Di film ini Anita bertemu dengan 2 orang pria yg berusia 30 th dan 40 th yg mana mereka adalah seorang otaku yg memiliki hubungan spesial dengan gadis remaja dalam sebuah konsol game . Menurut salah satu orang tersebut : “I think twice about going out with a 3D woman”. . Overall ini adalah film dokumenter yg sangat rekomended, mempelajari keanehan dan keunikan suatu kultur dan perkembangan masyarakat dalam suatu negara benar2 sangat menarik.



Spoiler for 10:
NATIONAL GEOGRAPHIC â€" INSIDE THE MILKY WAY (2010)

Spoiler for milky way:

Quote:Alamat planet Bumi kita berada pada lengan galaksi milky way / bima sakti. Namun coba bayangkan bila kita berada pada pusatnya, seperti apa langit malam yg akan kita lihat..? berapa banyak bintang yg bisa terlihat ? Pada film ini, kita akan diajak berjalan2 menjelajahi seluruh penjuru galaksi milky way, bersama dengan planet tercinta kita tentunya.

Spoiler for milky way:

















Dan juga temukan bagaimana caranya ilmuwan dan astronom membuat foto galaksi milky way kita yg memiliki diameter 100.000 tahun cahaya, dengan begitu mengagumkan. Film ini akan membuat pikiran kita semakin melayang menembus bintang2 .








Demikian trit ane gan, terima kasih sudah membaca trit ane yg gak bermutu ini . Jangan lupa kalau berkenan bisa kasi komengnya atau .



Spoiler for source: Source : Koleksi pribadi TS

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/535c65dfc907e77c788b4707

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger