Home » » Fakta Menarik Tentang Burung Flamingo

Fakta Menarik Tentang Burung Flamingo

Spoiler for No RepsolQuote:Komeng agan/aganwati yang terbijak
tidak lupa + akan ane simpan di hati paling dalam
Juga REKOMENDASI HOT THREAD  (docs.google.com) Sekiranya bisa dituangkanQuote:Terimakasih untuk Mimin, Momon, Hansip, orang-orang greget
serta agan dan agan wati sekalian
telah menjadikan Thread ini HT


Spoiler for Pic Hot Thread

Haloooooooo....
Agan-Aganwati dimanapun berada
setelah cukup lama ane kagak buat thread (2 hari )
juga setelah ane perkenalkan kawan ane yang super greget  (www.kaskus.co.id)
dan jalan-jalan ke Jepang  (www.kaskus.co.id)
nah seperti biasanya,
kali ini ane bakal ngajak jalan-jalan lagi
yuk kita ngesot ke pendahuluan

Agan-Aganwati tentu sudah tau ya apa itu Burung?
nah tapi disini ane mau ajak ente semua PDKT ama salah satu dari jenis burung
yang menurut ane cantik banget (sayangnya ane ditolak )Quote:Emang burung macam apa gan?
Emang ente kelainan gan doyan burung?
Emang burungnya sekolah dimana gan?
Emang burung itu dah ada pacar gan?
Emang burungnya punya alis tebel ama jambul elektrik gan?BUKAN ITUUUU GANNNNN!!!

nih yang ane maksud gan
cekidot yeeee Quote:
Flamingo adalah spesies burung berkaki jenjang yang hidup berkelompok. Mereka berasal dari genus Phoenicopterus dan familia Phoenicopteridae. Burung ini ditemukan di belahan bumi barat dan timur, namun lebih banyak terdapat di belahan timur.

Kata flamingo berasal dari kata Spanyol flamengo, bentuk awal flamenco. Kata-kata ini berasal dari kata Latin Flamma, yang berarti 'api'. Habitat burung ini terdiri dari danau dangkal yang besar, laguna, hutan bakau, dan pulau-pulau berpasir. Afrika, Asia, Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Eropa adalah penyebaran luas burung tersebut. Ukuran flamingo dewasa berkisar antara 36-50 inci tinggi, dengan lebar sayap sekitar 60 inci,



Agan-Aganwati
ada 6 Jenis Flamingo
yang ada di Dunia
inilah mereka


  • Greater Flamingo (Phoenicopterus roseus)
Spoiler for Pic + Explain
Quote:Nih jenis Flamingo yang paling besar diantara semua jenis yang ada gan !!! Ente bakal nemuin nih jenis di beberapa bagian Afrika , Asia Selatan ( daerah pesisir Pakistan dan India ) , dan Eropa selatan ( termasuk Spanyol , Albania , Turki , Yunani , Siprus , Portugal , Italia dan wilayah Perancis ). Burung ini juga bermigrasi paling dekat dibandingkat jenis yang lain gan,

Ukuran nih Flamingo rata-rata tingginya 110-150 cm, dan berat 2-4 kg. Bahkan nih Flamingo pernah tercatat sampai dengan tinggi 187 cm dan berat 4,5 kg !! Sayangnya Flamingo tersebut tidak mendaftarkan diri mengikuti ajang model kelas dunia

Seperti semua jenis Flamingo yang lain gan, spesies ini ngeletakin telurnya di gundukan lumpur. Sebagian besar bulu mereka bewarna merah muda - putih , tetapi bulu sayapnya berwarna merah bercampur hitam. Umur rata-rata mereka jika di penagkaran bisa sampe 60 tahun gan !! itu di Basel, sedangkan di bonbin aka kebon binatang Adelaide, Australia, meninggal dalam kondisi 83 tahun dikarenakan komplikasi serangan penyakit usia tua !! ditambah burung itu menderita kebutaan sejak didatangkan kesana sebelumnya.

Berita mengenaskan baru-baru ini, mengabarkan bahwa disekitar India dan Pakistan, 139 burung jenis ini meninggal karena duduk enjoy di pelataran tiang listrik .
  • Lesser flamingo (Phoenicopterus minor)
Spoiler for Pic + Explain
Quote:Mereka dinamakan Lesser bukan karena mengeluarkan cahaya lasser mirip cyclops dari matanya gan !! Tapi mereka diberi nama ini, karena nih Flamingo yang ukurannya lebih pendek dari Greater Flamingo. Ada yang menyebutkan jenis burung Flamingo ini berasal dari arah utara India atau Eropa, maka dari itu, secara umum mereka disebut gelandangan .

Walau burung ini lebih kecil dari Greater Flamingo, tapi burung ini memiliki tinggi diatas rata-rata dari keempat jenisnya loh gan, mereka memiliki berat 1,2-2,7 kg dengan tinggi sekitar 80 sampai 90 cm dari total panjang ( dari paruh ke ekor ) serta sayapnya memiliki lebar 90-105 cm.Sebagian besar bulu berwarna putih merah muda.

Flamingo Lesser adalah mangsa berbagai spesies , termasuk bangau marabou, babun elang ikan Afrika, dan macan. Dan tahu gak ente gan, nih Flamingo walau spesiesnya paling banyak dibanding yang lain, tapi terancam kepunahan juga loh , ini dikarenakan rendahnya jumlah tempat pembiakan , serta terancam oleh aktivitas manusia . Semoga nantinya tidak benar-benar punah nih si gelandangan.
  • James Flamingo (Phoenicoparrus jamesi)
Spoiler for Pic + Explain
Quote:Keturunan James bond? adek tirinya James bond? bukan gan !!! tuh nama emang didedikasikan untuk Harry Berkeley James yang seorang ekspedisi peneliti hewan tersebut, populasi mereka berada di ketinggian dataran tinggi pegunungan Andes, Peru, Chili, Bolivia dan Argentina gan. Jenis Flamingo James ini hubungannya sangat erat dengan Flamingo Andean dan Flamingo Chili yang nanti juga akan ane bahas .

Jenis ini memiliki ukuran tinggi sekitar 3 kaki ( 91 cm ), serta panjang rata-rata dan beratnya sekitar 2 kg. si James memiliki leher yang sangat panjang, yang terdiri dari 19 tulang leher !!! yang memungkinkan untuk melakukan banyak gerakan dan rotasi kepala serta kaki tipis panjang, nah itulah ciri mereka gan. Tenang gan, mereka walau kakinya panjang, napak tanah kok .

Metode termudah untuk membedakan Flamingo James adalah dengan bulu yang lebih ringan dan kuning cerah pada paruh. Flamingo James memulai terbang dengan berjalan beberapa langkah lalu kemudian mulai mengepakkan sayap mereka, Ketika mereka ingin mendarat ke permukaan, mereka akan terus berjalan karena mereka mengurangi kecepatan, kemudian mereka berhenti mengepakkan sayap mereka. keren

Ancaman terbesar bagi populasi spesies ini adalah perusakan yang dilakukan manusia terhadap habitat mereka. Misalnya pencurian telur dari sarang mereka untuk dijual, namun akhir-akhir ini tindakan tersebut telah ditanggulangi pemerintah di tempat habitat mereka. Ancaman lingkungan seperti hujan deras juga mungkin memiliki efek pada pengembangbiakan mereka. Apa pun yang mengancam produktivitas diatom (makanan mereka) juga mengancam spesies jika tidak ada cukup makanan untuk mereka makan.
  • Andean Flamingo (Phoenicopterus andinus)
Spoiler for Pic + Explain
Quote:Nah gan, ini yang kata ane tadi, sodara sekelurahannya James Flamingo, Yak ini dia ! Andean Flamingo . adalah salah satu flamingo paling langka di dunia . Jenis ini hidup di pegunungan Andes di Amerika Selatan, hampir sama dengan James, namun jenis ini hanya berkutat disitu saja gan .

Flamingo ini memiliki tubuh merah muda pucat dengan bagian atas yang cerah. Ini adalah satu-satunya spesies Flamingo dengan kaki kuning.Paruh dari Flamingo Andean pucat kuning dan hitam. perilaku mencari makan keseluruhan Andean Flamingo masih belum jelas dan studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan proses ini. Pake sendok garpu?

Andean Flamingo adalah burung migran dengan kemampuan untuk melakukan perjalanan hingga 700 km dalam satu hari !! Pada musim panas, mereka tinggal di danau garam dan bermigrasi ke lahan basah yang lebih rendah untuk musim dingin. Penyebab migrasi ini dikarenakan perpindahan musim dari musim panas ke musim dingin, mungkin karena kegersangan ekstrim dari garam selama musim dingin. Jalur migrasi tidak diketahui, akan tetapi diperkirakan terjadi antara tempat berkembang biak Chili dan lahan basah Argentina tengah dan barat.

Penambangan liar, perusakan alam, serta kolektor telur mereka membuat mereka terancam juga. Perburuan liar telah meningkat dari waktu ke waktu karena peningkatan permintaan internasional untuk telur Flamingo. Perburuan dilakukan oleh kelompok-kelompok terorganisir dalam Chile, anggota/kelompok perangkap Flamingo yang mengekspor mereka ke Eropa dan Amerika Serikat serta tujuan luar negeri lainnya. Dan pencurian tersebut akan membuat Flamingo lari dari sarangnya, padahal dalam waktu harus menetap .
  • Chilean flamingo (Phoenicopterus chilensis)
Spoiler for Pic + Explain
Quote:Jenis ini merupakan salah satu spesies besar Flamingo, memiliki ukuran 110-130 cm, mereka berkembang biak di Amerika Selatan dari Ekuador, Bolivia dan Peru hingga Chili dan Argentina serta Brasil; juga telah masuk ke Jerman dan Belanda ( koloni di perbatasan, Zwilbrockervenn ). Dan ternyata, ada juga populasi kecil di Utah dan California.

Memiliki warna bulu lebih pink daripada Lesser dan Greater Flamingo, tapi kurang pink dibandingkan dengan Flamingo Karibia. Hal ini dapat dibedakan dari kaki yang keabu-abuan dengan sedikit warna pink. Flamingo Chili dilengkapi dengan struktur didalam mulutnya seperti sisir yang memungkinkan untuk menyaring makanan, terutama ganggang dan plankton dari air dan lumpur, muara, laguna serta danau garam di mana ia hidup.

Gan. dia nih hidupnya dalam kelompok besar di alam liar dan memerlukan kondisi yang penuh sesak untuk merangsang pekembangbiakannya, Selama musim kimpoi , jantan dan betina menampilkan berbagai perilaku untuk menarik pasangan. Mulai dari memutar kepala, saling silang, dan membuka tutup sayapnya. Pejantan dan betinanya juga membangun sarang dengan bersamaan (so sweet ). Anak mereka nantinya berwarna abu-abu dan akan terus seperti itu sampai berubah warna pada umur
23 tahun keatas !! Nah gan, baik pejantan dan betina bisa mengeluarkan susu loh , yang gunanya memberikan zat gizi makanan kepada anak-anak mereka.

Flamingo pertama yang menetas di kebun binatang Eropa adalah Flamingo Chili, yaitu di Zoo Basel ( Swiss ) pada tahun 1958. Sejak itu, lebih dari 389 flamingo ( terutama Flamingo Lasser ) dibesarkan di Basel dan didistribusikan ke kebun binatang lain di seluruh dunia.
  • Caribbean Flamingo (Phoenicopterus ruber)
Spoiler for Pic + Explain
Quote:Agan-aganwati, kalo yang ini kepunyaan Ameriki , yap, American Flamingo atau dikenal juga sebagai Caribbean Flamingo. Flamingo yang satu ini memiliki hubungan erat dengan Lesser dan Chili Flamingo. Ini adalah satu-satunya Flamingo yang secara alami menghuni Amerika Utara.

Selain itu juga mereka menyebar di Galapagos , Kolombia pesisir , Venezuela dan pulau-pulau terdekat, Trinidad dan Tobago ,di sepanjang pantai utara Semenanjung Yucatán, Kuba, Hispaniola, Bahama, dan Kepulauan Turks serta Caicos. Habitat yang disenangi mereka adalah di kumpulan hutan bakau Yucatán.

Flamingo ini akan bermigrasi jarak pendek untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan cukup makanan, bisa juga karena habitat mereka saat ini telah terganggu dan terancam oleh gangguan manusia dan alam . Mereka akan cepat melakukan migrasi ke habitat baru dikarenakan bila tidak demikian anak-anaknya tidak dapat mendapatkan makanan, yang sangat bergantung pada ketersediaan pangan dari Induknya.

Nah, selanjutnya kita simak yuk
beberapa Fakta-Fakta menarik
Mengenai mereka
  • Habitat dan Adaptasi
  • Spoiler for What is that?
    Quote:Flamingo ditemukan di daerah yang dangkal dan berair. Burung flamingo memerlukan Habitat yang luas,termasuk muara dan danau garam (air asin), dan beberapa sungai di Afrika, Asia, Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Eropa serta Burung ini mudah beradaptasi, burung ini dapat hidup di danau vulkanik panas, bahkan di danau es dari pegunungan Andes.
  • Zat Warna
  • Spoiler for What is that?
    Quote:Warna Pink yang indah mereka berasal dari ganggang, diatom, dan krustasea kecil yang mereka makan, yang kaya pigmen karoten, sehingga membuat warna mereka pink, padahal warna asli mereka putih,
    bahkan abu-abu. Mereka juga memiliki zat Keratin, zat yang sangat tangguh, adalah bahan struktural utama dari paruh dan bulu burung-burung Flamingo.
  • Tekhnik Mencari Makan
  • Spoiler for What is that?
    Quote:Teknik berburu makanan yang menarik yaitu dengan mengaduk lumpur dan air dengan kaki panjang dan kaki berselaput. Juga ada spesies yang memiliki struktural sisir untuk menyaring makanan yang masuk.
  • Hidup Berkelompok/Koloni
  • Spoiler for What is that?
    Quote:Hidup berkelompok disebut sebagai kawanan atau koloni. Koloni yang besar memberikan dampak keselamatan yang besar terhadap predator ( flamingo memiliki beberapa predator alami ), terutama saat mereka makan dengan kepala mereka di bawah air.
  • Migrasi cepat dengan Jarak yang jauh
  • Spoiler for What is that?
    Quote:Mereka sering melakukan migrasi dengan jarak yang sangat jauh yaitu perjalanan yang mencakup lebih dari 300 mil di sebuah peregangan dalam satu malam. Mereka mengumpulkan kecepatan dengan mengepakkan sayapnya hampir terus-menerus selama penerbangan. Sebuah kawanan dapat mencapai kecepatan 31-37 mph.
  • Pasangan Bahagia
  • Spoiler for What is that?
    Quote:Mereka berbagi tanggung jawab yang sama dalam mengasuh anak. Flamingo jantan dan betina bersama-sama membangun sarang kemudian di mana betina akan meletakkan satu telur. Flamingo betina hanya menetaskan satu telur per tahun. Kedua orang tua memuntahkan makanan yang diumpankan ke bayi.Hal ini berlangsung sampai paruh bayi sepenuhnya tumbuh dan mampu berburu untuk mencari makanan sendiri.
  • Panjang Umur
  • Spoiler for What is that?
    Quote:Burung Flamingo dapat bertahan hidup sampai 20 - 30 tahun di alam liar, meskipun ini mungkin hidup sampai 50 tahun di penangkaran. Bahkan ada yang mencapai 83 tahun di penangkaran Australia.
  • Tinggi serta Lentur
  • Spoiler for What is that?
    Quote:Dapat tumbuh hingga 5 meter (Greater Flamingo), sedangkan yang terkecil mencapai ketinggian sekitar 3 meter (Lesser Flamingo). Serta memiliki Leher panjang dan ramping, yang terdiri dari 19 tulang.
    Spoiler for SumurTranslate + Pengetikan ulang dari >>> Source 1 (retnopratiwi1412.blogspot.com)Source 2  (id.wikipedia.org) + PIC from Google search imageQuote:Mohon Maaf jika ada salah/kurang dalam Thread ane ini
    sekiranya mohon dimaafkan
    Quote:Semoga Thread ini bermanfaat
    agar Kaskus-ers bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan

    MARI BUDAYAKAN

    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54c7d4c2c1cb17fe4f8b4572

    Hosting

    Hosting
    Hosting

    TryOut AAMAI

    Hosting Idwebhost

    Hosting Idwebhost
    Hosting Handal Indonesia

    Belajar Matematika SD

    Popular Posts

    Arsip Kaskus HT

     
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger