Home » » Sudahkah Agan Mencuci Tangan dengan Benar?

Sudahkah Agan Mencuci Tangan dengan Benar?


Quote:
Alhamdulillah HT ke-3. Terima kasih Mimin, Momod, Officer Kaskus , dan seluruh kaskuser atas dukungannya terhadap thread ini

Spoiler for Insha Allah No Repsol
Quote:Quote:Pembukaan

Halo agan dan aganwati semua. kali ini TS akan membahas tentang kiat mencuci tangan yang benar agar kuman-kuman hilang.
Pilek, flu, serta berbagai penyakit musiman lain terus menghantui tanpa henti. Cara terbaik untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut adalah dengan menjaga kebersihan. Meski sudah kuno, mencuci tangan adalah langkah paling murah sekaligus efektif untuk menepis kuman penyebab penyakit-penyakit tersebut.

Sayangnya, banyak orang yang tak terbiasa mencuci tangan, bahkan tenaga medis profesional sekali pun. Mereka yangsudah terbiasa mencuci tangan pun tak jarang melakukannya dengan serampangan saja. Padahal agar kuman tak menyerang, proses mencuci tangan harus dilakukan dengan benar.

Seperti apa cara mencuci tangan yang benar? Inilah cara benar untuk mencuci tangan, seperti dilansir ABC Australia
. Cekidot!



Quote:~10 Kiat Cuci Tangan yang Benar~
Quote:Quote:1. Jangan terburu-buru

Sepercik air tidaklah cukup untuk menyingkirkan kuman-kuman membandel di tangan. Agar bebas kuman, seluruh bagian tangan harus dicuci dan digosok-gosok di bawah air yang mengalir. Idealnya waktu mencuci serta mengeringkan tangan berlangsung selama 40 hingga 60 detik. Untuk mengukurnya, tak perlu repot-repot mengeluarkan jam tangan atau stopwatch, cukup dengan menyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun" sebanyak dua kali.

Quote:Quote:2. Menggunakan sabun

Jika Anda sedang mencuci tangan dan ada sabun di wastafel, gunakan! Kuman biasanya menempel pada lapisan lemak, minyak, serta serpihan sel di permukaan kulit. Nah, sabun berfungsi melarutkan lapisan-lapisan tersebut sehingga kuman tak memiliki tempat bersinggah. Itulah mengapa mencuci tangan dengan sabun lebih ampuh mencegah penyakit ketimbang hanya menggosok-gosokkan tangan dengan air saja.

Quote:Quote:3. Sabun batangan atau sabun cair?

Sabun cair cedenrung lebih sedikit disinggahi kuman dibanding sabun batangan. Akan tetapi, isu tersebut hanya berlaku di tempat umum saja. Oleh karena itu tak masalah jika Anda ingin menggunakan sabun batangan di rumah. Namun perlu diingat, sabun batangan sebaiknya ditempatkan di wadah khusus agar cepat rusak atau berair.

Quote:Quote:4. Sabun antibakteri, benarkah ampuh?

Sabun antibakteri diyakini lebih ampuh dibanding sabun biasa lantaran dapat membunuh seluruh kuman di tangan. Faktanya, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa sabun aktibakteri lebih ampuh dari sabun biasa atau air. Sebaliknya, sejumlah pakar khawatir penggunaan sabun antibakteri secara terus menerus justru menyebabkan bakteri menjadi kebal terhadap bahan-bahan tertentu.

Quote:Quote:5. Menggunakan air mengalir

Saat mencuci tangan, disarankan untuk menggunakan air yang mengalir. Pasalnya mencuci tangan dengan semangkuk air akan percuma. Tangan yang telah disabun dan bersih dari kuman bisa saja terkontaminasi lagi jika dibilas dengan air yang menggenang. Oleh karenanya, selalu upayakan untuk membilas tangan dengan air yang mengalir.


Quote:Quote:6. Temperatur air yang tepat

Air bersuhu panas memang dapat membunuh mikroba penyebab penyakit, tetapi air bersuhu 80°C tentu dapat menimbulkan luka bakar. Ketimbang menggunakan air panas, lebih baik untuk mencuci tangan dengan air hangat lantas menyempurnakannya dengan sabun. Selain bersih dan ramah pada minyak alami kulit, mencuci tangan dengan air hangat akan terasa lebih menyenangkan untuk dilakukan.

Quote:Quote:7. Selalu ingat untuk membilas

Begitu sabun dan gesekan berhasil meluruhkan kotoran dan kuman di tangan, bilaslah tangan dengan air yang mengalir. Ingat, harus air bersih yang mengalir.

Quote:Quote:8. Trik saat tak ada air

Cairan pensteril tangan atau hand sanitiser berbasis alkohol sangat berguna ketika Anda ingin membersihkan tangan dan tak menjumpai air. Agar bersih sempurna, disarankan untuk menggunakan produk pensteril dengan kandungan alkohol 60 persen. Meski terkadang dapat menyebabkan kulit terasa kering, membersihkan tangan dengan gel pembersih dapat memangkas waktu pencucian tangan, lho.

Quote:Quote:9. Mengeringkan tangan dengan benar

Cara terbaik untuk mengeringkan tangan memang masih menjadi perdebatan. Menggunakan mesin pengering, misalnya. Mesin pengering memang dapat mengeringkan tangan dengan baik, tetapi penelitian menunjukkan bahwa angin mesin pengering justru dapat melontarkan mikroba hingga dua meter jauhnya. Itulah mengapa beberapa pakar menyarankan untuk menggunakan tisu atau handuk pribadi.

Quote:Quote:10. Menjauhkan tangan dari wajah

Cara paling mudah bagi penyakit untuk masuk ke dalam tubuh ialah melalui tangan. Sekali tersemat di tangan, virus dapat dengan mudah berpindah ke mulut, hidung, atau mata, lalu masuk ke dalam tubuh. Itulah mengapa Anda sebaiknya menjauhkan telapak tangan dari wajah. Bahkan jika tangan Anda kotor, kuman tak akan dapat menginvasi tubuh jika tangan tidak menyentuh wajah atau makanan.


Quote:
Quote:
Quote:Original Posted By sitoy.51704 â–º
oh iya
pastikan bagian bagian yang biasanya jarang dicuci juga nih

antara lain :
sela sela jari tangan
ujung jari (bagian dalam kuku)
bagian luar telapak tangan

ama apalagi yaks lupa ane



Quote:Original Posted By brentet â–º
wew..ane baru tau gan kalo pengering tangan otomatis bs mentalin mikroba ampe 2 meter? wah malah bahaya dong gan?tp knpa msih dipake aja ya di restoran,mal,ato pekantoran.

Quote:Quote:Penutup
Jadi sudah benarkah cara Agan mencuci tangan? Sekian dari TS, kurang lebihnya mohon maaf.



Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5386fc76108b4685318b4705

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)