Home » » Pentingnya Social Media di Kehidupan Zaman Sekarang

Pentingnya Social Media di Kehidupan Zaman Sekarang

Dulu banget, kita maennya friendster (ketauan deh umur saya ya?), terus facebook. Baru 4 tahunan terakhir twitter mulai berkembang pesat di Indonesia. Lalu ada Path, Instagram, Tumblr, dan seterusnya.

Saya sendiri sudah semakin jarang maen facebook. Facebook saya untuk sebatas info tentang kegiatan YOT, sementara twitter, path, dan instagram yang saya sering pake; karena ketiga sosial media ini sangat nyaman untuk bisa dibuka di smart phone.

Tapi, tau ngga Agan apa kegunaan masing-masing sosial media ini? Saya fokus ke 2 aja ya:

Facebook:
Personal Page-nya memang untuk temenan. Tapi fyi, Facebook Fan Page bagus untuk perusahaan (brand); karena status updatenya itu bisa untuk promosi, dan mereka terus-terusan menyempurnakan biro iklannya. Kalo dulu cuma bisa iklanin page kita biar fansnya nambah, sekarang bisa promosikan postingan.

Twitter:
Ini lebih cocok untuk individu (selebriti) dibandingin perusahaan. Tapi sekarang ini, perusahaan pun sudah menggunakan sosial media ini untuk berinteraksi. Twiter berkembang pesat karena diaksesnya lewat mobile dibanding komputer. Saya sendiri pake twitter dari 4.5tahunan lalu, dan saya gunain twitter untuk menambah wawasan. Saya follow akun-akun berita dalam dan luar negeri. Tujuannya buat apa? Kalau lagi mau meeting dengan orang baru, saya seringkali baca timeline akun-akun tersebut, kalau yang menarik saya akan baca lebih dalam, tapi kalau biasa aja, ya baca aja judulnya, sekedar tau aja. Jadi ketika ketemu, bisa pake berita terhangat untuk sebagai ice breaking.

Penggunaan twitter pun ini sebaiknya seperti layaknya running text di TV. Jadi suatu topik yang Agan tulis, harus Agan posting lebih dari satu kali, alias berkali-kali, dan di waktu yang random (tidak teratur). Ini untuk yang sifatnya berita/informasi. Kalau untuk twit yang menyapa teman sih, ya sekali aja cukup.

Instagram:
Di luar negeri sosial media ini udah besar. Kalau di Indonesia baru akan mulai besar. Kalau saya sendiri sih gunain instagram untuk sebagai digital photo album saya. Daripada saya store di hp, menuh2in memori, mending saya posting di IG trus saya delete aja photonya di hp.

Path:
Ini jelas untuk a circle of friends, sifatnya lebih tertutup. Hanya teman dekat. Untuk saya yang facebook, twitter, dan instagramnya difollow banyak orang, maka Path sangat bermanfaat buat saya. Di sini saya bisa posting becandaan2 yang pantasnya hanya dilontarkan ke teman-teman dekat. Aturan di Path saya rasa cuma ada beberapa: jangan ngetag massal, karena ini nyebelin; dan kalo liat postingan temen, jangan males untuk kasih emoticon/icon: "hati", "ketawa" dan sebagainya.

Terlepas dari apa kegunaan masing-masing dan gimana cara pakainya, sekarang ini yang orang harus tau bahwa digital analytics sudah ada dan jauh lebih akurat dibandingin sama conventional research (survey, focus group discussion, dan sebagainya). Sosial media sudah bukan lagi untuk dipakai hanya promosi, tapi seharusnya sudah bisa dipakai untuk mengetahui apa sih topik yang lagi popular, siapa sih yang ngomongin brand Agan, apa sih yang mereka omongin tentang brand Agan, topik apa sih yang paling pas untuk Agan komunikasikan ke follower, kapan sih waktu yang paling efektif untuk Agan berkomunikasi dengan follower, dan seterusnya.

Sosial media udah bukan lagi untuk diantara teman.. sosial media sudah jauh lebih penting dari itu. Untuk bisa sukses, kita semua harus sanggup 'ride the waves' of technology. Masa depan ada di sosial media, maksimalkan!

See You ON TOP!
@billyboen

CEO, PT. YOT Nusantara - @youngontop
Chairman, PT. Generasi Digital Internasional - @GDILab (digital analytic)

Website: www.youngontop.com
Facebook: /youngontopYOT
Instagram: @youngontop

Baca juga tulisan saya: "Tips Membuat CV Yang Tepat" -> http://www.kaskus.co.id/thread/54088...8b46837f8b4567

#CVCreator, free, easy, bisa didownload, diprint, dan diemail (pdf): [CV.youngontop.com]

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/544df904620881ca468b456c

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger