Home » » Hal yang Harus Diingat Pengendara Motor

Hal yang Harus Diingat Pengendara Motor

  (www.kaskus.co.id)



Quote:Yang Sering Dilupakan Pengendara Motor

Quote:
Banyak dari kita melupakan keselamatan saat mengendarai motor dijalan raya. Sehingga banyak menimbulkan kecelakaan atau insiden saat berkendara. Kali ini ane mencoba sharing tentang beberapa hal yang sering kita lupa kan sebagai pengendara motor. Smoga trit singkat ini bisa bermanfaat..amienĂ¢€¦




Quote:Memakai Helm


Terkadang para pengendara mengacukkan menggunakan help dikarna kan banyak hal. Mungkin karna jarak berkendara yang dekat,sehingga malas tuk menggunakan helm, atau merusak tatanan rambut pengendara sehingga gak mau menggunakan helm. Padahal Helm dapat memberi perlindungan tambahan pada kepala dari benda jatuh atau kecelakaan pada saat berkecepatan tinggi. Helm motor dapat dikelompokkan dalam beberapa kelompok yaitu helm separuh kepala (half face), tiga perempat (open face) dan penuh (full face).

Quote:Menggunakan Lampu Sein


Lampu sein atau biasa disebut dengan lampu riting merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah kendaraan. Lampu sein berfungsi sebagai indikator pada kendaraan ketika berbelok yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi resiko kecelakaan. Kegunaan lain lampu sein adalah sebagai tanda untuk mendahului kendaraan yang ada di depan, tanda untuk kendaraaan dari arah berlawanan dan sebagai tanda pindah jalur kendaraan.

Quote:Mengecek Kondisi Motor


Pengecekan kondisi motor sangat penting gan. Alasan nya simple yaitu agar pada saat bepergian tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Pengecekan kondisi motor meliputi : pengecekan mesin, kondisi ban, oli mesin dan oli samping serta bahan bakar gan.

Quote:Kecepatan Motor


Sebagai pengendara sepeda motor ada baiknya kita dapat mengatur kecepatan kendaraan yang kita tunggangi. Jangan asal asalan gan. Jangan ugal ugalan dijalan yg bisa membuat insiden ygang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Quote:Rambu Lalu Lintas


Rambu lalu lintas adalah bagian dari perlengkapan jalan yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan di antaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan. Banyak dari pengendara motor yang melanggar rambu lalu lintas, hal ini membuat banyaknya kecelakaan sering terjadi. Pengelompokan rambu dibagi atas : rambu peringatan, rambu petunjuk, rambu perintah dan rambu larangan gan.

Quote:Lampu Merah


Lampu lalu lintas (menurut UU no. 22/2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan: alat pemberi isyarat lalu lintas atau APILL) adalah lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki (zebra cross), dan tempat arus lalu lintas lainnya. Lampu ini yang menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah. Banyak dari pengguna motor yang sering melanggar lampu merah karna terburu buru ataupun malas berhenti. Hal seperti ini lumrah terjadi di berbagai tempat. Sehingga merupan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan.

Quote:Menggunakan Ponsel


Pada saat berkendara sering kita liat orang lain menggunakan ponselnya saat berkendara (baik menelpon, sms ataupun sosmed) tanpa kita sadari hal ini berdampak buruk bagi pengguna maupun kita yg berada di sekitarnya. Mereka terkesan melupakan keselamatan nya dan orang lain.

Quote:Parkir Motor


Ada baiknya pada saat memarkir kendaraan kita memarkir pada tempat yang telah ditentukan, jangan parker di area yg illegal gan. Dampak buruknya sering dirasakan pengendara motor kehilangan motornya walaupun ada tukang parker yang menjaga nya. Kita sering lupa kalo memarkir motor bisa saja mengganggu aktifitas lalu lintas. Dan jangan lupa mengunci stang pada saat parker gan.

Quote:Kelebihan Muatan


Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor.44 tahun 1993, ketentuan dalam Pasal 115, disebutkan, ukuran kendaraan bermotor, dengan atau tanpa muatan harus memenuhi persyaratan, diantaranya meliputi lebar maksimum 2.500 mm; tinggi maksimum 4200 mm, dan tidak lebih dari 1,7 kali lebar kendaraan; panjang maksimum kendaraan bermotor tunggal 12.000 mm. terkadang kita lupa akan hal kecil seperti ini gan. Sehingga membuat motor tidak awet dan cepat rusak.

Quote:Kunci Motor Dan STNK


Ne yang paling sering dilupa pengendara motor gan naro kunci motor dan STNK. Kejadian ini pernah ane alamin sendiri gan. Begitu ada razia. Jadi kelabakan sendiri.hehe.. taro lah kunci motor yang mudah di inget dan stnk di dompet agar tidak lupa dibawa saat bepergian gan. Atau tempatkan kunci motor dan stnk dalam satu tempat gan.

Quote:Perlengkapan Tambahan


Bagi agan agan yang berpergian jauh dan intensitas waktu yang lama, ane Sarankan menggunakan perlengkapan tambahan keselamatan, missal : jaket dan sarung tangan gan. Demi keselamatan dan kesehatan. Fungsi jaket untuk melindungi tubuh dari angin dan cuaca gan. Dengan intensitas yang cukup sering bepergian jauh dapat menyebabkan penyakit paru paru basah bagi tubuh agan.


Quote:
Hasil penerawangan sendiri gan...
Gambar by google.com
  (bit.ly)
  (kask.us)
Spoiler for cek repost


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54ab775e118b46377e8b4569

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger