Home » » Serba-Serbi Tentang Sendal Jepit

Serba-Serbi Tentang Sendal Jepit

Proud To Be Part Of

Click Image To Visit Our Home
_______________________________

Buka, dorong dikit-dikit, masukin, goyang lalu dijepit..
Hmmhh… nyaman, enak banget rasanya...

Nggak usah bayangin aneh-aneh gan, itu cuma ungkapan saat kita pakai sandal jepit gan.. Sandal jepit memang alas kaki yang murah dan tidak banyak dikomplain oleh konsumen, sampai sekarang lembaga konsumen Indonesia tidak pernah menerima keluhan tentang sandal jepit yang putus, lepek, maupun tentang frekuensi kehilangannya.. Coba deh, apa agan pernah denger ada yang komplain?..

Spoiler for Cuplikan Sejarah Sandal Jepit..: Kita semua udah nggak asing lagi dengan sandal jepit, karena benda ini begitu dekat dengan aktivitas sehari-hari kita. Sandal jepit yang kita kenal saat ini adalah sandal berwarna-warni dari karet atau karet sintetis. Tali sandal berbentuk huruf "v" menghubungkan bagian depan dan bagian belakang sandal. Bagian bawah sandal umumnya rata (tidak memiliki hak), sedangkan bagian atas sandal tidak memiliki penutup. Sandal jepit dipakai dengan meletakkan poros bagian depan tali sandal di antara ibu jari dan telunjuk kaki, sehingga tidak terlepas sewaktu dipakai berjalan. Selain dipakai di dalam ruang atau kamar mandi, sandal jepit digunakan di luar rumah pada kesempatan tidak resmi, dan kegiatan rekreasi seperti di pantai atau kolam renang.

Sandal adalah alas kaki yang mungkin sudah dikenal manusia sejak zaman Mesir Kuno. Di zaman kuno, orang India, Assyria, Romawi, Yunani, dan Jepang juga mengenakan sandal. Menurut sumber, dalam perkembangan sejarah umat manusia, sandal berbarengan dengan jaman logam. Terutama setelah diciptakannya paku, karena saat itu sering terjadi kecelakaan (kaki tertusuk paku) sehingga diciptakan lah sandal, sebagai pelindung kaki.

Walaupun bentuknya sederhana tetapi sandal jepit melalui sejarah yang panjang tak banyak yang tahu perkembangan sandal jepit hingga seperti saat ini. Berikut adalah cuplikan singkat sejarah sandal jepit hingga familier seperti sekarang ini:

Quote:Era Mesir
Sandal pertama yang diciptakan manusia berasal dari Mesir. Sandal itu terbuat dari kayu dan daun papirus. Untuk mencetak sol sandal, mereka mencetak bentuk kaki di atas pasir pantai.


Quote:Era Yunani
Modelnya disesuaikan dengan kegiatan yang mereka lakukan, seperti untuk jalan-jalan, pesta, atau dipakai di rumah. Sandal bagi bangsa Yunani juga mencerminkan status dan kelas sosial si pemakai. Bukan dominan sandal jepit sih, tapi cenderung ke alas kaki secara umum karena peradaban sudah semakin berkembang.

..ini bukan jepit ..

Quote:Era Romawi
Model Romawi diadopsi dan diadaptasi dari gaya sandal Yunani. Salah satu ciri khas sandal hasil modifikasi Romawi adalah penggunaan bahan kulit, tali pengikat yang dililit sampai betis, dan sol tebal dari kulit. Dengan sandal model ini (disebut caligae), para prajurit Romawi atau gladiator bisa berperang dengan nyaman dan bebas. Kaum perempuan zaman Romawi umumnya memakai sandal dari kain.

...ini juga bukan jepit, tapi perkembangannya melalui tahap ini..

Quote:Era Modern hingga saat ini
Dalam perkembangannya, yang paling berperan adalah Jepang. Alas atau sol sandal dibuat dari gabus. Bagian penutupnya dari kulit yang dijahit dengan bagian atasnya. Bagian jari kaki dibiarkan terbuka, dilengkapi sabuk atau tali agar tak mudah lepas dari kaki pemakai. Sol sandal juga dibuat dari karet, plastik, kayu, ban bekas, anyaman tali, atau anyaman rumput. Ada pula sandal jepit atau sandal Jepang yang berwarna-warni dan terbuat dari karet atau plastik. Hingga seperti bentuk2 sekarang yang udah begitu akrab kita lihat.



Tidak terlalu jelas juga sih, tapi perkembangan di Indonesia, sandal jepit ini mungkin sudah mulai ada dari Jaman Tarumanagara, sekitar abad ke 7. Hal tersebut dibuktikan dengan penemuan batu tulis yang didalamnya ada tulisan/prasasti dan telapak kaki Raja. Telapak kaki tersebut sebenarnya adalah cetakan untuk membuat sandal raja. Sayang sekali nggak ada keterangan sandal apa yang dibuat. Tetapi yang jelas dari cetakan telapak kaki raja tidak ada tanda kaki raja pecah-pecah, berarti kaki raja sehat dan ane yakin raja sudah pakai sandal.

Hingga saat ini tak seorang pun yang berani mengklaim sebagai penemu sandal jepit. Ini sangat mengherankan, walaupun tidak sebergengsi penemuan lain seperti penemuan listrik oleh Thomas Alva Edison, sandal jepit merupakan kebutuhan sehari-hari seperti listrik. Bahkan antara sandal jepit dengan listrik ada hubungan. Kalau anda sedang memperbaiki arus listrik (kabel), harus memakai sandal jepit, kalau tidak memakai kita bisa kesetrum. Bwueh, bisaan aja ane hubunginnya

Udah ah, bahas sejarahnya..
Biasanya malah pada ngantuk kalo udah ketemu sejarah-sejarah begini. Nah, apakah kita sadar bahwa "peradaban" sandal jepit kini sudah berbeda?.. Banyak kreatifitas, kekonyolan dan ke-absurd-an sandal jepit (lebih tepatnya sih pemilik sandal jepit ) yang tertangkap (baca: ditangkap) kamera. Pengen tahu seperti apa?..

Spoiler for Cuplikan Hal Kocak Sandal Jepit: Sandal jepit saat ini tidak sekedar sebagai alas kaki, ada fungsi-fungsi yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Salah satunya fungsi menuangkan sesuatu yang ada diimajinasi pemiliknya. Mungkin trend otak-atik sandal jepit ini sudah berlangsung sejak lama, namun kereatifan itu seolah terbatas hanya disekitar kita yang bisa kita temui secara langsung. Tapi sekarang, saat era serba saling terhubung, kita bisa sangat bebas menyebarkan apa yang pernah kita lihat. Termasuk kekocakan-kekocakan tentang sandal jepit berikut ini. Yuk kita simak!..

Sok FotogenicSpoiler for ..:
Ciee ciee ciee, lagi pada galau nih yee.. Potonya pake teknik Tilt Shift lagi..

Motif pantainya.. santai banget ente gan..
PenghijauanSpoiler for ..:
Beneran green life style beneran ini gan..
Takut IlangSpoiler for ..:
Pasti nih sandal belum lunas, segitunya takut ilang?..

Gile.. Udah selenco (salah pasangan), masih takut ilang ajah..

Kampret!.. Asli lebay nih pengamanannya.. Nggak sekalian pake alarm gan?..

Waduh.. Mending beli dah daripada nyolong yang ini..

Backingnya kuat banget nih.. Yang nyolong bisa berabe dah urusannya..
Anti MainstreamSpoiler for ..:
Pake ini bisa keliatan seksi gitu yah gan?..

Gak bisa bayangin susahnya jalan pake model yang ini

Dulu, ane suka semangka.. Sejak tahu sandal ini, enggak lagi..

Bukan sandal jepit sih, tapi beneran bikin jengkel liatnya..

Anjir.. Enak gitu pake yang model begini?..
Ucapan SelamatSpoiler for ..:
Kira-kira nyampe nggak nih pesan ucapan selamatnya..
IdolaSpoiler for ..:
Setdah!.. Ini sangking ngefans sama the beatles sampe detil banget bikinnya.. Keren juga sih

Yang ini juga, kalo ketauan sama James Hetfield bisa dibeli nih..

Slankers keren nih, kalo ilang mah bisa nagis dah

Wedeeh, Pasha Ungu juga bakal seneng ngeliatnya..

Cara design udah pro banget nih gan.. Lazio bisa keren gitu..
Kampanye/IklanSpoiler for ..:
Ini gimana kampanyenya kalo keinjek?.. Fail dah fail..

Kolaborasi rokok sama es krim.. Nggak masuk banget dah..

Trus ini maksudnya juga gimana yah?..
Lain-lainSpoiler for ..:
Perjuanganmu tiada tara gan.. Museum sandal jepit siap menampungmu..

Cinta memang tak memandang apapun.. Asal mau menerima apa adanya..

Kagak ketemu air berapa tahun ente gan?..

Tega bener nih asli.. Masa sampe sekecil itu motong2innya?..

Jangan remehin dulu ya gan, Jangan2 yang punya juragan tanah nih..

Udah reyot, jomblo lagi.. Kasian banget ente gan?..

Sedang dilema, harus bertahan atau rela tersingkir..

Sendal maho-pun gak memandang perbedaan..

Kreatif apa ngenes nih liatnya gan?..

Demikian thread serius tapi santai dari ane gan, semoga menambah informasi dan menghibur buat agan-agan sekalian. Ane menyusun thread ini dari berbagai sumber: 1, 2, 3, 4 dan didukung oleh 5
Jika berkenan mohon rate 5 + cendol full bar


Kalo agan punya yang lebih kocak, upload dong gan!



Yuk Kunjungi Karya Breaman Brotherhood Lainnya

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5346b8cdfdca1799088b4692

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)