Home » » Burung Luntur Jawa, Burung Langka dari Jawa Barat

Burung Luntur Jawa, Burung Langka dari Jawa Barat





Spoiler for ~ Cek ~
Sumber 1
Sumber 2
Cek Repost


Sebelum baca silahkan Rate 5 terlebih dahulu biar gak scroll keatas lagi ntar


Alhamdulillah HT ke- 10 Gan
Spoiler for 288





Quote:

Burung luntur jawa atau disebut juga luntur gunung merupakan salah satu burung langka asal Jawa Barat. Burung endemik jawa nan cantik ini populasinya semakin terancam kepunahan akibat deforestasi hutan.

Nama latin hewan ini adalah Apalharpactes reinwardtii yang bersinonim dengan Harpactes reinwardtii. Dalam bahasa Inggris kerap dikenal sebagai Javan Trogon atau Blue-tailed Trogon. Sedangkan di Indonesia selain dinamai luntur jawa dan luntur gunung terkadang disebut juga sebagai kasumba ekor biru.


Quote:Quote:Tentang Burung Luntur Jawa


Quote:Tubuh burung luntur jawa (Apalharpactes reinwardtii) berukuran cukup besar dengan panjang mencapai 34 cm. Pada burung dewasa, bulu bagian atas (sayap dan punggung) berwarna hijau mengkilat kebiruan. Kulit di sekitar mata berwarna biru. Bulu ekor biru mengilap kehijauan, dengan tiga bulu samping bertepi putih dan ujung lebar putih. Bulu primer hitam bertepi putih, penutup sayap hijau bergaris-garis halus kuning pada burung jantan atau coklat pada burung betina.

Tubuh bagian bawah berwana kuning dengan pita hijau kelabu pada dada bagian atas. Pada burung muda, umumnya berwarna kecoklatan dengan punggung sedikit biru kehijauan. Iris berwarna coklat, paruh merah oranye (dewasa) dan coklat (burung muda), kaki oranye.

Suara burung luntur jawa agak parau dengan bunyi seperti “ciirr, ciirr” atau “turr” yang keras. Saat berkicau, burung endemik jawa ini menggerak-gerakkan ekor naik turun, ekor lalu dikembangkan dan dilipat.

Burung luntur gunung pemakan serangga dan beberapa jenis buah-buahan. Dalam satu masa kimpoi, burung ini hanya bertelur satu atau dua butir. Telur berwarna kuning tua. Telur dierami dalam sarang di lubang pohon yang dibuat burung lain.

Klasifkasi Ilmiah.
Kerajaan: Animalia. Philum; Chordata. Kelas: Aves. Ordo: Trogoniformes. Famili: Trogonidae. Genus: Apalharpactes. Spesies: Apalharpactes reinwardtii.


Quote:Quote:Persebaran dan Kebiasaan


Quote: Burung luntur gunung merupakan burung endemik Jawa. Daerah persebaran yang terbatas di wilayah Jawa Barat bagian tengah. Tepatnya di sekitar Gunung Halimun, Gunung Salak, Gunung Gede-Pangrango, Gunung Patuha-Tilu, Gunung Wayang dan Gunung Papandayan.

Kebiasaan burung luntur gunung hinggap tegak pada ranting datar di tempat teduh sambil menunggu serangga atau bersuara keras. Terbang dari tenggeran yang satu ke tenggeran lainnya dengan kepakan sayap yang gaduh. Memakan bermacam-macam serangga termasuk kumbang dan jengkerik serta beberapa macam buah-buahan misalnya buah ara. Di Jawa Barat berbiak pada bulan Agustus.

Quote:Quote:Populasi dan Status


Quote: Populasi hewan endemik jawa ini diduga terus mengalami penurunan. Berdasarkan catatan birdlife, diperkirakan hanya terdapat 250-999 ekor individu dewasa. Sedangkan total populasi diperkirakan dibawah 1.500 ekor.

Mengingat kecilnya populasi burung luntur gunung dan semakin hilangnya habitat alami, IUCN Red List mengklasifikasikan burung dari keluarga Trogonidae ini dalam status konservasi Endangered (Terancam Punah). Sedangkan CITES, memasukkan burung ini dalam Apendix I yang berarti semua bentuk perdagangan antar negara dilarang.

Di Indonesia, burung ini termasuk hewan yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetaan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Ancaman terhadap burung ini lebih diakibatkan oleh rusaknya habitat. Hilangnya hutan, deforestasi, dan alih fungsi daerah hutan menjadi lahan pertanian dan pembangunan lokal menjadi penyebab utamanya.

Quote:Quote:Beberapa Gambar Burung Luntur Jawa


Quote:Spoiler for burung

Spoiler for burung

Spoiler for burung

Spoiler for burung

Spoiler for burung


Quote:Dengan semakin berkurangnya populasi burung Luntur Jawa perlu adanya upaya pelestarian dari semua pihak demi kelangsungan tumbuh dan berkembangnya burung tersebut.
Sehingga anak cucu kita nanti masih bisa mendengar kicauan burung tersebut dan bukan hanya sekedar melihat lewat sebuah gambar.


Quote:








Thread Supported By :
Devil's Rose KASKUS




Klik Gambar Untuk Berkunjung ke Markas Kami

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53705631bfcb17991e8b480d

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger