Home » » Update Seputar Kebakaran di Pasar Senen Dini Hari Tadi

Update Seputar Kebakaran di Pasar Senen Dini Hari Tadi

Quote:Asap Hitam Membumbung di Pasar Senen, Api Diduga dari Toko Kain
Spoiler for pic:
Jakarta - Kebakaran yang melanda Blok 3 lantai 3 Pasar Senen, Jakpus masih belum berhasil dipadamkan. Makin siang, makin kelihatan asap yang membumbung tinggi di langit Senen.

Pantauan di lokasi, Jumat (25/4/2014) asap hitam terlihat mengepul dari api di lantai 3. Lokasi kebakaran ditutup oleh petugas polisi.

Pemadam kebakaran, dengan membawa selang air. Namun upaya pemadaman sampai saat ini belum berhasil.

Banyak pedagang dari blok lain, yang lokasinya tak begitu dekat dengan TKP kebakaran menerobos masuk untuk mengambil barang dagangannya. Mereka takut kebakaran semakin merembet.

"Informasinya, dari toko kain. Jadi cepat menyebar," ujar petugas kepolisian Briptu Triyanto.

Quote:3 Jam Berlalu Asap Hitam Masih Membumbung di Langit di Atas Pasar Senen

Jakarta - 3 Jam berlalu asap hitam membumbung di atas langit Pasar Senen, Jakpus. Petugas pemadam kebakaran terus berupa melokalisir api agar tidak meluas. Api diketahui mulai terlihat di lantai 3.

Pantaun detikcom, Jumat (25/4/2014) pukul 07.00 WIB, asap hitam ini menarik perhatian pengendara yang melintas. Selain karena jalan ditutup mereka penasaran karena asap hitam begitu pekat.

Para pedagang masih sibuk berusaha menyelematkan barang yang bisa diambil. Walau garis polisi sudah dipasang, pedagang yang masih agak jauh dari titik kebakaran nekat mengemas dan membawa pergi barang mereka.

Belum diketahui penyebab kebakaran ini dan dari toko mana asal titik api berasal. Hanya saja seorang petugas kepolisian menyebut, api diduga berasal dari toko kain. Namun Kapolsek Senen Kompol Kartono yang ditemui di lokasi belum mau berkomentar.

Hingga kini, petugas kepolisian melakukan pengamanan di lokasi dan pengaturan arus lalu lintas sedangkan petugas pemadam berupaya mencegah api meluas dan melakukan lokalisir.


Quote:Di Tengah Hiruk Pikuknya Senen, Seorang Pedagang Pasrah Kiosnya Ikut Terbakar

Jakarta - 'Si Jago Merah' yang beraksi di lantai 3 Blok 3 Pasar Senen, Jakpus, masih belum berhasil dipadamkan. Api malah merembet ke kios-kios lain di lantai tiga.

Suasana hiruk pikuk terlihat di Pasar Senen, pedagang berlomba-lomba menyelamatkan barang dagangan mereka. Polisi membolehkan pedagang yang kiosnya tak begitu dekat dengan lokasi kebakaran, untuk masuk mengamankan barang mereka.

Di tengah-tengah suasana 'chaos' itu, ada seorang ibu yang duduk lesu di pinggiran komplek Pasar Senen. Ketika yang lain berlari dan berteriak ke sana kemari, dia terdiam, tanpa semangat.

"Kios saya di lantai tiga. Ya sudah kena," ujar ibu tersebut dengan nada lirih, Jumat (25/4/2014).

Menurut perempuan yang mengenakan kemeja warna hitam itu, anak buahnya sudah mengecek ke atas. Kios kain miliknya saat ini tengah terbakar.

"Ya saya sudah pasrah diberitahu anak buah tadi, mau apalagi," ujarnya.

Quote:Hilir Mudik, Pedagang Taruh Dagangannya Begitu Saja di Halaman Pasar Senen
Spoiler for pic:
Jakarta - Sejumlah pedagang di Pasar Senen, berupaya mengamankan barang dagangan mereka dari api di blok 3 lantai 3 yang sampai saat ini masih membara. Pedagang menaruh begitu saja dagangan mereka di halaman pasar.

Berdasarkan pantauan, pedagang yang lokasi kios mereka agak berjauhan dari tempat kebakaran, diperbolehkan masuk untuk mengamankan barang-barang mereka. Sedangkan lokasi kebakaran ditutup oleh pihak kepolisian.

Para pedagang dan krunya pun keluar masuk Pasar Senen. Begitu mengeluarkan barang dagangan, mereka meletakkan begitu saja dagangan mereka. Entah itu di halaman, jalan atau tempat lain.

Ada sayur-sayuran yang tergeletak begitu saja. Ada pula tumpukan kardus dengan isi bervariasi yang diparkir di halaman pasar.

Sampai saat ini api masih belum berhasil dipadamkan. Api dilaporkan mulai muncul pukul 04.00 WIB Jumat (25/4/2014) dinihari tadi.

Quote:Ini Dahsyatnya Penampakan Si Jago Merah di Pasar Senen
Spoiler for pic:
Jakarta - Api membakar Pasar Senen, Jakpus. Belum diketahui apa penyebabnya, petugas kebakaran masih berupaya melakukan pemadaman. Bumbungan asap hitam dari kebakaran itu terlihat dari berbagai lokasi.

Pembaca detikcom, Sisca sempat mengabadikan api dan asap yang membakar Pasar Senen, Jumat (25/4/2014) pukul 07.30 WIB. Asap hitam dan api masih terlihat. Petugas pemadam juga sibuk menyemprotkan air.
Spoiler for pic:
Kebakaran ini juga membawa duka bagi pedagang, mereka sibuk menyelematkan barang yang bisa dibawa. Barang yang tak terambil hangus dilalap si jago merah.

Kebakaran ini juga mengakibatkan kemacetan lalu lintas di depan Pasar Senen. Arah ke Matraman tak bisa dilintasi karena jalan tertutup mobil pemadam. Sedang yang ke arah Ancol juga mengalami kemacetan namun lalu lintas masih bisa bergerak.

Quote:Api Kini Merembet ke 3 Lantai Pasar Senen, Terdengar Suara Ledakan
Spoiler for pic:
Jakarta - 'Si Jago Merah' yang beraksi di Lantai 3 Pasar Senen, kini mulai merembet ke dua lantai di bawahnya. Kebakaran yang makin meluas ini juga diwarnai dengan suara ledakan.

Terdengar sedikitnya enam kali ledakan, dalam kurun waktu lima menit. Belum diketahui sumber suara ledakan tersebut.

Api yang pada pagi tadi membakar lantai tiga saja blok tiga, pusat kain dan pakaian, kini sudah meluas ke tempat lain. Di lantai satu dan dua di blok tiga tampak api sudah merembet sampai sana.

Hawa panas yang ditimbulkan oleh kobaran api juga semakin meluas cakupannya. Awalnya warga yang berdiri di luar police line, masih bisa dengan nyaman menyaksikan kobaran api, kini mereka harus mundur beberapa langkah karena hawa panas mulai menyengat.

Api dilaporkan pertama kali muncul sekitar pukul 03.00-04.00 WIB, Jumat (25/4/2014). Kobaran berasal dari lantai 3 Blok 3.

Quote:Api Membara, Ini Penampakan Pedagang yang Coba Selamatkan Barang di Pasar Senen
Spoiler for pic:
Jakarta - Api masih membara membakar Pasar Senen, Jakpus. Api melalap seluruh bangunan di Blok 3 Proyek Senen. Belum diketahui apa penyebab kebakaran ini. Namun tentunya kebakaran ini membawa duka bagi para pedagang.

Sejak pagi, Jumat (25/4/2014) ratusan pedagang sudah bergerak menuju toko mereka. Upaya dilakukan agar barang dagangan mereka bisa diselamatkan. Yang beruntung, karena api masih jauh dari kios, barang bisa dibawa. Yang tak beruntung, hanya pasrah karena petugas melarang mengambil khawatir malah menjadi korban.

Para pedangan pun bahu membahu membawa barang mereka. Barang dagangan antara lain pakaian itu ditaruh di area yang aman diletakkan begitu saja. Pedagang yang lain atau kerabat ada yang menunggui.
Spoiler for pic:
Kebakaran ini tentu menjadi bencana bagi para pedagang ini. Apalagi lebaran tinggal 2 bulan lagi. Di masa Ramadan, para pedagang dan kain yang kiosnya terbakar di lantai 2 blok 3 yang menjual pakaian dan kain bisa meraup untung.

Pihak Polda Metro Jaya Sebelumnya melansir diperkirakan ada 1.600 kios yang terbakar. Belum diketahui berapa nila kerugian dalam kebakaran ini.

Quote:Dirut PD Pasar Jaya: Tak Ada Sabotase dalam Kebakaran Pasar Senen

Jakarta - Pasar Senen, Jakpus terbakar. Pihak PD Pasar Jaya mengaku tak ada sabotase dalam insiden kebakaran yang terjadi Pukul 04.25 WIB.

"Tidak ada sabotase. Bangunannya memang sudah tua sejak tahun 1974-an," kata Dirut PD Pasar Jaya, Djangga Lubis di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (25/4/2014).

Karena masih ditangani polisi, Djangga enggan menduga apakah ada unsur kesengajaan dalam kebakaran ini.

Info yang dia dapatkan, 2/3 bagian dari Pasar tersebut hangus dilalap si jago merah. PD Pasar Jaya mencatat terdapat 3.096 tempat usaha di pasar teresebut.

"Berarti sekitar 2.043 kios," sambungnya.

Quote:5 Jam Berlalu, Sulitnya Air dan Padatnya Lalin Hambat Pemadaman Api di Pasar Senen
Spoiler for pic:
Jakarta - Kobaran api di Pasar Senen Jaya Blok 3 semakin membesar. 5 jam sudah petugas melakukan pemadaman, namun api masih saja melalap kawasan tersebut. Petugas mengaku kesulitan saat memadamkan api.

"Kendala Kontinuitas airnya kurang bagus, airnya tekor," kata Kasudin Damkar Jakarta Pusat Subejo di Pasar Senen Jaya, Jl Senen Raya, Jakarta Pusat, Jumat (25/4/2014) pukul 09.30 WIB.

Air yang digunakan untuk memadamkan api diambil dari Kali Ciliwung. Padatnya lalu lintas juga menjadi salah satu kendala pemadaman api.

"Rolling door kios mereka juga belum dibuka. Jadi kita sulit memprediksi gerakan apinya ke mana," kata Subejo.

Material berupa kain yang mudah terbakar juga semakin menyulitkan pemadaman api. Api yang semula hanya membakar beberapa kios semakin menyebar hingga hampir di seluruh Blok 3.

"Kita sedang upayakan mudah-mudahan jangan sampai menyebar ke blok sebelahnya," kata Subejo.



Quote:Jaga Kios dari Penjarahan, 20 Personel Brimob Diturunkan ke Pasar Senen
Spoiler for pic:
Jakarta - Sebanyak 20 personel Brimob diturunkan ke Pasar Senen. Tak tanggung-tanggung, mereka dilengkapi dengan senjata laras panjang dan perlengkapan anti huru-hara.

"Kami untuk antisipasi saja dari penjarahan, maling dan warga yang tidak berkepentingan masuk ke dalam area," ujar Brigadir Iwarto selaku ketua tim yang tengah berjaga-jaga di bagian timur gedung pasar yang terlalap api di lokasi, Jl Senen Jaya, Jakarta Pusat, Jumat (25/4/2014).

Sementara itu Kapolres Jakarta Pusat Kombespol Hendro Pandowo mengatakan, pihaknya telah menyiagakan 5 kompi personel, 1 kompi Brimob, 2 kompi Pengendali Massa (Dalmas), sejumlah pemadam kebakaran dan ambulans di sejumlah titik.

"Area begitu luas. Para personel disiagakan di titik-titik jalan raya dan objek-objek tertentu. Diperkirakan api telah menghanguskan sedikitnya 2.000 kios dari 3.200 kios di lantai 3," kata Hendro.

Meski demikian, pihaknya belum dapat memastikan penyebab kebakaran di lokasi tersebut. "Kami belum dapat memastikan penyebab kebakaran sebelum ada hasil olah TKP dari Puslabfor," imbuhnya.

Pantauan detikcom di lokasi, saat ini api masih menyala di lantai 3. Begitu pula dengan kepulan asap hitam yang masih menebal. Tetapi, tampak sejumlah pedagang sudah tidak seintens lagi mengevakuasi barang-barang dagangannya seperti pagi hari tadi.

Saat ini upaya pemadaman sudah sampai di lantai 2 setelah sebelumnya difokuskan di lantai 3. Untuk arus lalu lintas, terlihat dari arah Kemayoran menuju Jalan Keramat sangat padat dikarenakan sekitar ribuan warga berkumpul.

Quote:Jokowi Tinjau Lokasi Kebakaran di Pasar Senen
Spoiler for pic:
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo datang ke lokasi kebakaran di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Jokowi memantau proses pemadaman dan memberikan pengarahan kepada para petugas.

Sekitar pukul 09.45 WIB, Jokowi yang mengenakan baju koko putih dan celana hitam tiba di sisi timur Pasar Senen yang terbakar. Jokowi ditemani oleh pejabat dari PD Pasar Jaya, pegawai Pemprov DKI dan pihak kepolisian.

Saat tiba di lokasi Jokowi sempat berdiri sejenak sambil menatap ke arah asap hitam yang berada di lantai tiga. Sekitar lima menit Jokowi memberikan pengarahan agar petugas melarang warga mendekati lokasi kebarakan.

"Jangan ada warga yang masuk dulu," kata Jokowi ke salah satu petugas yang ada di lokasi.

Jokowi kemudian masuk lebih dalam ke lokasi kebakaran. Jokowi melarang para wartawan dan warga untuk mengikuti.

Hingga pukul 09.50 WIB saat berita ini dilaporkan, Jokowi masih berada di lokasi.

Quote:40 Mobil Damkar Diterjunkan 'Keroyok' Api di Pasar Senen

Jakarta - Enam jam sudah berlalu sejak pukul 04.00 WIB, namun kebakaran di Pasar Senen, Jakarta Pusat masih belum berhasil dipadamkan. Petugas telah menurunkan 40 mobil pemadam kebakaran untuk menjinakkan api yang mengamuk di lantai 2 dan 3 itu.

"40 damkar terakhir (yang diturunkan), ini mau tambah lagi," kata Kasudin Pemadam Kebakaran Jakpus, Rahmat Kristantio, kepada wartawan di lokasi, Jumat (25/4/2014).

Rahmat mengatakan petugas baru menerima laporan kebakaran pukul 05.15 WIB. Sedangkan api sudah mulai terlihat sejak pukul 04.00 WIB subuh.

"Pelapor sudah berusaha padamkan sebelum panggil kita, jadi pas kita datang sudah agak terlambat," ucap Rahmat.

Menurut Rahmat api sudah melalap sisi utara lantai 3 pasar. Petugas kini berupaya agar bagian selatan tidak ikut terbakar.

Info yang dia dapatkan, dua per tiga bagian dari Pasar tersebut hangus dilalap si jago merah. PD Pasar Jaya mencatat terdapat 3.096 tempat usaha di pasar tersebut.

Hingga pukul 10.25 WIB api masih berkobar dan kepulan asap hitam masih membumbung tinggi di lokasi.

SUMBER

Turut berduka untuk para pedagang yg kena musibah..
Semoga di beri kesabaran dan mudah2an rejekinya ga putus.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5359c2da0d8b460c718b458c

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger