Home » » 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia

9 Negara Paling Multibahasa di Dunia







salam dulu untuk All Kaskuser
semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H





Quote:

Tahukah kamu bahwa Indonesia adalah satu dari sekian banyak yang sangat banyak memiliki bahasa daerah. Bahkan 10% bahasa di dunia adalah bahasa dari negara kita Indonesia.

Namun bahasa daerah berbeda dengan bahasa nasional yang keseharian dipakai dalam beragam aktivitas. Meskipun negara kita memiliki banyak bahasa daerah, kita tetap menggunakan satu bahasa utama bahasa Indonesia sebagai penghubung komunikasi antar warga.

Berbeda negara Singapura dan beberapa negara lainnya, yang menggunakan beragam bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari tercatat sebagai bahasa resmi. Bahkan memiliki tiga bahasa nasional yang digunakan dibeberapa negara dan mereka fasih menggunakannya.

Hal tersebut terjadi karena beragam faktor seperti sejarah kolonial yang kompleks, loyalitas regional yang kuat, hingga pengaruh budaya luar yang tidak dapat dihindari.


Nah berikut adalah 9 negara dengan bahasa terbanyak dipakai dalam keseharian sehingga disebut sebagai negara-negara paling multibahasa di dunia



Quote:Quote:Timor Leste




Quote: Negara muda ini, terletak paling tenggara kepulauan Indonesia. Timor Leste, secara resmi memperoleh kemerdekaan dari Indonesia sekitar lebih dari satu dekade lalu.

Setelah koloni Portugal, Timor Leste memutuskan untuk mengadopsi bahasa Portugis sebagai bahasa resmi setelah kemerdekaan. Bahasa Portugis, adalah yang paling banyak digunakan bahasa di jalan.

Selain itu, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia terdengar di seluruh negeri, dan keduanya resmi diakui sebagai "bahasa resmi" dalam konstitusi. Meskipun buta huruf masih tinggi, jumlah yang jumlah masyarakat yang berbahasa Portugis dan Inggris makin bertambah, dan mereka masih memahami bahasa Indonesia dikesehariannya.




Quote:Quote:Suriname




Quote: Republik Suriname (Surinam), dulu bernama Guyana Belanda atau Guiana Belanda adalah negara di Amerika Selatan dan merupakan bekas jajahan Belanda. Negara ini berbatasan dengan Guyana Perancis di timur dan Guyana di barat. Di selatan berbatasan dengan Brasil dan di utara dengan Samudra Atlantik.

Di Suriname tinggal sekitar 14% orang Jawa dan dibawa ke sana dari Hindia Belanda antara tahun 1890-1939. Suriname merupakan salah satu anggota Organisasi Konferensi Islam dengan 13,5% warganya memeluk agama Islam. Maka tak heran di papan pengumuman di jalan raya nya Bahasa Indonesia selalu menjadi bahasa utama negara Suriname.

Selain bahasa Indonesia, suriname memiliki bahasa resmi lainnya, yakni bahasa Kreolo, Hindi yang dibawa keturunan India, serta bahasa Inggris karena mereka jelas berada dalam lingkungan benua Eropa dan Amerika.




Quote:Quote:India




Quote: Hindi dan bahasa Inggris adalah bahasa nasional resmi dari India. Dengan mayoritas orang India berpendidikan dan penduduk kota memiliki pengetahuan tentang keduanya, meskipun bahasa Inggris lebih disukai daripada Hindi di India selatan. Setiap negara bagian di India memiliki bahasa resmi sendiri yang sebagian besar berbeda dari Hindi. Bahasa ini digunakan dalam media lokal dan di jalan.

Ini berarti bahwa mayoritas orang India berpendidikan setidaknya tiga bahasa, dan orang-orang yang bergerak di kenegaraan mungkin memiliki pengetahuan tentang bahasa tambahan. Jadi meskipun mereka mungkin tidak memiliki kefasihan dalam masing-masing bahasa, banyak orang India yang mampu berkomunikasi dan memahami empat atau lebih bahasa.




Quote:Quote:Aruba




Quote: Aruba terletak di Karibia paling selatan, dekat Venezuela. Karena itu merupakan salah satu dari "negara-negara konstituen" yang membentuk Kerajaan Belanda. Belanda merupakan bahasa resmi dan diajarkan di semua sekolah.

Bahasa Inggris dan Spanyol juga digunakan sebagai bahasa dalam sistem pendidikan Aruba, dan sebagian besar siswa menjadi lancar pada saat mereka menyelesaikan sekolah. Bahasa Inggris digunakan secara luas karena industri pariwisata sibuk di Aruba dan Spanyol juga disebabakan kedekatan pulau itu ke Venezuela.

Namun, tidak satupun dari tiga bahasa dianggap sebagai bahasa asli Aruba. Di jalan dan di rumah, penduduk setempat berkomunikasi dengan satu sama lain menggunakan bahasa Papiamento, bahasa campuran Portugis, Spanyol, Belanda dan Inggris. Papiamento merupakan bahasa resmi seperti halnya bahasa Belanda, dan digunakan secara teratur di media dan di pemerintahan.




Quote:Quote:Mauritius




Quote: Negara kepulauan di Samudra Hindia ini, biasanya dianggap sebagai bagian dari Afrika. Pelajarnya diharuskan belajar bahasa Inggris dan Perancis di sekolah. Semua orang Mauritius fasih dalam kedua bahasa tersebut, tetapi tidak dipergunakan sebagai bahasa keseharian dijalanan.

Mauritius Creole, logat Prancis yang dipahami sebagai bahasa Perancis, dituturkan oleh semua orang di pulau-pulau tersebut dan merupakan bahasa pertama kebanyakan orang. Sejumlah Mauritians keturunan India berbicara Bhojpuri, dialek Hindi, sedangkan keturunan imigran lainnya seperti Cina memiliki beberapa pengetahuan tentang bahasa leluhur mereka juga. Jadi hampir semua Mauritians dapat berbicara tiga bahasa, hingga empat bahasa dengan lancar.




Quote:Quote:Afrika Selatan




Quote: Afrika Selatan memiliki 11 bahasa resmi. Di daerah perkotaan di seluruh negeri, Bahasa Inggris digunakan secara lingua franca. Itu juga merupakan bahasa utama dari pemerintah dan media, meskipun kurang dari 10 persen dari Afrika Selatan berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa pertama. Orang Afrika, memiliki lidah Jermanik dan mirip dengan Belanda, dituturkan di daerah selatan dan barat negara itu.

Afrika Selatan memiliki sembilan bahasa resmi Bantu; Zulu dan Xhosa - bahasa asli Nelson Mandela adalah yang paling menonjol. Sifat yang paling membedakan beberapa bahasa tersebut adalah "clicking" suara konsonan mereka. Banyak orang Afrika Selatan berbicara bahasa Inggris, bahasa tanah air mereka dan bahasa apa saja yang dominan di daerah di mana mereka tinggal. Meskipun mereka mungkin tidak benar-benar fasih, banyak orang dapat berbicara dalam tiga bahasa atau lebih di negara ini.




Quote:Quote:Malaysia




Quote: Meskipun memiliki sedikit bahasa resmi, Malaysia, dalam banyak hal, lebih multibahasa dari negara tetangga Singapura. Setiap orang dapat berbicara bahasa resmi, yakni Melayu. Kebanyakan orang yang fasih berbahasa Inggris, yang juga merupakan mata pelajaran wajib di sekolah dan digunakan secara luas di kota-kota. bahasa Inggris ala Malaysia dikenal sebagai Manglish dan digunakan di jalanan.

Malaysia yang nenek moyangnya berasal dari India dapat berbicara bahasa keluarga mereka di samping bahasa Melayu dan Inggris. Melayu Tionghoa belajar bahasa Mandarin di sekolah, namun sebagian juga berbicara dialek lain (seperti Kanton, Hokkien dan Hakka) di rumah atau di jalan. Di kota-kota besar seperti Kuala Lumpur, Penang dan Johor Bahru, tidak jarang menemukan orang Malaysia Cina yang dapat berbicara dua atau tiga dialek Cina selain Melayu dan Inggris.




Quote:Quote:Singapura




Quote: Singapura memiliki empat bahasa resmi: Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil. Khusus di daerah kota beragam etnis ini memiliki semua empat bahasa tersebut. Namun, hampir tidak ada warga yang benar-benar berbicara keempat bahasa itu. Bahasa Inggris dijadikan bahasa utama yang digunakan antara kelompok-kelompok etnis yang berbeda di Singapura. serta menjadi mata pelajaran yang diperlukan di sekolah dan hampir setiap orang Singapura fasih menggunakannya.

Di jalanan, beberapa orang Singapura menggunakan bahasa Inggris Singapura yang dikenal sebagai Singlish. Sebagian besar kata-kata dikenali penutur asli bahasa Inggris, tetapi tata bahasa Cina dan kata-kata pinjaman Cina dan Melayu dapat membuat tata bahasanya sulit untuk dimengerti.

Selain bahasa Inggris, siswa belajar "bahasa ibu" mereka di sekolah: keturunan India belajar bahasa Tamil, Melayu belajar bahasa Melayu, dan Cina belajar bahasa Mandarin. Sejumlah keturunan Cina Singapura berbicara dialek Cina tambahan, seperti Hokkien dan Hakka yang paling banyak digunakan.




Quote:Quote:Luxembourg




Quote: Rakyat negara Eropa kecil ini kurang lebih asih dalam empat bahasa. Ketika berbicara dengan satu sama lain, penduduk setempat menggunakan bahasa Luksemburg. Lidah mereka terkait dengan Jerman, cukup mirip dengan bahasa asli jerman. Untuk sejumlah besar lainnya mereka menggunakan bahasa Perancis.

Perancis dan Jerman, kedua bahasa semi resmi, dituturkan oleh semua orang dan merupakan bagian yang diharuskan dari pendidikan setiap anak. Bisnis resmi pemerintah dilakukan dalam bahasa Prancis. Selain itu, bahasa keempat, Inggris, merupakan mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah. Berkat pendekatan secara agresif dalam pendidikan bahasa, hampir setiap warga Luxembourg fasih setidaknya empat bahasa.


Wow , luar biasa rata-rata fasih dalam 3 bahasa atau lebih? Salah satunya selalu bahasa Inggris. karena memang bahasa ini resmi menjadi bahasa pengantar komunikasi di dunia. lalu bagaimana kabarnya dengan Indonesia?

Indonesia saking majemuknya, disetiap daerah bahasa yang digunakan sebagai bahasa kesehariannya adalah bahasa masing-masing daerah serta bahasa Indonesia. Inggris saat ini masih menjadi bahasa resmi dalam kurikulum pendidikan disekolah saja


Quote:Spoiler for cek
sumber
cek repost


Quote:










Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53b0de54c2cb179d668b468e

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger