Home » » Udah Tau Belum Apa yang Menyebabkan Bakso Bisa Kenyal?

Udah Tau Belum Apa yang Menyebabkan Bakso Bisa Kenyal?



Selamat Sore,Siang,Pagi,ataupun Malam Agan-Agan sekalian
Semoga Agan2 semua dalam keadaan sehat wal afiat Amiin.


ABIS BACA TRIT INI,SEMOGA AGAN2 SEKALIAN SUDI UNTUK

ATAUPUN


Tapi UTAMAKAN UNTUK


Semoga TRIT ini Nggak ,Kalo Repost mohon maaf


Spoiler for ALHAMDULILLAH: Spoiler for ALHAMDULILLAH: Alhamdulilah Ternyata Jadi HT ke-11 Ane

Terima Kasih Buat Tuhan YME
Terima Kasih Mimin,Momod,Kaskus Officer,Kawan2 Kaskuser,Dan Juga Pastinya temen2 STK


Quote: MACAM-MACAM PENGENYAL BAKSO

Quote:
Agan pernah makan bakso ? Kalo pernah gimana rasanya ? .Kenyal2 gitu kan .Tau bahan apa yang bikin kenyal baksonya ? .Kalo belum mari kita ulas bersama bahan2 yang bikin bakso kenyal


Quote: 1. KARAGENAN

Spoiler for Karagenan:
Karagenan adalah pengenyal bakso yang alami karena terbuat dari bahan rumput laut. sifatnya bisa mengentalkan adonan, saya punya contoh, kalau anda pernah bikin agar-agar, dengan memakai hanya sekitar 7 gram tepung agar-agar kemudian ditambah air 4 gelas (800 cc), di sini terlihat tepung agar-agar yang jumlahnya sangat sedikit 7 gram, mampu mengikat air sebanyak 4 gelas menjadi seperti jelly. luar biasa kan.
Nah pengenyal bakso karagenan juga mempunyai sifat demikian dalam sebuah adonan bakso.
Karaginan merupakan kelompok polisakarida galaktosa yang diekstraksi dari rumput laut. Sebagian besar
karaginan mengandung natrium, magnesium, dan kalsium yang dapat terikat pada gugus ester sulfat dari galaktosa dan kopolimer 3,6-anhydro-galaktosa. (Nehen,1987)
Karena pengenyal bakso karagenan ini alami dan berserat tinggi, maka sangat baik bila digunakan untuk pengenyal bakso. tetapi karena spesifikasi karagenan sangat beragam, ada yang untuk mie, es krim, yogurt, bakso dll, maka sebaiknya pilih karagenan yang dispesifikasikan khusus untuk bakso.
Sedangkan faktor harga, relatif cukup tinggi untuk kalangan industri bakso. Tetapi untuk perorangan yang hobby membuat bakso, saya kira patut dicoba karena alasan alami dan sehat.
Kadar pemakaiannya 1-2% dari berat total adonan.


Quote:2. SODIUM TRIPOLYPHOSPAT FOOD GRADE
Spoiler for SODIUM TRIPOLYPHOSPAT FOOD GRADE:
Pengenyal bakso Sodium Tripolyphospat sering di singkat STPP atau kadang juga disingkat STP. Pengenyal bakso ini Berbentuk serbuk putih, merupakan anorganik material dengan rumus kimia Na5P3O10 (wikipedia). cukup familiar dikalangan pedagang bakso, harga pengenyal bakso ini cukup terjangkau.
Sodium tripolyphospat digunakan dengan konsentrasi maksimum 0,4%.
Menurut ahli pengolahan hasil ternak Undip Dr Ir Anang M Legowo MSc, dalam penelitiannya, penambahan sodium tripolifosfat dengan konsentrasi 0,1% sampai 0,2% saja sudah cukup bagus untuk mengenyalkan bakso.(di kutip dari koran Suara Merdeka).
Pemakaian yang terlalu banyak bisa menimbulkan rasa getar atau agak pahit.


Quote:3. MIXPHOS
Spoiler for MIXPHOS:
Pengenyal bakso MIXPHOS merupakan sebuah merek dagang yang sangat populer di kalangan industri perbaksoan. Sebenarnya MIXPHOS atau PHOSMIX adalah percampuran dari berbagai phospat. Phosmix Ada yang di impor dari Australia, tetapi produk lokal Indonesia juga ada. Kualitas phosmix impor dan lokal hampir setara. Referensi dari beberapa temanku yang berkecipung di dunia perbaksoan mengatakan kalau pengenyal bakso ini lebih Mahal dari STPP hampir 3 kali lipat. tetapi kualitasnya memang lebih baik dalam hal mengenyalkan bakso. Selain itu rasa getar juga tidak timbul ketika kita memakai pengenyal bakso ini.
Pemakaian dalam adonan maksimal 0.5 % dari berat total adonan.


Quote:4. MIXKARAGEN
Spoiler for MIXKARAGEN:
Pengenyal bakso yang satu ini adalah perpaduan dari pengenyal alami dan pengenyal sintetis. Jenis pengenyal ini bisa membuat tekstur bakso jadi lebih mulus. Biasanya digunakan sekitar 0,5 hingga 1% dari berat total adonan bakso.


Quote:5. Natrium Bikarbonat
Spoiler for Natrium Bikarbonat:
Penyenyal yang satu ini termasuk ke dalam kelompok garam dan disebut juga dengan baking soda. Bentuknya menyerupai kristal dan berbentuk serbuk. Untuk menggunakannya perlu dilarutkan dahulu dalam air sebanyak 0,2% dari berat total adonan.


Quote:SUMUR 1
SUMUR 2




Spoiler for Kata Agan ini: Quote:Original Posted By Cucigosokâ–º
ane sewaktu masih kuliah sering buat karagenan dari rumput laut semester awal, memang agak rumit dalam pengolahan karagenan rumput laut dari mulai raw material bentuk rumput laut utuh sampai bentuk menjadi karagenan hampir membutuhkan waktu 5-6 jam pembuatan dgn proses drying menggunakan oven dengan suhu tertentu.
menurut dosen ane dulu kuliah kualitas karagenan yang paling baik masih dipegang dari bahan hewan ternak terutama babi,krn diindonesia mayoritas penduduknya muslim maka penggunaan karagenan berbahan dasar hewan babi diganti dengan sapi yang memiliki struktur yang lbh aman utk dikonsumsi.namun sekarang masyarakat sudah pintar dgn menggunakan karagenan rumput laut yang memiliki lbh banyak serat dan mineral yang mampu diserap lebih cepat oleh tubuh kita.

Page one bila berkenan gan



Quote: Thread Ini Didukung Oleh

Klik Banner Untuk Ke Markas

Quote: MAMPIR JUGA KE TRIT ANE YANG LAIN
Cara Simpel Agar Agan Hidup Lebih Lama
Kumpulan Logo Terkenal Yang Diubah Memakai Comic Sans Font,KERENN GAN !!
[MUNGKIN] Beberapa Alasan Kenapa Visitor Bisa Dateng Ke Profil Agan Di KasKus
Beragam Tempat Yang Terapung,Dari Pasar Terapung sampai Golf Terapung
Kreativitas Penduduk Pedalaman China Patut Dicontoh Gan,,,CEKIDOTTT !!!

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/535b65ddc2cb175f338b4667

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger