Home » » Mie Lendir, Mie Khas Kepulauan Riau

Mie Lendir, Mie Khas Kepulauan Riau









Quote:Halo gan ane mau share tentang kuliner di kota ane yang paling maknyus banget gan rasanya dan murah meriah hanya RP.8000 ,enak bikin nagih dan kalau ada orang kepulauan riau yang lagi merantau lihat foto mie ini pasti galau doi karena saking kangennya


Ini dia penampakan mie lendir

















ini Foto TS sama temen2 koskas kepulauan riau (komunitas sepeda kaskus) abis gowes makan mie lendir TS yang baju item :


Mie lendir itu simple, cuma mie kuning direbus pake toge,daun bawang cabe rawit dan telur rebus, yang bikin nagih itu kuahnya gan, beda dengan kuah gado2 atau batagor, kuahnya itu manis2 pedas dkit enak pokoknya


Sedikit Sejarah dan Info tentang Mie lendir


Dinamakan mie lendir karena kuahnya berbentuk lendir kental kental gimana gt . Ada juga yang menyebutnya mie kuah, mie rakyat, mie rebus, mie pekat dan mie lotek. .kuah ini dapat bertahan lama sampai seminggu asalkan masaknya ditanak, jika tidak ditanak dan diaduk terus maka kuahnya akan cair., ,Kuah berwarna merah dikarenakan gula merah dan gula putih bukan karena cabe merah,

Mie lendir biasanya dijumpai hanya di pagi hari gan pokoknya pas banget buat sarapan , enak dimakan saat cuaca panas maupun dingin , jadi kalo ente lagi main ke kota ane tanjung pinang atau batam ane rekomendedin banget untuk nyobain mie lendir dan harganya tentu saja sangat bersahabat biasa dijual di kedai kedai kopi gan , pas banget buat ngopi pagi sekalian makan mie lendir , tapia da juga gan orang yang ngejual mie lendir pake gerobak keliling





ni ane nemu resep untuk bikin mie lendir sendiri gan


Cara Membuat Mie Lendir Tanjung Pinang yang Lezaaaat

Mie Lendir Tanjung Pinang ini,adalah mie khas dari daerah Tanjung Pinang. Mie ini sangat terkenal baik dari rasa maupun dari namanya. Untuk kali ini mari sama sama kita lihat sejenak apa sih istimewanya mie lendir Tanjung Pinang. Biar kita nggak jauh-jauh harus ke Tanjung Pinang, yuk bikin sendiri resep membuat mie lender Tanjung Pinang




Bahan untuk Pembuatan Mie Lendir Tanjung Pinang



Mie Kuning ( mie lidi ya 1 bungkus cukup buat pemula direbus)
Tauge ( beli aja 1500 cukup itu )
Daun bawang ( iris tipis )
Daun seledre ( daun sop iris halus )
Telur ( direbus )
Cabe rawit kira2 12 biji di potong kecil-kecil.
Halus:

Cabe merah,
cabe rawit,
bawang putih 1 atau 2,
kencur ( dihaluskan )
Ubi jalar ( keledek ) direbus kemudian dihaluskan.
Kacang tanah digoreng ( dihaluskan )
Cara Membuat Mie Lendir Tanjung Pinang

Berikut ini adalah Cara Membuat Mie Lendir Tanjung Pinang


Semua bumbu yang dihaluskan dimasak + air kira-kira 3 atau 4 gelas + serai yg digeprak + daun salam.
Masak sampai mendidih, jangan lupa kasih garam dan penyedap rasa untuk menambah rasa nikmatnya bumbu kacang tersebut.
Untuk lebih hangat masukkan mie kuning + tauge ke dalam rebusan air, sebentar saja dan angkat.
Letak di piring + telur dan siram dengan kuah kacang.
Taburkan daun sop, daun bawang + bawang goreng bila perlu.

Sumber resep




Komen dari yang pernah nyobain



Quote:Original Posted By Juansyah01 â–º
oh mie ini gan..,ibu ane sering ni buat mie ini..emang enak kok..

ane juga aslinya riau cuman riau daratan gan..,tapi banyak juga kok di sana yang jual mie ini

Quote:Original Posted By mothereel â–º
salam dari budak singkep gan..

emg sedap itu..sayang ane djakarta gak ada kayanya mie itu

Quote:Original Posted By mantannapi â–º
Wah ini Mie yang sering dimasak ibu ane dan top markotop
Kebetulan Ibu ane asalnya dari kepulauan Riau, tepatnya pulau tarempa

Quote:Original Posted By TrollMan â–º
mangstab nih gan mi lendir, santapan ane tiap sarapan

nih gan foto ane pas makan mi lendir bareng Koskas RKR
Spoiler for licin gan piringnya : [img=http://s21.postimg.org/yeycz24lf/2087968_20140410085902.jpg]




Quote:Original Posted By troll0987 â–º
mi lendir emang enak gan rasanya khas banget
duh ane jadi laper


Quote:Original Posted By fendy1996 â–º
wuiiih mi lendir. ane paling demen nih. apalagi yang dijual di deket SMA 5 tanjungpinang. ada tuh yg penjualnya kakek kakek :

Quote:Original Posted By dennz7k â–º
Ane biasanya sebut ini mie, mie rebus gan... rasanya emg enak gan dulu ane pas kecil sering banget makan mie ini

Quote:Original Posted By kanekuk â–º
ane pernah makan ini pas main ke Dumai gan. mie nya enak. awalnya ane jijay karena namanya kok menjijikkan. eh pas nyobain, rasanya memang maknyus

Quote:Original Posted By Yosa89 â–º
ane riau gan...
mie lendir ni ane blg na mi kuah..
di jamin enak gan...



Quote:Original Posted By bebekipb â–º
awalnya ane agak ragu, karna dia pakai mie kuning bukan mie telor sebagai bahan baku nya.

namun setelah di coba, baru sedikit nyoba udah gresss rasanya. berdansa ria di lidah , mempesona kerongkongan, menghiraukan wanita cantik yg ada di sekitar, menggeliat di area lambung. maknyus

Quote:Original Posted By SEerRD4Du0 â–º
rasa nya tu gurih..

suka nambah ane gan kurang kalo sebungkus mah
ini temen nya make teh anget pasti enak

btw itu yang baju putih kaya ane ya

TS traktir dong mie lendir

Quote:Original Posted By idovio â–º
Kalo di kampung ane medan nama nya mie rebus gan,
Nah ne ane di batam,eh denger mie lendir ane kira apaan,gak tau nya mie rebus nya kepri gan,,

Btw emang enak mie rebus/mie lendir gan




Quote:Original Posted By IcesCubes â–º
wah kurang ajar TS nya ini...
bikin ane kangen kampung halaman ane , asal di kepulauan riau mie lendir itu pasti ada , di Dabo Singkep,Tanjung Pinang dan Batam dll rata2 maknyus rasanya...

pengen pulkam jadinya

Quote:Original Posted By namakulyna â–º
Mie lendir di kijang adanya cuma di depan hawaii sama top jess

Kapan2 TS harus traktir ane mi lenDIr jalan bintan nih

Quote:Original Posted By ridee â–º
Huuuaaaa kangen kali aku sama mie yang satu nie... Kapan lah awak pulang kampung lagi...

Quote:Original Posted By rider.YaKuZa â–º
mi ini rasanya sangat menyenangkan gan,,,, walaupun sering ane makan ini, tapi tetep aja gak bosen

top rekomended buat yg suka sama segala macam ras mi

mi lendir yaaa namanyaaa, bukan lendir yg laiiiiin...

bikin takut, bikin basah, bikin gemetar (quote dari om silit)

Quote:Original Posted By sispasha â–º
ane dari batam gan hehehe
mie lendir, kesukaan ane bangeeeetssss
dulu alm, nenek ane suka buat untuk dirumah, ane makannya suka dibanyakin kuahnya aaaaaaa sedap


Quote:Original Posted By prayogoabdhi â–º
citen kali wak ni. aku org batam gan. syg sekarang dijakarta,kgn kali wk mie lendir. coba dijakarta ada lah. mana tak ngabisin kocek y kan. suai kali pun buat anak kostan ni.








jangan lupa dan nya agan agan semua

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/534ccc270d8b46e53f8b4699

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger