Home » » Bahan-Bahan Kimia di Sekitar Kita yang Bisa Dijadikan Eksperimen

Bahan-Bahan Kimia di Sekitar Kita yang Bisa Dijadikan Eksperimen

SELAMAT DATANG

Quote:sebelumnya maaf kalo ini repost ya gan.

oke langsung aja ya gan... di bawah. ini ga cuma bahan kimia, tapi juga ada rahasia tentang fisika yang bekerja di dalam setiap kegiatan kita yang tanpa sadar kita sering menjumpainya. dan kalu agan tau itu, agan pasti akan bahagia

Quote:pasti semua barang barang di rumah agan mengandaung bahan kimia dong ya?? pasti tanpa kita sadari kita cuma pake bahan itu gitu gitu aja tanpa tau ada manfaat lain dari bahan tersebut. ihh.. sayang banget gan. loh kok sayang? ya karena masih banyak manfaat dari bahan tersebut loh gan masih ga percaya? coba cekidot aja gan


Quote:1. kulit jeruk
Spoiler for kulit jeruk
hah? kulit jeruk? ngaco nih Si TS. apa apaan? dijadiin mobil mobilan gan? ah udah biasa itu lalu di jadiin apa gan? pernah kan saat kupas kulit jeruk ada kayak gerimis2 air gitu? yg bikin mata pedes itu lho wah sebenernya ini suatu yg sedikit menakjubkan kalo menurut ane sih... coba agan lakukan percobaan berikut :
1. kupas kulit jeruk
2. jangan dimakan kulitnya, makan jeruknya ya gan tapi disini kita pake kulit nya aja gan.
3. ambil sebatang lilin, nyalakan.
4. peras, eh bukan deng, kayak di pencet gitu. nih misalnya bentuknya lingkaran, pengang ujung sama ujungnya pake jari telunjuk sama jempol, nah trus deketin/semprotin ke api. amati api yg terjadi

nah dari percobaan tersebut, kita bisa liat kalo nyala api bertambah besar. kenapa demikian? karena tetesan tersebut ialah minyak kulit jeruk, minyak atsiri yg menyemprot dari gelembung gelembung kecil yang nampak di permukaan kulit, yg pecah ketika ditekan waktu ngupas.
minyak tersebut kaya zat arang; jika menyemprotkannya maka api akan membesar. minyak ini mudah menguap. baunya tajam, makanya terkadang dipak buat minyak wangi ya barangkali agan/ sista ada yg mau ngembangin ini dan jadi energi alternatif yang ramah lingkungan? why not?

Quote:2.bikin gunung berapi
Spoiler for bahan bahan
1. natrium bikarbonat (baking soda a.k.a pengembang kue)

2. cuka, sitrun buat nyuci, pokoknya yg asemnya ekstrim gan

3.pewarna baju/makanan biar makin ciamik. warnanya merah gan biar kayak lava gitu

4. botol buat wadahnya.. jangan lupa air ya gan
5. pasir, buat nutupin botol sampe bibir botol, biar keliatan kayak gunung

langkah langkahnya
1. campurin semua bahan. botol yg diisi air, trus cuka, trus pewarna. kecuali soda kue nya
2. kalo semua udah masuk, ini saat yg menegangkan gan. jengjeng... masukin soda kuenya.. jangan dikit banget gan... nanti efeknya kurang jos. tapi jangan kebanyakan.. nanti tumpah semua.
3. liating yg terjadi. jangan bengong sampe ngences ya gan
ini gan bentuknya

penjelasan:
soda kue akan bereaksi dengan asam apapun, akan mnghasilkan zat karbon dioksida. tanpa asam zat ini ga akan menghasilkan karbon dioksida sampai temperaturnya 270 derajat celsius (panas banget gan) kalo unsur asam nya ga ada, ga bakal ada buih buih itu gan. gitu




Quote:3. pupuk
Spoiler for pupukpupuk yang mengandung amonium nitrat ya gan. kalo ga ada amonium nitrat nya gaakan bisa.


caranya yaitu aduk amonium nitrat dalam air maka air akan menjadi sangat dingin (jangan menutup atau mengocoknya; panas dapat membuat cairannya memercik) untuk percobaan ini anda cukup memakai beberapa sendok makan padatan tersebut dalam segelas air

mas TS, kenapa kok bisa dingin?
amonium nitrat adalah salah satu bahan dapat larut yang menyerap panas. bahan tersebut ngambil energi panas dari air dan menjadikan air dingin. dan pendinginnya luarbiasa... bisa sampe di bawah titik beku jadi ga heran... kompres2 yg instan (cold pack) , yg ga pake kain lap trrus dicelup air dingin. yg langsung di tempel di jidat itu dingin. itu sebenernya ada amonium nitratnya gan. jadi, kalo agan keseleo, atau cedera yg sakit banget kayak diputusin pacar gan bisa pake ini

selain yang diatas ada yg namanya hot pack. sama prinsipnya... cuma yg ini ngambil dingin trus ngeluarin panas. bahan kimianya yg digunakan yaitu kalsium klorida atau magnesium sulfat

ini bisa jadi kayak gini nanti gan


Quote:4. ngeluarin saos dari botolnya (ini agak OOT tapi ada hubungannya kok)
Spoiler for saos

siapa sih yang ga kenal sama barang yg selalu menyedapkan setiap makan di warung, apalagi makan baso atau mi ayam di kantin. belum afdol rasanya kalo belum pake yang namanya saus, iya kan? hayo ngaku... siapa yang kalo keluarin saus dari botolnya kayak mau nganu.. emm... apa ya yg suka nepok nepok pantat botolnya. hayo ngaku... pasti setiap kita disini pernah melakukan hal bodoh sperti itu termasuk saya sebenernya itu tuh malah mendorong saus menjauhi bibir btol loh gan.
mas TS, lalu cara ngeluarin isi yang baik dan benar dan elegan gimana?

gini caranya, pegang botol saus mendatar... trus sentakin maju ke arah makanan, jangan kearag gebetan loh ya saus tersebut akan mengalami gaya sentrifungal. apa sih sentrifungal? itu loh.. gaya yg keluar dari pusat lingkaran, karena kecepatan. yang kedua yaitu menyentakkan botol dari atas kebawah sepanjang sumbunya sambil mengarahkannya langsung ke piring tetapi berhenti tepat sebelum menyentuh makanan. cara ini lebih baik agan berdiri gan... biar lintasannya makin panjang. atau pake cara TS yaitu masukin sedotan, trus di kocok2 atau diaduk pake sedotan biar ada rongga udara yang masuk. itupun kalo ga dimarahin ibu ibu kantin

Quote:5. kembang api kecil kecilan a.k.a api yang berwarna
Spoiler for api yang berwarna

wih keren ya gan... api nya warnanya warna warni kayak hati ini yang lagi jatuh cinta ditambah pas lagi api unggun di perkemahan, trus temen temen udah pada tidur, yang bangun agan sama pacar agan beduaan ditemani api unggun berwarna hijau, merah, ungu... pasti romantis banget deh asal jangan sama temen cowo aja ya gan
lho tapi kok bisa gitu/ kok kembang api punya warna yang wow... setau saya api itu warnanya cuma oren kalo pake kayu dan biru kalo pake kompur gas. lha kenapa ini warnanya jadi gitu? wah pembohongan public ini namanya...!!!!!
engga bohong gan.... ini asli sli sli 10000000000000000000000% ga boong. kok bisa sih jadi kayak gitu? make dedemit ya? engga gan. pake alat yg namanya bahan kimia. tau kembang api bisa warna warni? karena api tersebut ditambahkan bahan kimia kedalam bahan peledak. agan juga bisa jadiin api unggun agan warna warni.
apaaja gan bahan kimianya? ane mau coba. bahan kimianya banyak gan.
ini contohnya :
1. warna merah pada api, yaitu stornsium untuk membuat warna merah crimson, kalsium buat jadi warna merah kekuningan. lithium (batre hp) itu jadi warna merah keunguan yg romantik gan.
2. kuning pada api, natrium (soda kue,garam dll) jadi warna kuning terang.
3. hijau pada api, barium buat jadi warna hijau kekuningan, tembaga untuk hijau zamrud, telurium untuk warna hijau rumput, thalium buat warna hijau keputihan.
4. biru pada nyala api, tembaga untuk membuat warna azure, arsenikum untuk membuat warna biru muda.
5. ungu pada api, cesium untuk membuat warna ungu kebiruan, kalium untuk ungu kemerahan dan rubdium untuk warna ungu

*notes, kalo belum tahu bahan kimia yg dmaksud ada di dalam apa, bisa search di google

caranya tinggal di taburin di apinya aja gan.

Quote:6. ngukur tinggi pohon pake bahan kimia
Spoiler for bahan kimianya ini gan

siapa sini suka pipis eh nebang pohon sembarangan? ga boleh ya... nebang pohon itu harus pake pertimbangan dulu kayak milih pacar.... dan sebagai kaskuser di dunia nyata maupun gaib ga boleh asal teang pohon yah selamatkan indonesia gan... kan terkenal dengan paru paru dunia nya. nah kalo mau nebang kadang kangang kita ngukur nthu pohon mau jatoh di mana, puncaknya mau jatoh dimana. ga mungkin kita manjat dan ngukur trus blablabla ribet deh pokoknya. tapi.... hah? cuma air? yee... jangan main main sama bahan kimia ini. ini juga bahan kimia loh gan, dengan rumus molekul H2O. loh kok bisa? caranya gimana gan?
nih dik TS ajarin... caranya yaitu ambil kaleng bekas makanan atau minuman yg jari jarinya atau garis tengahnya 10 cm, kemudian isi air sampai 5 cm di bawah bibir kaleng dengan air. kemudian aduk sedikit tanah kedalamnya, agar cahaya terpantul lebih baik padanya. letakan kaleng di tanah dan geser2 sedemikian rupa sampai puncak pohon tampak tepat diatas pinggir kaleng sebelah depan.
cahaya yang datang dari puncak pohon jatuh pada air dengan sudut 45 derajat. serta akan membentuk siku siku sama kaki. jadi tinggi pohon sama dengan jarak kaleng dan batang pohon

Quote:7. bikin petasan
Spoiler for bahan dan cara
ini bahan bahannya:
1. arang

2. belerang

3. pottasium nitrat (sendawa. coba agan beli yang merek ko*p*koepu itu ada, yg fungsinya buat memerahkan daging)

langsung aje gan, cekibrot. sebelumnya ini agak sedikit berbahaya, karena ada low explosive atau asap yang beracun. karena belerang itu beracun. jadi tolong dampingan orang dewasa saat mencoba ini ya gan. dan di usahakan saat mencoba percobaan ini harus ditanah yang lapang, trus lagi ada angin lewt jadi asepnya langsung ilang. oke setuju ga? setuju pasti... kan kaskuser selalu menaati aturan
caranya, haluskan semua bahan. termasuk potasiumnya, walau udah berbentuk butiran, dia masih agak kasar. setelah alus semua, campurin bahan bahan terserbut. (dikit aja, ga usah banyak banyak, paling sekerikil gitu arang sama belerangnya) campur rata, dan perbandingannya harus sama semua ya gan... setelah itu ditaruh di wadah. kalo TS bikinnya di bungkus kertas, jadi langsung bisa di untir ujungnya buat jadiin sumbu. trus dibakar. udah... ngeses asepnya banyak. hati hati ya. trus gunakan dengan bijak
ini kira kira bentuk nya. sama kayak ngelinting rokok, cuma ujungnya dilebihin buat di ulir jadiin sumbu



Quote:8. rocket dari alkohol
Spoiler for cekidot
ini bahannya, cuma gampang kok, pake alkohol buat bersihin luka sama botol air mineral

bahan:
1. lubangi tutup botol, pake paku ya gan jangan pake duit, ga akan bolong
2. siapin buat lintasannya, yaitu dengan pipa PVC yang di potong/ kayak dibelah tengah gitu
3, korek (hati hati dlm menggunakannya)
alat semprotan air
4. udah
caranya: semprotkan cairan alkohol secara merata ke dalam botol, inget... rata ya gan. jadi semua permukaan dalam botol kena. trus sedikit dikocok sambil ditutup lubang yg kecil tadi pake tangan. nah kalo udah siap siap meluncur gan. taruh rocketnya (botol) di lintasan, dengan posisi tutup dibawah (lintasan nya membentuk sudut dan menanjak) lalu habis dibuka pake jari yg lobang tadi, buru buru dikasih api di lobang tersebut. HATI HATI!!!! api nya nanti akan keluar pas di bakar. lebih baik pake sarung tangan biar ga kena api kayak TS liat rocket yg mlesat lewat jalurnya

kurang lebih seperti ini. tapi jangan lupa dipasang tutup botol nya ya gan yg udah di lubangi. hampir sama kayak roket air cuma ini lebih simpel





Quote:jangan lupa rate nya bintang lima kalo trit ini emang pantas
dan kalo berkenan agan boleh share ijo2 nya gan jangan merah nya gan

tapi sebenernya ane cuma mau share ilmu, jadi kalo SR pun gapapa tapi ya alangkah baiknya ya gan tau lah.. hehehe nah yang mau nambahin juga silahkan.

Quote:Spoiler for sumber 1
buku karnya pakde robert L wolke ini banyak banget manfaat nya gan... beh. beruntung kalo pernah baca buku ini
Spoiler for sumber 2
buku yang berjudul rahasia sehari hari atau dalam buku aslinya bernama geheimnisse des alltags ini menceritakan semua tentang keajaiban dunia ini. kalau di indonesia, buku ini tidak diperjualbelikan bebas. biasanya ada di perpustakaan sekolah. pembuatnya pakde hans jurgen press
Spoiler for sumber 3
pengalaman sendiri sama nonton di TV yg waktu dulu. hehehe


Quote:arigatou..!!!! xie xie.....!!!! atas kunjungannya, makasih

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53861f6032e2e6230f8b4709

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)