Home » » Mitos Atau Fakta Sih Kalau Minum Es Bisa Menyebabkan Flu?

Mitos Atau Fakta Sih Kalau Minum Es Bisa Menyebabkan Flu?




Halo juragan, ane mau share seputar flu

Kalau bermanfaat, boleh di bintang-lima-in

gak repost
Spoiler for HT #3:
makasih ya min/mod





Quote:Es dan Flu, dua hal itu seperti gak bisa dipisahkan. Selalu dibicarakan seolah sebuah hubungan sebab akibat yang saling terkait.

Tapi apakah kenyataannya memang demikian? Maksud ane, apakah dua hal diatas memang terkait sebagai sebuah sebab akibat?

Mari gan kita telusuri bersama





Quote:

Fakta Pertama:



Ane ambil kasus es disini contohnya es jus buah, es buah / es cream
es jus buah / atau es buah didalamnya terdapat kandungan gizi bawaan dari buah.
Untuk buah-buah tertentu yang mengandung vitamin C maka seharusnya akan sangat bagus sebagai peningkatan daya tahan tubuh, karena virus flu ini menyerang saat daya tahan tubuh lemah, jika daya tahan tubuh bagus, virus ini tidak akan bertahan lama dalam tubuh.



Tapi memang dalam sebagian es jus maupun es buah terkadang terdapat tambahan zat-zat lain seperti susu, gula, maupun zat lain, juga penambahan es batu.
Dalam beberapa kasus, sering kali menyebabkan batuk, pilek, maupun deman setelah mengkonsumsinya, namun berdasar dari beberapa penelitian, ternyata ditemukan bahwa kejadian ini sering kali terjadi karena alergi dan bukan sebagai pemicu munculnya virus.



Es cream sedikitnya mengandung 10% lemak susu. Untuk es cream berkualitas premium mengandung 13-17% lemak susu. Selain itu terkadang juga terdapat bahan-bahan pelengkap lain seperti buah, vanila, kacang dll. Dengan kandungan tersebut seharusnya es cream bisa menambah asupan gizi makro yang seimbang, bahkan bisa jadi mendekati gizi seimbang yang disarankan.



Es cream juga mengandung karbohidrat 52%, lemak 42% dan protein 6%.
Memang ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa susu bisa menyebabkan pengentalan lendir, tapi kasus ini untuk yang sudah menderita atau terjangkit flu, dan tidak ada yang menyebutkan bahwa susu menjadi penyebab timbulnya virus.


Quote:

Fakta Kedua:



Influensa, yang biasa dikenal dengan flu, merupakan salah satu jenis penyakit infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus, dari jenis virus RNA. (panjang x lebar penjelasan ttg RNA ini, yang menurut ane, belum perlu untuk kita yang awam)

Gejala umum penyakit ini biasanya suhu badan tinggi, demam, badan terasa panas dingin, sakit pada tenggorokan, nyeri otot, sakit pada kepala, biasanya disertai batuk, lelah dan tidak nyaman. Namun untuk kasus flu ringan, gejala yang paling umum adalah batuk dan demam.



Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, penularan virus influenza adalah perpindahan virus dari penderita kepada orang lain, hal ini bisa melalui udara. Penderita yang batuk atau bersin membuat udara disekitar mengandung virus influenza, dan jika dihirup oleh orang lain maka akan menular.
Selain itu penularannya juga bisa mealui air liur, ingus, kotoran, yang tersentuh tangan kita dan menyebabkan virus terhirup, dan juga dari darah.



Terkadang kita sebagai orang dewasa tidak menyadari sedang terjangkit virus influenza ini, karena daya tahan tubuh kita yang kuat, gejala flu ringan kadang oleh sebagian orang disekitar saya hanya dikatakan masuk angin, dan tidak menutup kemungkinan karena bersentuhan, virus beralih kepada anak2 yang lebih rentan terjangkit.




Quote:

Kesimpulan

Dari dua fakta diatas saja ane sudah bisa menyimpulkan sesuatu mengenai hubungan antara es dan flu, yaitu:

  • Bahwa es tidak menyebabkan Flu, tetapi viruslah yang menyebabkan flu. Jika setelah mengkonsumsi es terjadi bersin bersin atau batuk itu lebih karena alergi

  • Daya tahan tubuh yang menyebabkan orang mudah atau tidak terjangkit virus. Bukan karena dinginnya es.




Quote:
Ane kira pelurusan pemahaman ini penting sebagai kajian informasi buat masyarakat, agar tidak terjadi pembodohan dalam generasi kita berikutnya, bukan berlebihan, karena menurut ane pentingnya informasi yang benar dan obyektif sangat diperlukan di negara ini.



Quote:Jadi menurut ane, menghindari terjangkitnya virus bukan dengan memahami sesuatu yang salah tapi memahami sesuatu yang benar.

Contohnya untuk kasus virus flu ini dengan mengetahui sifat dan cara penyebarannya yang benar maka kita akan dengan mudah menghindari bahkan menanggulanginya yaitu dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh tentunya dengan asupan gizi seimbang, karena virus flu ini mudah mati di suhu yang tinggi dan mati ketika terkena sabun.

Pemahaman yang benar akan menghindarkan kita tersesat kepada penanggulangan yang salah, ini berlaku untuk kasus apapun saat ini.






Nah itu dia gan penjelasan fakta tentang es dan flu, ada yang mau tambahin






Quote:

Mampir ke Thread ane yang lain gan

Cara-Cara Yang Konon Ampuh Untuk Melihat Hantu, Berani Coba Gan? HOT THREAD #1

Mengenal Tradisi di Ethiopia, Semakin Lebar Bibir Wanita Semakin Dianggap Cantik HOT THREAD #2

inilah foto-foto keren tentang mereka yang bela belain belajar gan.

Di Negara ini Perlu Uang Bergepok-gepok Untuk Makan Aja, Agan Minat?






sumber

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/535c72edc2cb17a5718b47b6

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)