Home » » Udah Liat Penampakan Bus Terpanjang di Indonesia Belum Gan?

Udah Liat Penampakan Bus Terpanjang di Indonesia Belum Gan?



Jika Anda mendamba perjalanan darat dengan menumpang bus mewah dengan kabin lapang, panjang dan bersuspensi super nyaman, Anda tak perlu ke luar negeri.
Datangnya ke pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Di area outdoor, Anda akan bisa temukan bus mewah Mercedes-Benz OC 2542 OC 500 RF triple axle buatan body builder Adi Putro, Malang, Jawa Timur.

Spoiler for pow
Bus berkelir merah marun ini memang bisa dibilang sebagai bus terpanjang yang pernah dibuat di Indonesia. Sesuai rekomendasi pabrikannya, yakni PT Mercedes-Benz Indonesia, bus ini memang dirakit dengan panjang hingga 14 meter lebih (bodi bus mewah antar kota di Indonesia saat ini panjangnya maksimal 12 meter)
*padahal 1836 13 meter

Spoiler for pow

Kabinnya dirancang sangat nyaman dengan kursi kelas super eksekutif layaknya kursi di penerbangan pesawat terbang kelas premium berlapis kulit dengan konfigurasi 2 seat di sisi kanan row dan 1 seat di sisi kiri row. Setiap seat bisa distel posisi duduka punggungnya menyesuaikan kenyamanan indiviual yang ideal yang diingini penumpang.

Spoiler for power="0" alt="" />

Pada setiap seat juga terpasang inflight entertainment (meminjam istilah di dunia penerbangan komersial), berupa layar televisi 7 inchi. Bagasi kabin yang berada di atas kursi setiap penumpang sudah dilengkapi dengan penutup layaknya bagasi kabin di pesawat terbang komersial. Di kabin bagian belakang, beberapa kursi dipasang saling berhadapan yang dilengkapi dengan meja kecil dan coffe maker untuk menunjang aktivitas rapat kecil selama di perjalanan dengan bus ini.

Spoiler for pow

Karena menggunakan tiga axle (bus reguler biasa hanya memiliki dua axle), untuk kaki-kakinya, bus ini menggunakan delapan ban. Masing-masing sepasang ban di depan, empat ban di axle tengah dan dua ban di axle paling belakang. Axle paling belakang ini bekerja sebagai auxiliary axle dan bisa berputar ke kiri dan ke kanan, sehingga saat bermanuver belok, dengan dimensi bodinya yang panjang, bus ini tak perlu membutuhkan ruang yang terlalu lebar.

Spoiler for powsory ada kaki ts ikutan kepotret

Untuk kenyamanan di jalan raya, bus ini sudah menggunakan suspensi udara pada setiap titik rodanya. Dengan demikian saat melaju di medan berkelok, bergelombang dengan turunan dan tanjakan tajam, penumpang tetap merasakan bantingan bus yang tetap empuk.

Spoiler for pow

Kode 2542 pada bus ini bukan tanpa makna. Angka 25 di bagian mengindikasikan kemampuan bus ini membawa beban maksimum hingga 25 ton. Sementara angka 42 di belakangnya adalah tenaga maksimum yang bisa disemburkan mesin bus ini yang ditempatkan di bagian belakang, yang mencapai 420 horse power (HP). Tenaga maksimum sebesar ini jelas sangat melimpah. Bus malam reguler yang beroperasi saat ini seperti Mercedes-Benz OH 1526 hanya memiliki tenaga maksimum di 260 HP. Begitu juga dengan bus Hino R260 atau RN 285 Air Suspension yang tenaga maksimumnya masing-masing hanya mentok di 260 dan 285 HP.

Spoiler for pow
karna blum ada stickernya
pake pnya kurnia aja ya

Menurut David, satu-satunya operator bus di Indonesia yang sudah mengoperasikan bus ini adalah PO Kurnia. PO ini menggunakannya untuk layanan bus malam antar antarkota antarprovinsi dari Kota Medan ke Banda Aceh Pergi Pulang (PP). "Kebetulan bodi busnya kami juga yang membuat," kata David. David menambahkan, sejumlah pengusaha bus sudah menyatakan ketertarikannya memesan bus ini. "Unit yang sekarang kami pamerkan ini juga kami jual ke pengusaha yang berminat," kata David.
Spoiler for pow


Quote:
Sumber: klik emoctionya




Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5423dd8bbfcb17b3788b4570

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger