Home » » [Ngobras] Ayo Kita Go Green Bareng Forum Green Lifestyle

[Ngobras] Ayo Kita Go Green Bareng Forum Green Lifestyle

When we heal the earth, we heal ourselves - David Orr

Ayo ngaku, apa aja yang udah lo lakuin untuk bumi kita Gan?

Quote:Quote:Masih suka belanja pake kantong plastik dibanding bawa tas belanjaan sendiri dari rumah?


Quote:Quote:Sering minum dari botol plastik dibanding bawa botol minum dari rumah?


Quote:Quote:Gak pernah misahin sampah-sampah berdasarkan kategorinya?


Kalau lo belum ngelakuin hal-hal di atas, berarti lo belum cukup sayang dengan lingkungan kita. Ayo, belum terlambat ko Gan untuk hidup "hijau"!



Nah, kalau lo mau buktiin kecintaan lo akan lingkungan ini a.k.a adopt a green lifestyle , langkah awal yang bisa lo lakukan adalah ikutan komunitas "hijau" yang ada di KASKUS, apalagi kalau bukan :

Forum Green Lifestyle



Apa aja sih yang mereka lakukan? Simak deh interview KASKUS dengan mereka. Cekidoot Gan...

1. Hallloo Gan, piye kabare nih?
Kabar kula sae mawon.. alias baik2 saja..


Aksi Go Green Kaskuser Riau Raya

2. Boleh dishare sejarah singkat terbentuknya Komunitas Green Lifestyle yang ada di KASKUS?
Of course...Forum ini berawal dari pertanyaan, "kenapa di KASKUS tidak ada forum tentang lingkungan hidup?" Akhirnya dari Social Group Green Thread Starter kemudian mengusulkan dan mengajukan proposal. Setelah Green SF melihat banyaknya antusias, aksi nyata, dan kampanye online dari kaskuser maka pada tanggal 22-06-2011 dibuatlah Proposal Sub Forum Lingkungan Hidup (Green SF). Hampir 2 tahun penantian kaskuser, akhirnya terwujud pada tanggal 1 maret 2013 , KASKUS resmi melakukan Launching Forum Baru: Green Lifestyle! dan bahkan masuk dalam 9 kabar baik Earth Hour Indonesia (@EHIndonesia)




Berpose Sejenak Usai Melakukan Penanaman

3. Wah keren-keren :Y Kira-kira ada berapa jumlah Kaskuser yang tergabung dengan Komunitas Green Lifestyle?
Sampai saat ini, udah ada lebih dari 400 kaskuser yang gabung dalam komunitas kita



Buka Bersama KASKUS Officer dan eRYe

4. Sering gak sih ngadain gathering? Biasanya ngapain aja kalau lagi gathering?
Belum sama sekali malah, hehehee.. karena sudah setahun lebih sejak terbentuknya forum Greenlifestyle, kami belum mengadakan gathering. Kami biasanya nimbrung di beberapa event lingkungan seperti Earth Hour, Hari Ciliwung, Hari Sampah Sedunia dan masih banyak lagi.


Kopdar Dadakan

5. Banyak Kaskuser yang pengen tau, sebenernya apa aja sih ciri-ciri gaya hidup yang “hijau”?
Ciri-cirinya lebih ditekankan kepada habit (kebiasaan) yang bermula dari aksi nyata. Salah satunya yang paling mudah adalah menolak kantong plastik ketika berbelanja di minimarket ataupun membeli makanan di warung.



6. Langkah-langkah sederhana apa yang bisa Kaskuser lakukan untuk mendukung kampanye green lifestyle?
Cara-caranya cukup mudah kok, bisa dengan membuat thread di kaskus yang berisikan konten-konten yang membahas tentang lingkungan hidup dan dishare ke social media, atau pakai kaos-kaos yang berisikan kata-kata bermuatan lingkungan setiap hari tapi jangan terlalu umum kata-katanya. Lebih baik yang sedikit radikal effect-nya karena masyarakat perlu pemahaman yang lebih greget. Misalnya : "Gue seriusss!! buang sampah di kali bikin bencanaaa!!" atau "Go to hell environment enemies"



Aksi Tanpa Plastik & Styrofoam

7. Siap Gan! Besok mau buat T-Shirt baru ah Ada cerita menarik / memorable gak selama Komunitas Green Lifestyle berdiri?
Banyak buanngeet.. mulai dari bertemu orang-orang hebat sepanjang mengikuti event-event lingkungan dan bertemu teman-teman baru sewaktu diundang untuk menjadi narasumber di event Kaskus Lounge Goes to School dan berinteraksi langsung dengan Andrew Darwis, siswa-siswi SMAN 21 Pulomas, dan dari manajemen Kaskus sendiri.




8. Ceritain dong beberapa fakta unik tentang Komunitas Green Lifestyle yang mungkin Kaskuser belum tau
Fakta unik? Hmmm.. ane rasa sih uniknya cuma dua. Pertama, rata-rata cuma menjadi komentator atau pembuat thread karena minimnya kemauan untuk beraksi nyata di lapangan. Mungkin lebih betah ngaskus kali ya ketimbang berkotor-kotor karena lumpur.. hehehe

Lalu kalau waktu kopdar selalu malu-malu (sista) dan salting (agan), mungkin si agannya gak tahan lihat IGO yang berjiwa environmentalist kali yaa.. hahahah


Menanami Kembali Hutan Rakyat di Kabupaten Gunung

9. Menurut Komunitas Green Lifestyle, bagaimana kesadaran dan keseriusan pemerintah untuk mewujudkan kondisi green-living (terutama pemerintah kota atau daerah)?
Selama ini pemerintah belum sadar dan belum serius, karena jika mereka menyatakan peduli, itu hanya bersifat proyek. Ambil contoh sungai Ciliwung, normalisasi sungai Ciliwung versi mereka adalah diturap beton sepanjang DAS (Daerah Aliran Sungai), dan proyek tersebut tidak dikaji dulu AMDALnya sehingga merusak ekosistem sungai. Seperti berkurangnya daya resap air tanah, hilangnya biota-biota sungai, dan tidak tumbuhnya tanaman yang berada di bantaran sungai. Padahal jika daya resapnya berkurang, maka jelas air kiriman dari Bogor tidak terserap sehingga akan turun ke bawah (Jakarta) laksana air bah berkecepatan tinggi dan cepat banjir dalam hitungan menit, mirip seperti tsunami. Bahaya bukan?


Car Free Day Collaboration

10. Wahh serem banget ya Gan Btw, untuk memperingati hari Bumi kemarin, event apa yang udah digelar sama Green Lifestyle?
Kami bekerjasama dengan Komunitas Ciliwung mengadakan acara penanaman pohon, susur kampung, susur sungai, dan sarasehan antara warga dan komunitas.



11. Ada gak membernya Komunitas Green Lifestyle yang udah pernah diliput sama media? Boleh dishare?
Boleh banget dong, membernya adalah yang memegang akun EarthHourID hehehe


Earth Hour Yogyakarta


Earth Hour 2012

12. Sipp, terima kasih banyak Gan untuk waktunya. Keep Green Gan!
Masama Gan! Cheers!


Jangan lupa mampir ke Forum Green Lifestyle Gan!


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/535e2f386507e75f088b46b5

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)